Ticker

6/recent/ticker-posts

UNP Padang Komitmen Bangun Wisata Payo Hingga Dapat Penghargaan Nasional


Diusia yang masih muda pengalaman, UNP Padang memperoleh  prestasi. Itu Kerja keras UNP Padang  mendampingi kampung wisata membawa Fakultas Pariwisata Perhotelan dinobatkan sebagai pendamping kampung  wisata terbaik 2020 di hotel Raffles Jakarta, pada 2 Desember 2020 lalu. 


Program pendampingan kampung wisata dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. FPP  memilih Kampung  Wisata  sebagai desa dampingan karena ingin memberdayakan masyarakat sekitar yang dimulai dari -wilayah kampung binaan yang memiliki potensi yang ada  tersebar di Sumatera Barat


Seperti Kampung wisata Payo Lubuk Sikarah dinobatkan sebagai desa wisata oleh Pemerintah Kota Solok Sumbar pada tahun 2019. Hal ini membuat Kampung Wisata  masih memerlukan banyak pengembangan. 


Tim pendampingan desa wisata UNP fakultas FPP  yang diketuai  wK dekan I Dr. Yuliana S.pi Msi mulai melakukan berbagai program dalam pelaksanaan pendampingan diantaranya program pendampingan pengembangan kemampuan SDM, pengembangan fasilitas, Pengembangan promosi dan paket wisata dan pengembangan produk unggulan Kampung wisata Payo Sikarah untuk mampu bersaing.


Berencana  akan menggagas pesona wisata alam  air terjun Batu Patah dengan suguhan kuliner dimana bisa menikmati  makan gulai batang pisang Gazebo yang didampingi Pokdarwis sebagai tenaga pendampingan sukarela.


Berbagai rangkaian kegiatan telah dilaksanakan dalam pendampingan. Dimulai dari kegiatan Training of Trainer (ToT) pada bulan Agustus, sosialisasi program dan materi pada bulan September dan program pelatihan pada bulan Oktober hingga november 2020. Yuliana S.Pi, M.Si. selaku direktur FPP  mengungkapkan rasa bangga atas perjuangan team pendampingan Kampung wisata Payo Lubuk Sikarah Kota Solok. 


Pihaknya berharap kedepannya akan banyak menorehkan prestasi tidak hanya di tingkat nasional tapi juga internasional. 


Semua penggiat  pengabdian Parawisata, demi untuk memberdayakan masyarakat nagari dengan motto kembali ke kampung membangun Kampung

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS