Ticker

6/recent/ticker-posts

Salurkan BLT Dana Desa Tepat Waktu, Wali Nagari Pauh Kamba Raih Penghargaan dari Kementerian Desa PDTT RI.




Pauh Kamba, Padang Pariaman - Pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI terus mendorong upaya untuk mempercepat pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, agar dapat diterima warga yang berhak dan disalurkan dengan cepat sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.



Salah satu upaya yang dilakukan, setelah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap penyaluran BLT Dana Desa tahap I. Maka bagi desa yang telah menuntaskan pendistribusian dengan tepat waktu dan sesuai aturan yang telah ditetapkan, diberikan apresiasi dan penghargaan khusus dari Menteri PDTT RI.


Penghargaan itu, diberikan kepada satu desa terbaik disetiap kabupaten dan kota di Indonesia itu. Untuk kabupaten Padang Pariaman provinsi Sumatera Barat diraih oleh Wali Nagari Pauh Kamba Kecamatan Nan Sabaris, atas kesuksesan dalam penyaluran BLT Dana Desa tahap pertama sesuai batas waktu yang ditetapkan.


Piagam penghargaan dari Menteri Abdul Halim Iskandar itu, diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah kabupaten Padang Pariaman H. Jonpriadi, SE. MM kepada Wali Nagari Pauh Kamba M. Nur, Spd. Dalam acara Rakor Wali Nagari se Kabupaten Padang Pariaman pada Senen (30/11) bertempat gedung Saiyo Pariaman Pariaman. 


Ketika ditemui di kantornya Selasa (1/12) M. Nur mengatakan kepada media, bahwa penghargaan yang diraih nagarinya tidak terlepas dari peranan Wali Korong yang ada di wilayahnya. Terutama dalam menentukan usulan warga yang berhak menerima, dengan melakukan kunjungan langsung di lapangan. Sehingga ketepatan dan kecepatan dalam pendistribusian BLT Dana Desa kepada masyarakat dimasa pendemi covid-19 ini, bisa terlaksana dengan baik sesuai ketentuan yang telah ditetapkan..


Diketahui bahwa, sebelumnya Nagari Pauh Kambar Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman juga berhasil meraih penghargaan disebagai nagari pertama di Propinsi Sumatera Barat yang menyalurkan BLT Dana Desa akibat dampak Pandemi COVID-19 kepada masyarakat.


Penghargaan itu diberikan secara simbolis pada bulan Mei lalu, oleh Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Propinsi Sumbar Syafrizal Ucok di Kantor Wali Nagari Pauh Kambar.


"Adapun jumlah keluarga penerima manfaat, yang telah diselesaikan oleh Nagari Pauh Kamba adalah sebagai berikut. Diantaranya Data DTKS sebanyak 393 KK, penerima PKH 134 KK dan bantuan sembako 135 KK.

Untuk penerima Dana Sosial tahap I adalah  310 KK, Data Tambahan tahap II Sekretaris Daerah 66 KK, Data tambahan tahap III Provinsi 102 KK dan penerima BLT Dana Desa/Nagari sebanyak 107 KK". Jelas Wali nagari yang akrab disapa Utiah itu.


"Penyaluran dan pendistribusian yang dilakukan, sudah dilakukan secara benar sesuai petunjuk, yaitu melalui rekening bank. Namun apabila tidak ada bank disekitar wilayahnya, maka dapat disalurkan secara tunai dengan syarat tidak ada data penerima yang tumpang tindih. Ujar Utiah mengakhiri pembicaraan. (AS)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS