Ticker

6/recent/ticker-posts

BEGITU DAHSYAT JAMINAN ALLAH SWT TERHADAP UMAT YANG MENYERU KEPADA AGAMANYA






Sebagaimana firman Allah SWT dalam ayat berikut ini : 


لِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا هُمْ نَاسِكُوهُ ۖ فَلَا يُنَازِعُنَّكَ فِي الْأَمْرِ ۚ وَادْعُ إِلَىٰ رَبِّكَ ۖ إِنَّكَ لَعَلَىٰ هُدًى مُسْتَقِيمٍ


*Bagi tiap-tiap umat telah Kami tetapkan syari'at tertentu yang mereka lakukan, maka janganlah sekali-kali mereka membantah kamu dalam urusan (syari'at) ini dan serulah kepada (agama) Tuhanmu. Sesungguhnya kamu benar-benar berada pada jalan yang lurus* (QS. Al Hajj Ayat :67)


Yang dimaksud dengan *_jalan yang lurus_*  dalam ayat ini, menurut  Tafsir Jalalain, adalah agama yang lurus, yakni *_ISLAM_*. 


Lebih lanjut, Syaikh Nawawi Banten dalam Tafsir Munir, mengatakan, bahwa  *_ISLAM_* adalah agama para nabi, para sidiqin, para syuhada, dan orang-orang saleh. Pada pribsipnya,  orang yang berdakwah adalah meneruskan kerja mereka untuk mengajarkan akidah, ibadah, dan akhlak. Maka tidaklah mengheran apabila   balasan bagi  mereka adalah berada pada agama yang lurus.


Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam sebuah  ayat berikut ini :  


قُلْ هَٰذِهِ سَبِيلِي أَدْعُو إِلَى اللَّهِ ۚ عَلَىٰ بَصِيرَةٍ أَنَا وَمَنِ اتَّبَعَنِي ۖ وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ


*Katakanlah : Inilah jalan (agama)ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik* (QS. Yusuf Ayat : 108)


Lagi-lagi balasan bagi orang yang menyeru kepada agana Allah adalah :  secara otomatis terhindar dari kemusyrikan. Secara kontekstual, ayat tersebut di atas,  membuktikan bahwa menyeru kepada Islam adalah  menjadi tugas bersama. 


Hal tersebut sesuai dengan firman Allah SWT berikut ini : 


وَلْتَكُنْ مِّنْكُمْ اُمَّةٌ يَّدْعُوْنَ اِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۗ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ


*Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung* (QS. Ali Imran Ayat : 104)


Berkaitan dengan ayat tersebut,  Syaikh Nawawi Banten mengatakan, bahwa : Orang-orang yang beruntung adalah orang-orang yang diberi keistimewaan. Dalam Tafsir Munir, beliau  mengutip sabda Rasululkah SAW tentang balasan orang yang meyeru kepada Agama Allah  adalah  Dia menjadi khalifah Allah di bumi, khalifah rasul-Nya, dan khalifah kitab-Nya. Khalifah adalah pengganti Allah SWT, rasul dan kitab-Nya di bumi.  Lebih tegas lagi, di dalam Alquran  disebutkan bahwa :  orang beruntung adalah yang memberi nasihat. Sebagaimana firnan Allah SWT dalam sebuah ayat berikut ini : 


اِنَّ الْاِنْسَانَ لَفِيْ خُسْرٍۙ

اِلَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ ەۙ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ


*Sungguh, manusia berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati untuk kesabaran* (QS. Al-Ashr Ayat : 2-3)


Secara sosio-historis, para Rasul berdakwah tak kenal lelah. Terurai indah dalam Alquran, sebagaimana firman Allah SWT dalam ayat berikut ini : 


قَالَ رَبِّ اِنِّىۡ دَعَوۡتُ قَوۡمِىۡ لَيۡلًا وَّنَهَارًا


*Dia (Nuh) berkata, "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah menyeru kaumku siang dan malam* (QS. Nuh Ayat : 5)


Kendati begitu Nabi Nuh A.S  tidak berhasil mengajak kaumnya, bahkan mereka malah kabur meninggalkan kebenaran. Tak heran kalau satu waktu Rasulullah SAW memotivasi Ali bin Abi Thalib dalam berdakwah dengan bersabda sbb : 


فَوَاللَّهِ لأَنْ يُهْدَى بِكَ رَجُلٌ وَاحِدٌ خَيْرٌ لَكَ مِنْ حُمْرِ النَّعَمِ


*Demi Allah, sesungguhnya Allah memberikan hidayah kepada seseorang dengan menyeru (dakwah) mu, maka itu lebih baik bagimu dari unta merah* (HR. Bukhari dan Muslim). 


Unta merah pada masa  itu adalah merupakan unta yang berbadan tinggi dan besar serta berharga sangat mahal.

Tidak hanya itu, orang yang menyeru kepada agama Alkah (berdakwah) juga akan didoakan oleh para penghuni langit dan bumi. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadits berikut ini :  


إِنَّ اللَّهَ وَمَلاَئِكَتَهُ وَأَهْلَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ، حَتَّى النَّمْلَةَ فِى جُحْرِهَا وَحَتَّى الْحُوتَ، لَيُصَلُّونَ عَلَى مُعَلِّمِ النَّاسِ الْخَيْرَ


*Sesungguhnya Allah , malaikat dan para penghuni langit dan bumi, sampai seekor semut dan ikan di laut mendoakan orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia* (HR. At-Tirmidzi dan dishahihkan al-Albani)


Untuk itu, sudah saatnya lah kita sekarang merenungi. Tentang perjuangan dan kerja keras  orang-orang sebelum kita yang telah sukses memperkenalkan Allah SWT, Muhammad SAW, dan Al Qur'an, sehingga pada hari ini kita dapat ikut merasakan nikmatnya hidup dalam Islam.


Namun,  pertanyaannya sekarang  adalah *_proyek dakwah apakah yang saat ini sedang kita garap untuk membimbing generasi mendatang yang penuh tantangan  yang multidimensional ?_*

 

Semoga kita senantiasa mendapatkan : hidayah, kekuatan, keberanian dan keikhlasan untuk selalu menyeru kepada yang ma'ruf yakni agana Allah SWT, aamiin YRA

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS