Ticker

6/recent/ticker-posts

Menghadapi "Sapa Ketek" dimasa Pandemi, Petugas lakukan monitoring dan pengawasan di lokasi Makam Syekh Burhanuddin.




Ulakan, Padang Pariaman - Kegiatan "Sapa Ketek" merupakan ziarah kedua yang biasa disebut oleh masyarakat setempat, sedangkan "Sapa Gadang" jatuh pada hari Rabu minggu sebelumnya. Tepat pada Rabu ini (14/10) jadwalnya Sapa Ketek, dimana para jemaah tariqat syatariah berkunjung untuk ziarah ke Makam Syekh Burhanuddin di Ulakan. Namun karena bersamaan dengan Pandemi Covid-19 yang melanda daerah ini, kunjungan jemaah dari berbagai pelosok sangat jauh berkurang dari tahun sebelumnya.


Untuk menjaga keselamatan jemaah dan masyarakat setempat, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman tetap melaksanakan monitoring dan pengawasan protokol Covid-19 di setiap pintu masuk menuju Makam Syech Burhanuddin dan posko kesehatan di pelataran Mesjid agung.


Dalam kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Nan Sabaris, AKP. Yusrizal Efendi, SE. beserta anggota Bhabinkamtibmas, didampingi Kasi Trantib Kecamatan Ulakan Tapakis Anesa Satria,SH.MM. telah dilakukan pembinaan dan penyuluhan terhadap jemaah yang tidak mematuhi protokol kesehatan.


Berdasarkan keterangan dari salah seorang pengurus makam Helmi, biasanya dalam pelaksanaan Sapa Ketek jemaah yang datang dari dalam wilayah kabupaten Padang Pariaman. Dan mereka hanya berdoa sebentar di makam dan setelah itu langsung pulang.


Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Nan Sabaris bersama personil berkesempatan membagi-bagikan masker kepada penziarah. Mereka juga melakukan himbauan kepada penziarah, untuk selalu mengikuti anjuran Pemerintah tentang pelaksanaan protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Terutama pola 3M yaitu dengan selalu menjaga jarak, memakai masker, dan selalu cuci tangan atau membawa hand sanitizer.


Menurut Yusrizal Efendi, terlihat arus lalu lintas di seputaran Komplek makam dan situasi arus kendaraan ramai lancar. Bagi kendaraan para jemaah yang bersikukuh untuk datang, dilakukan penyetopan dan kendaraan pengangkut jemaah parkir di luar area Komplek Makam Syekh Burhanuddin. Hal ini dilakukan, untuk menghindari penumpukan jemaah pada titik tertentu yang bisa menimbulkan claster baru covid-19.


"Alhamdulillah, berkat dukungan dari personil Satlantas Polres dan tim gabungan dari Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kabupaten Padang Pariaman, situasi pelaksanaan ziarah Sapa Ketek dapat terlaksana sebagaimana mestinya dan arus lalulintas juga dapat berjalan dengan tertib dan lancar". Ujar Yusrizal mengakhiri pembicaraan.(AS)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS