Ticker

6/recent/ticker-posts

Kegiatan Pengabdian Masyarakat, Dosen UNP Beri Pelatihan Pada SDN 45 Bungo Pasang


www.jurnalissumbar.id

MESKI Pandemi, Dosen Universitas Negeri Padang (UNP) masih tetap melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi sebagai tugas utamanya melalui berbagai cara, terutama memanfaatkan fasilitas e-learning.


Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat sebagai salah satu kewajiban bagi dosen. Kali ini kegiatan memberikan pelatihan berupa “Pengembangan Perencanaan Penilaian dan Asesmen” dilaksanakan bagi guru di SDN 45 Bungo Pasang Kecamatan Koto Tangah Padang.


Drs. Maidarman, M.Pd. sebagai Ketua Pelaksana menjelaskan, bahwa di masa Covid19 ini masih bisa dilaksanakan berbagai kegiatan dengan berpedoman kepada protokol kesehatan Covid19.


Kegiatan yang dilaksanakan sekarang dilaksanakan secara tatap muka sehari tanggal 28 September 2020 dan selanjutnya dilanjutkan dengan memanfaatkan fasilitas daring berupa WhatsApp sampai tanggal 3 Oktober 2020.


Drs. Eswendi, M.Pd. sebagai instruktur pada kegiatan tersebut menambahkan, bahwa masih ada guru yang belum memahami konsep dan prosedur pengembangan asesmen kinerja, produk, dan sikap dengan alat pengukuran.


“Selama ini sebagian besar guru telah melaksanakan berbagai kegiatan pengukuran hasil belajar murid, namun belum terencana dan tanpa mempergunakan indikator pengukuran yang terinci sesuai dengan tuntutan Komptensi Inti (KI) dan Komptensi Dasar (KD)”, ujarnya.


Bahkan semua kemampuan murid lanjutnya, diukur dengan menggunakan tes sebagai alat ukur keberhasilan belajar murid. Padahal tes (asesmen tradisional) merupakan alat ukur untuk ukuran benar-salah, dan seharusnya dipergunakan untuk mengukur ranah kognitif.


Maltha Kharisma S.Pd., M.Pd. sebagai anggota Tim Pelaksana yang dibantu oleh tiga orang mahasiswa, yaitu Dede Bermana, Ruci Wibowo, dan Dahlia Saputri, mengatakan, mahasiswa sambil belajar menularkan ilmunya kepada masyarakat, juga dapat mengembangkan kegiatan ini sebagai Tugas Akhir berupa Skripsi atau Karya Akhir untuk mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan.


“Setelah penyajian, tingkat penguasaan guru SDN Mitra terhadap dua pokok permasalahan utama menjadi meningkat”, ujarnya.


Dijelaskan, Rata-rata tingkat penguasaan guru SDN Mitra terhadap materi: (1) Perencanaan Penilaian (Kisi-kisi Penilaian) sudah mencapai 78.18, dan (2) Asesmen Alternatif sebesar 70,30. Hasil komparasi rata-rata persentase kemampuan awal guru dengan kemampuan akhir guru dengan menggunakan t-test dari SPSS versi 16, didapatkan hasil peningkatan yang signifikan dalam taraf 5%.


“Setiap peserta juga telah menghasilkan: (1) kisi-kisi penilaian, dan (2) tiga buah rubrik asesmen, masing-masing satu rubrik asesmen proses, satu rubrik asesmen produk, dan satu rubrik asesmen sikap”, ujarnya. (**)


Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS