Ticker

6/recent/ticker-posts

ORANG YANG MEMBACA AL QUR'AN, SELAIN AKAN MEMPEROLEH DERAJAT SEBAGAI GOLONGAN UMAT TERBAIK JUGA AKAN MENDAPATKAN KEBAIKAN TERBESAR DI SISI ALLAH SWT

 Prof.Dr.H.Asasriwarni MH

بسم الله الرحمان الرحيم 

*_A. Dalil Rujukan :_*

*1. Rasulullah SAW Berdabda Sbb :*

وعن عثمان بن عفان رضي الله عنه قال: قَالَ رسول الله صلى الله عليه وسلم: ((خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ)). رواه البخاري. 

*Dari Utsman bin Affan radhiyallahu 'anhu, beliau berkata, 'Rasulullah ﷺ bersabda :  Yang terbaik di antara kalian ialah yang belajar Al-Qur'an dan mengajarkannya* (HR.  Al-Bukhari No. 5027)

*2. Rasulullah SAW Berdabda Sbb :*

وعن عائشة رضي الله عنها قالت: قَالَ رسول الله صلى الله عليه وسلم: ((الَّذِي يَقْرَأُ القُرْآنَ وَهُوَ مَاهِرٌ بِهِ مَعَ السَّفَرَةِ الكِرَامِ البَرَرَةِ، وَالَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أجْرَانِ)). متفقٌ عَلَيْهِ. 

*Dari Aisyah Radhiyallahu 'Anha berkata bahwa,  'Rasulullah ﷺ bersabda sbb :  Orang yang membaca Al-Qur'an dengan mahir digolongkan bersama para malaikat yang mulia lagi baik. Dan orang yang membaca Al-Qur'an dengan terbata-bata dan kesulitan, ia mendapatkan dua pahala* (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

*_B. Pelajaran Yang Dapat Dipetik Dari Hadits Tersebut Adalah :_*

*1. Al Qur'an Mendatangkan Keutamaan Luar Biasau Bagi Yang Membacanya :*

Betapa besar keutamaan yang didapat oleh orang yang membaca, belajar atau mengajarkan Al-Qur'an. 

Asy-Syaikh Faishal bin Abdil Aziz alu Mubarak Rahimahullah Menerangkan sbb :

في هذا الحديث: أكبرُ فضيلةٍ لمن حفظ القرآن وعمل به، وعلمه النَّاس

*Dalam hadits ini terdapat penjelasan tentang keutamaan terbesar bagi penghafal Al-Qur'an, yang mengamalkannya, dan yang mengajarkannya kepada orang-orang* (HR. Tathriz dalam Riyadhus Shalihin, hlm. 579)

*2. Al Qur'an Akan Mengangjat Ke Derajat  Shiddiqin Bagi Pembacanya :"*

Orang yang memnaca, belajar Al-Qur'an dan mengajarkannya dengan ikhlas  karena Allah SWT, niscaya akan mendapat karunia sebagai Shiddiqin.

Asy-Syaikh Ibnu Kamal Basya menyatakan sbb : 

لا بد من تقييد التعلم والتعليم بالإخلاص، ومن أخلصهما وتخلق بهما؛ دخل في زمرة الصديقين

*'Amalan belajar dan mengajarkan (Al-Qur'an) di sini harus diikat dengan syarat ikhlas. Barang siapa yang ikhlas dalam melakukan dua hal ini, niscaya ia tergolong ke dalam golongan para shiddiqin , yakni golongan yang senantiasa meyakini semua yang dikabarkan oleh Allah dan Rasul-Nya* (Al-Fawa'id al-Mutra'ah al-Hiyadh fi Syarh Kitab ar-Riyadh, IV/605)

*3. Pelajaran Lain Yang Tidak Kalah Utamanya Adalah :*

Selain 2 pelajaran tersebut di atas, dengan membaca Al Qur'an, akan diperoleh keutamaan sebagaimana yang di sampaikan oleh Asy-Syaikh Muhammad Ali Adam Al-Ityubi Hafizhahullah berkata sbb : 

في فوائده:
١ - (منها): الحثّ على حفظ القرآن، وإتقانه، وبيان علوّ منزلة من فعل ذلك.
٢ - (ومنها): بيان فضل الماهر بالقرآن.
٣ - (ومنها): بيان مضاعفة أجر من يتتعتع بالقرآن بسبب كثرة نصبه، وشدّة معاناته؛ إذ الثواب على قدر النصب، فقد قال النبيّ -صلى اللَّه عليه وسلم- لعائشة -رضي اللَّه عنها- في عمرتها: "إن لك من الأجر على قدر نصبك، ونفقتك"، رواه الحاكم، وقال: صحيح على شرطهما، وهو كما قال

Keutamaan yang dimaksud terdiri dari : 

a. Dorongan untuk menghafal Al-Qur'an dan memantapkannya. Dalam hadits juga berisikan penjelasan tentang tingginya kedudukan mereka yang mengamalkan hal tersebut. 

b. Keutamaan orang yang mahir dalam membaca Al-Qur'an. 

c. Hadits ini menjelaskan bahwa pahala orang yang membaca Al-Qur'an dengan terbata-bata dilipatgandakan, hal itu dikarenakan kepayahan dan kesulitannya (dalam membaca). Sebab ukuran pahala tergantung kadar kesulitan. Nabi Muhammad ﷺ bersabda kepada Aisyah Radhiyallahu 'Anha ketika sedang berumrah, yakni : *Kamu mendapatkan pahala sesuai kesulitan yang kamu hadapi dan biaya yang kamu keluarkan* ( HR. Al-Hakim, beliau mengatakan : Hadits shahih sesuai syarat Al-Bukhari dan Muslim dan (status hadits ini) seperti yang al-Hakim sampaikan." (Al-Bahr al-Muhith ats-Tsajjaj, XVI/304)

 رب زدني علما 
 بارك الله فيك
[1/9 09:52] Getri Hardanis: * Prof.Dr.H.Asasriwarni MH*

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS