Ticker

6/recent/ticker-posts

TIGA AMALAN DAHSYAT YANG ADA DI BULAN MUHARAM


Oleh :Prof.Dr.H.Asasriwarni MH

Bulan Muharam adalah salah satu bulan haram yang memiliki keutamaan, sebagaimana bulan Ramadhan.  Hal ini sesuai dengan Sabda Rasulullah di bawah ini : 


‏أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ ، وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ


*Puasa yang paling utama sesudah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah (syahrullah) Muharram. Sedangkan shalat malam merupakan shalat yang paling utama sesudah shalat fardhu* (HR. Muslim, No. 1982).


Saat bulan muharam, ada beberapa amalan dahsyat yang tidak ada pada  bulan-bulan  selain bulan haram. Oleh karena itu, sangatlah disayangkan jika sampai ketinggalan untuk melaksanakan amalan-amalan mulia tersebut.


*_A. Amalan Puasa Muharam Terbaik Setelah Puasa Ramadhan_*


Kita sudah mengetahui keutamaan puasa *_ASYURA (tanggal 10 Muharam)_*.  *Keutanaan itu akan ada jika diikuti dengan puasa _TASU'AH_,  yaitu puasa pada tanggal 9 Muharram* Hal ini dimaksudkan *_untuk menyelisihi kebiasaan orang Yahudi yang hanya melakukan puasa pada tanggal 10 Muharam_* . Lalu, bagaimana jika puasanya hanya sehari, tanggal 10 Muharram saja?


Dari Abu Qotadah Al Anshoriy, berkata :


وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ ». قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ


Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab : Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.  Beliau juga ditanya mengenai *keistimewaan puasa ’Asyura?* Beliau menjawab : *Puasa ’Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu* (HR. Muslim No. 1162).


Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam punya keinginan berpuasa pada hari kesembilan (tasu’ah) sebagaimana disebutkan dalam riwayat berikut :


Ibnu Abbas radhiyallahu ’anhuma berkata bahwa ketika Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam melakukan puasa hari ’Asyura dan memerintahkan kaum muslimin untuk melakukannya, pada saat itu ada yang berkata : 


يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّهُ يَوْمٌ تُعَظِّمُهُ الْيَهُودُ وَالنَّصَارَى.


*Wahai Rasulullah, hari ini adalah hari yang diagungkan oleh Yahudi dan Nashrani*.  Lantas beliau mengatakan :


فَإِذَا كَانَ الْعَامُ الْمُقْبِلُ – إِنْ شَاءَ اللَّهُ – صُمْنَا الْيَوْمَ التَّاسِعَ


*Apabila tiba tahun depan –insya Allah (jika Allah menghendaki),  kita akan berpuasa pula pada _HARI KESEMBILAN_*.  Ibnu Abbas mengatakan :


فَلَمْ يَأْتِ الْعَامُ الْمُقْبِلُ حَتَّى تُوُفِّىَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-.


*Belum sampai tahun depan, Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam sudah keburu meninggal dunia* (HR. Muslim No. 1134).


Atas dasar pertimbangan hadits2 tersebut di atas, maka menjadi lebih *_AFDHAL_* (lebih utama dan sebaiknya) *_PUASA ASYURA (10 MUHARAM)_* didahului dengan *_PUASA TASU'AH (9 MUHARAM)_*.


*_B.  Memperbanyak Amal Shaleh Pada Bulan Muharam :_*


Manakala Allah ‘Azza wa Jalla menetapkan keagungan dan  kemuliaan pada suatu hal, tentu di dalamnya terdapat nilai lain yang tersimpan di dalamnnya.


Bersamaan dengan kemuliaan yang Allah ‘Azza wa Jalla tetapkan pada bulan Muharam  dan beberapa bulan lain yang diharamkan, Allah ‘Azza wa Jalla melipatgandakan nilai dosa kemaksiatan serta melipatgandakan pahala amal shaleh. 


Oleh karena itu :  Ibnu Abbas Radliallahu ‘anhuma, Beliau Mengatakan :                                               

اَلْيَوْمَ يَوْمُ عَاشُوْرَاء وَهَذَا الشَّهْرُ – يَعْنِى شَهْرُ رَمَضَانَ – مَارَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى صِيَامَ يَوْمٍ فَضَّلَهُ اللهُ عَلَى غَيْرِهِ اِلاَّ هَذَا.


*Saya tidak pernah melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memilih satu hari untuk _puasa yang lebih beliau unggulkan dari pada yang lainnya kecuali puasa hari Asyura’_, dan puasa bulan Ramadhan.* (HR. Al Bukhari dan Muslim).


Amal shaleh tersebut bisa berupa amalan-amalan wajib, sunnah, dan seluruh aktivitas yang bernilai ibadah.


Seorang ulama ahli tafsir, Qatadah rahimahullah menjelaskan bahwa *amal shaleh lebih besar pahalanya jika dikerjakan di bulan-bulan haram sebagaimana kezaliman di bulan-bulan haram lebih besar dosanya dibandingkan dengan kezaliman yang dikerjakan di bulan-bulan lain* (Tafsir Ibn Katsir, 4/131)


*_C. Puasa Sehari Bisa Menghapus Dosa Selama 1 Tahun :_*


Amalan dahsyat ketiga adalah puasa.  Puasa sunnah yang hanya dikerjakan sehari di bulan Muharam ternyata merupakan amalan dahsyat yang dapat menghapus dosa yang dilakukan selama setahun (setahun yang telah lalu).  Puasa itu dikenal dengan istilah puasa Asyura.


Dalam sebuah hadits disebutkan,


وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ: يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ. قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ: يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ


Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam pernah ditanya tentang keutamaan puasa Arafah. Beliau menjawab : *Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang*.  Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa Asyura? Beliau menjawab : *Puasa ’Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu*  (HR. Muslim No. 1162).

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS