Ticker

6/recent/ticker-posts

Terkait Kemetrologian. Pemkab Pasbar kerjasama dengan Pemkot Pariaman

jurnalis Sumbar.

Kota Pariaman sudah diakui secara nasional terkait Kemetrologiannya, sehingga Kabupaten Pasaman Barat perlu belajar ke wilayah tersebut. Konsep tersebut dituangkan dalam kerjasama antara Pemerintah kota Pariaman dengan Kabupaten Pasaman Barat.

Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan di aula kantor bupati Pasbar Rabu (12/2). Walikota Pariaman Genius Umar dan Bupati Pasbar Yulianto meneken nota kerjasama disaksikan oleh kepala OPD kedua belah pihak serta pelaku UMKM.

Bupati Pasbar Yulianto menyampaikan Kota Pariaman sudah diakui secara nasional dalam tera ulang atau metrologi. Sementara Pasbar telah melakukan upaya-upaya seperti membentuk UPTD metrologi legal, menyiapkan tenaga ahli di bidang metrologi, melengkapi peralatan untuk tera, tera ulang, dan pengawasan.

"Pada saat ini pemerintah daerah Pasbar telah mengajukan surat keterangan kemampuan pelayanan tera dan tera ulang alat ukur, takar timbang dan perlengkapan ke dirjen Kemetrologian. Namun di sisi lain untuk mengisi
kekosongan pelayanan dalam bidang Kemetrologian sebagai diamanatkan peraturan menteri perdagangan nomor 115 tahun 2018 tentang unit metrologi legal dalam pemerintahan daerah belum mampu melakukannya secara mandiri dapat melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah kabupaten kota lainnya," papar Yulianto.


Potensi yang harus ditera ulang berdasarkan data yang ada sebanyak 101.508 timbangan yang terdiri dari timbangan di pasar 5.800 buah, SPBU 9 buah, PT 19 buah, peron 50 buah, dan lain lainnya 95.630 buah.

"Dalam kerjasama ini kami juga mengharapkan kiranya personil  atau tenaga ahli yang kami miliki dapat dilibatkan, sehingga terjadi  transfer ilmu pengetahuan di bidang Kemetrologian," pinta Yulianto.

Sementara itu, Walikota Genius Umar menyampaikan bahwa kerjasama ini berdasarkan kepada kesadaran untuk membangun daerah secara bersama.

"Ini tidak hanya membangun Pasbar saja, tapi membangun Kota Pariaman juga," kata Genius Umar.

Ia melanjutkan, kerjasama tersebut saat ini memang baru dalam bidang Kemetrologian. Namun, ke depan akan dilakukan kerjasama di berbagai bidang.

"Infrastruktur, UMKM untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan, bidang pariwisata yang bertujuan untuk maju bersama. Maju Pasbar, maju Kota Pariaman," jelas Genius Umar.(Robi)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS