Ticker

6/recent/ticker-posts

CSR Pertamina Serahkan Bantuan Sanitasi Air Bersih DI Pantai Air Manis


JURNALIST SUMBAR| PADANG- Bantuan  berbentuk sosial kepedulian yang disebut dengan Corporate Social Responsibility (CSR) tersebut diserahkan secara simbolis pada saat pencanangan sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung Sumatera Barat menjadi destinasi wisata oleh Menteri BUMN Rini Soemarno di Muaro Lasak Pantai Padang, Kamis (8/2).

Warga di sekitar Pantai Air Manis, Kecamatan Padang Selatan Kota Padang mendapat bantuan sarana air bersih dan sanitasi dari PT Pertamina. Sarana air bersih bantuan tersebut berkapasitas 10 ribu liter berikut jaringan pipanisasi.

Menurut Direktur Sumber Daya Manusia PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, bantuan tersebut sebagai bentuk komitmen Pertamina memberikan perhatian kepada masyarakat. Pantai Air Manis merupakan salah satu objek wisata di Kota Padang namun masyarakat di daerah itu masih mengalami kesulitan air bersih dan minim sanitasi.

“Melihat kondisi itu, sebagai wujud dari komitmen Pertamina, kami membantu menyediakan sarana bak penampung air bersih berikut jaringan pipanisasi agar masalah air bersih masyarakat di kawasan itu teratasi,” katanya.

Bak penampung tersebut, lanjutnya, akan dibantu dengan jaringan pipanisasi ke empat titik distribusi dengan lima keran di masing-masing titik untuk memenuhi kebutuhan air bersih sekitar 250 keluarga di kawasan itu.

Selain sarana air bersih, Pertamina akan mengupayakan pembangunan sarana MCK untuk meningkatkan kesadaran sanitasi bagi masyarakat.

Masyarakat di pantai Air Manis yang 90 persen berprofesi sebagai nelayan diharapkan dapat merasakan manfaat dari bantuan tersebut.

“Dengan adanya fasilitas air bersih dan sanitasi ke depannya diharapkan memberikan dampak peningkatan kesehatan bagi masyarakat pantai Air Manis,” lanjutnya.

Dia memaparkan, sepanjang tahun 2017 Pertamina telah berhasil merealisasikan bantuan CSR yang terdiri dari berbagai program. Diantaranya, terdapat 6 kegiatan untuk peningkatan kualitas pendidik, 23 kegiatan peningkatan sarana sekolah, 5 program pelatihan pemberdayaan dan empat lokasi Kawasan Ekonomi Masyarakat.

Kemudian, terdapat juga program penanaman 16 ribu pohon, 2 lokasi pelestarian terumbu karang dan 1 penangkaran penyu di Kota Pariaman. Disalurkan juga bantuan untuk 25 rumah ibadah, 2 unit mobil ambulan serta bantuan sosial kemasyarakatan lainnya.

Penyerahan bantuan sarana air bersih pantai Air Manis dan Pelatihan Produk Daur Ulang untuk wartawan dilaksanakan bersamaan dengan kunjungan Menteri BUMN, Rini Soemarno dalam rangka Hari Pers Nasional 2018 yg bertemakan Sinergi BUMN dalam mendukung Sumatera Barat sebagai destinasi wisata yang berlokasi di Pantai Muaro Lasak, Padang.

#Fal/PM

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS