Ticker

6/recent/ticker-posts

Ada Empat Kabupaten Di Sumbar Terima Dana Desa

JURNALIST SUMBAR| SUMBAR-Memasuki tahun 2018, ada empat kabupaten di Sumbar yang baru menerima dana desa, Penyaluran dana desa ini baru tahap awal telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu.
Di Sumatera Barat, dana  pembangunan Nagari tersebut baru sampai ke kas 4 kabupaten itu.
Empat kabupaten yang baru menerima dana tersebut adalah Padangpariaman, Agam, Pesisir Selatan dan Pasaman Barat.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Syafrizal Ucok mengatakan, penyaluran ke daerah lain yang ada di Sumbar masih terganjal pemenuhan persyaratan.
"Untuk tahap awal ini, dana disalurkan sebanyak 20 persen, kemudian 40 persen di tahap ke 2 dan 40 persen pula di tahap ketiga," katanya.
Ia merinci, jumlah dana yang dialokasikan ke empat kabupaten di Sumbar itu antara lain; Kabupaten Pessel sebanyak Rp29.143.150.000, Kabupaten Padangpariaman senilai Rp16.361.568.800, Kabupaten Agam sebesar Rp12.768.420.600, dan untuk Kabupaten Pasbar Rp7.167.895.800.
Penyaluran tiga tahap dilakukan agar pembangunan di desa bisa dilakukan mulai awal tahun.
"Dengan mekanisme yang baru ini (tiga tahap), pekerjaan bisa dilakukan langsung. Patut dicatat juga, 30 persen dari dana itu harus terserap dalam bentuk pembayaran upah," jelas Syafrizal.
Ada pun terkait kendala kelengkapan persyaratan yang menghambat pengalokasian dana desa, Syafrizal mengaku pihaknya sudah mengaku dengan pemerintahan tingkat kabupaten dan kota yang belum mendapat alokasi dana tersebut.
Koordinasi intensi perlu dilakukan karena jika terganjal laporan di satu nagari, semua nagari akan ikut terganjal. Begitu pun persoalan peraturan kepala daerah.
"Untuk pencairan ini, sebenarnya alurnya cukup panjang dan perlu dikaji ulang. Padahal presiden butuh alur yang cepat," pungkasnya 
#red

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS