Ticker

6/recent/ticker-posts

PERSIAPAN MALAM TAKBIRAN BESERTA AMALANNYA TRADISI YANG ADA DI JORONG GALOGAH NAGARI KAMANG, KECAMATAN KAMANG BARU, KAB SIJUNJUNG

 



Oleh : Windia Jelipa Putri

Prodi : Sastra Minangkabau Univeritas Andalas 


Malam takbiran adalah salah satu tradisi yang dilakukan menjelang hari raya idul fitri atau lebaran. Malam takbiran ini biasa dilaksanakan pada malam hari tepat sebelum perayaan hari raya idul fitri.Malam takbiran ini identik dengan malam penuh keceriaan, kebersamaan, dan kemeriahan yang menjadi momen suka cita yang menandai berakhirnya bulan suci ramadhan dan masuknya bulan syawal. Di malam takbiran ini mayoritas umat muslim akan berkumpul dengan keluarga, teman, dan orang-orang terkasihnya untuk menyambut idul fitri keesokan harinya,di antaranya berbagai kegiatan yang dilakukan oleh pemuda dan pemudi jorong galogah yaitu takbiran keliling.

Sebelum malam takbiran pemuda jorong galogah berantusias menyiapkan persiapan pada siang harinya, mereka berbagi tugas mulai dari menghias kendaraan mobil yang akan digunakan untuk transportasi takbiran keliling, ada juga yang membuat lampu semprong dari botol minuman dan tiang dari kayu yang di tanam dipinggir jalan untuk meletakkan lampu semporong tersebut yang akan di letakkan di sepanjang jalan galogah dan ada yang membuat obor dari bambu.Cara pembuatannya sangatlah mudah,  pertama potong bambu 1 ruas dan bagian beku di bawahnya tidak di buang itu fungsinya untuk menampung minyak tanah. Setelah itu bambu tadi di isi dengan minyak tanah dan atasnya di kasih sabut kelapa yang telah di beri minyak tanah juga. 

Acara malam takbiran ini dimulai setelah sholat isya, sebelumnya ketika selesai sholat magrib semua anak jorong galogah akan berkumpul di mesjid nurul hidayah lalu sebagian akan menyalakan semua lampu semporong yang sudah dipasang, obor-obor juga dinyalakan dan mobil yg sudah di hiasi akan dipasangkan toa dan speaker beserta microfon lalu anak jorong galogah akan melakukan takbiran keliling yang di mulai dari mesjid nurul hidayah jorong galogah dan juga melakukan takbiran keliling ke daerah-daerah tetangga. Takbiran keliling di daerah jorong galogah sampai jam 10 malam lalu dilanjutkan ke daerah-daerah tetangga yang ada di nagari kamang baru.



 Bacaan takbiran yang di lafadzkan ketika takbiran keliling adalah :

اَللَّهُ اَكْبَرْ اَللَّهُ اَكْبَر اَللَّهُ اَكْبَرْ ـ لآاِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ ـ اَللَّهُ اَكْبَرْ اَللَّهُ اَكْبَرْ وَلِلَهِ الْحَمْدُ

" Allahu akbar.. Allahu akbar.. Allahu akbar..

Laa - ilaaha - illallaahu wallaahu akbar.

Allaahu akbar walillaahil - hamd."

Artinya : allah maha besar, allah maha besar, allah maha besar, tiada tuhan kecuali allah, allah maha besar, allah maha besar, segala puji milik allah.

Melansir situs kementerian agama (kemenag), menjelaskan bahwa makna kalimat takbir saat keliling adalah bentuk pengagungan akan kebesaran Allah SWT dan ungkapan kesadaran bahwa kebesaran itu hanya milik allah. Ungkapan takbir membawa pada kesadaran akan fitrah kita sebagai manusia. Sehebat apa pun kita, setinggi apapun derajat kita, sekuat apapun kekuasaan kita, sebanyak apapun harta kekayaan kita, fitrah kita sebagai manusia adalah hamba Allah. Kita adalah makhluk dan karenanya tidak sepantasnya menyandang beragam bentuk kesombongan yang itu adalah pakaian Allah.

Dengan melaksanakan amalan di malam takbiran ini, berarti kita sebagai umat muslim telah menyampaikan ungkapan rasa syukur kepada allah swt dengan berbagai kemudahan yang ia berikan dalam menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh.Amalan di malam takbiran memiliki keutaaman sebagai ampunan, membebaskan diri dari api neraka dan harapan ibadah diterima oleh allah swt. Takbiran juga dijadikan sarana untuk berzikir dan memperbanyak  ibadah untuk mendekatkan diri kepada yang maha kuasa.


Takbir sebagai amalan di malam takbiran terdapat dalam surat al baqarah ayat 185.

 yang artinya : " hendaklah kamu mencukupkan bilangannya (puasa) dan hendaklah kamu mengagungkan Allah (bertakbir) atas petunjuknya yang diberikan kepadamu." (Qs. Al Baqarah:185)

Dari ayat di atas dapat disimpulkan bahwa selesai menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan, maka kita di syariatkan untuk mengagungkan nama Allah SWT dengan bertakbir.Dikarenakan malam sebelum idul fitri mempunyai keistimewaan, umat islam dianjurkan untuk mengamalkan beberapa amalan yang bisa menambah keberkahan dan kemuliaan di malam terakhir bulan Ramadan, seperti:


1. Perbanyak takbir

Perintah melaksanakan takbir pada hari raya  dijelaskan dalam sebuah sabda rasulullah Yaitu:


زينوا اعيادكم بالتكبير

"Hiasilah hari raya kalian dengan memperbanyak membaca takbir."


اكثروا من التكبير ليلة العيدين فانهم يهدم الذنوب هدما


"Perbanyaklah membaca takbiran pada malam hari raya (Fitri dan Adha) karena hal dapat melebur dosa-dosa."

Amalan yang dianjurkan saat malam takbiran idul fitri adalah perbanyak menyerukan takbir. Biasanya takbir ini dilakukan pada malam takbiran hingga idul fitri. Dengan menyerukan takbir bisa menjauhkan kita dari api neraka, mendapatkan pahala, dan didekatkan kepada Allah SWT.

 Hal ini diperjelas dalam surat Al Baqarah ayat 185: Allah berfirman, yang artinya: "...hendaklah kamu mencukupkan bilangannya (puasa) dan hendaklah kamu mengagungkan Allah (bertakbir) atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu." (Qs. Al Baqarah: 185)

2. Membaca Al-qur'an dan memahami maknanya

Malam Idul fitri dapat diisi dengan membaca Al-Qur’an serta memahami maknanya. Biasanya selama Ramadhan, banyak umat Islam yang membuat target tadarus khatam Al-Qur’an. Ketika Ramadhan telah usai, bukan berarti rutinitas membaca Al-Qur’an juga usai.Membaca Al-Qur'an tidak hanya dilakukan saat ramadhan. Ketika malam takbiran tetap laksanakan rutinitas yang allah senangi dengan membaca Al-Qur'an beserta memahami maknanya.

 


3. Membayar zakat fitrah

Zakat fitrah merupakan salah satu amalan yang wajib dilakukan pada bulan Ramadan atau menjelang hari raya Idul Fitri. Kewajiban membayar zakat fitrah ini ditegaskan dalam Alquran pada surat al-baqarah ayat 43,

وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ وَارْكَعُوْا مَعَ الرّٰكِعِ

  " wa aqîmush-shalâta wa âtuz-zakâta warka'û ma'ar-râki'în."

 yang artinya: “Dan laksanakanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang yang rukuk.” (Qs. Al Baqarah: 43)

4. Mengerjakan shalat malam (qiyamul lail)

Shalat tarawih adalah ibadah shalat malam yang khusus ditunaikan saat bulan Ramadhan. Ketika Ramadhan sudah berlalu, kita tetap bisa melakukan qiyamul lail. Setelah menjalani takbiran, kita tetap dapat mengerjakan shalat 8 rakaat ditutup dengan 3 rakaat witir. Diriwayatkan dari Abu Hurairah, “Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah (puasa pada) bulan Allah yang mulia (Muharram), dan shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam." (H.R. Muslim)

 5. Berdzikir

Teruslah melafalkan kalimat-kalimat dzikir untuk mengingat allah. Mulai dari tasbih, tahmid, tahlil hingga beristigfar. Kita dapat bermuhasabah diri atas segenap amalan yang telah dilaksanakan selama ramadhan. Malam menuju hari kemenangan dapat diisi dengan mohon ampun pada allah atas salah dan khilaf sebagai seorang hamba.

Meskipun dzikir bisa dilakukan setiap hari seperti hal nya berdoa, namun dzikir pada malam takbiran dilakukan untuk menyempurnakan ibadah kepada Allah SWT, karena dengan berdzikir kita dapat mendekatkan diri kepada Allah dan senantiasa dapat mensyukuri nikmat yang telah diperoleh.

6. Bersedekah

Amalan malam takbiran berikutnya ialah bersedekah sesuai dengan kemampuan. Amalan sedekah termasuk kedalam kelompok sosial yang artinya tidak hanya hubungan dengan allah  tetapi juga dengan hubungan antar manusia.Bersedekah di malam takbiran juga menjadi bentuk berbagai kebahagiaan dengan orang lain. Sampaikan sedekah ke masjid-masjid, saudara, kerabat, atau orang-orang yang berada di jalan. Laksanakan sedekah dengan cara ma'ruf.

7. Bersilaturahmi

Silaturahmi merupakan amalan yang dapat dilaksanakan saat malam Takbiran hingga selama hari raya Idul fitri. Ada banyak keutamaan dari silaturahmi yang telah dijelaskan dalam hadis. Islam menganjurkan umatnya untuk saling berkunjung dan menyampaikan ucapan selamat hari raya Idul fitri dan memelihara hubungan baik dengan sesama muslim.Keutamaan silaturahmi, di antaranya: mendatangkan rida Allah, membuat kerabat yang dikunjungi merasa bahagia, menciptakan kesan baik, memberi keberkahan usia, menambah keluasan berkah rezeki, dan sebagainya.

8. Mempersiapkan diri untuk salat idul fitri

Amalan malam takbiran selanjutnya adalah mempersiapkan untuk salat Idul Fitri dengan menggunakan pakaian terbaik. Selain itu juga, disunahkan menggunakan wewangian. Karena rasul sangat menggemari orang yang rapi serta bersih.

 9. Memperbanyak doa

Amalan malam takbiran yang terakhir adalah memperbanyak doa. Berdoa memohon kepada Allah SWT agar bisa dipertemukan kembali dengan bulan yang penuh berkah dan penuh ampunan yakni Bulan Ramadan.


Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS