Ticker

6/recent/ticker-posts

Perempuan dalam Cermin Media: Membongkar Bias Representasi Gender

 


 Oleh :  Nadhifta NN MAHASISWA UNIVERSITAS ANDALAS PADANG 

Media, terkhusus televisi, film, dan media sosial, memainkan peran penting dalam membentuk persepsi masyarakat terkait gender dan posisi perempuan dalam masyarakat. Representasi perempuan di media sangat penting untuk memberikan stereotip dan mempengaruhi cara masyarakat memandang perempuan.

 

Representasi gender mengacu kepada bagaimana kelompok sosial menggambarkan perempuan di dalam media. Representasi inilah yang dapat membentuk pandangan dan keyakinan masyarakat mengenai peran, karakteristik, dan nilai yang ada pada perempuan di dalam masyarakat.

 

Perempuan sering direpresentasikan dengan cara bias dan terbatas di media. Mereka sering digambarkan sebagai sosok pasif , emosional, dan bergantung kepada laki-laki. Ditambah lagi, perempuan cenderung kurang terwakili dalam peran-peran tertentu, seperti kepemimpinan, karir, dan pemberdayaan.

 

Posisi perempuan dalam media juga sering kali dipinggirkan di media ataupun kurang terwakili di balik layar. Akibatnya, perspektif dan pengalaman perempuan seringkali nampak tidak hadir dalam pengambilan keputusan dan pengembangan konten media.

 

Representasi perempuan yang bias di media dapat berdampak negatif di masyarakat, yaitu sebagai berikut:

1. Dapat memperkuat stereotip yang merugikan perempuan dan membatasi kesempatan mereka

2. Menghambat perempuan untuk mengejar peran dan karir yang lebih luas

3. Mempengaruhi persepsi diri perempuan memandang diri mereka sendiri dan potensi yang mereka miliki

4. Terciptanya kesenjangan gender dan sulit mencapai kesetaraan yang seharusnya

 

Representasi perempuan yang inklusif di media penting untuk menciptakan masyarakat yang lebih nyaman, adil, dan setara. Media harus menggambarkan perempuan dengan cara yang akurat, tepat, dan terlibat, serta menunjukkan peran, karir, dan pengalaman yang lebih luas.

 

Oleh sebab itu, perempuan perlu lebih terwakili dibalik layar untuk memastikan bahwa perspektif mereka dapat tertuang dalam konten media. Hal ini dapat membantu menciptakan representasi perempuan yang lebih inklusif dan menentang bias gender.

 

Representasi perempuan dalam media sangat penting karena membentuk persepsi masyarakat tentang gender dan posisi perempuan dalam masyarakat. Representasi perempuan yang bias dan terbatas dapat berdampak negatif pada perempuan di dalam lingkungan masyarakat. Media harus berkomitmen untuk menciptakan representasi yang inklusif, beragam, dan menentang stereotip gender untuk mendorong kesetaraan.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS