Ticker

6/recent/ticker-posts

MELIHAT BIROKRASI INDONESIA HARI INI : APAKAH SUDAH EFEKTIF DAN PROFESIONAL?

 


Nama           : SHADDAM JADID AKBAR
NIM             : 2210832011
Mata Kuliah : BIROKRASI DAN POLITIK

 


 

            Sejak awal di proklamasikannya kemerdekaan Indonesia, negara sudah mulai meletakkan fokus pembangunan di berbagai aspek dan bidang demi dapat menciptakan suatu negara yang makmur, sejahtera, dan ingin menjadikan ibu pertiwi menjadi suatu negara yang maju.Baik di dalam bidang mengenai Pembangunan Sosial Ekonomi, Infrastruktur, serta Perkembangan Sistem Politik Di Indonesia. Pemerintah sebagai aktor yang terlibat dalam sistem politik dan pemerintahan berperan sebagai penggerak suatu sistem itu sendiri, dengan dibantu partisipasi dari masyarakat di negara tersebut.

            Berbicara mengenai tujuan negara dalam menciptakan pembangunan sosial dan ekonomi yang efisien dan melesat, tentu terdapat beberapa unsur yang menjadikan pembangunan tersebut dapat berjalan, salah satunya adalah Birokrasi. Birokrasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merupakan suatu sistem pemerintahan yang dijalankan oleh pegawai pemerintah karena telah berpegang pada hierarki dan jenjang jabatan. Jadi, secara harfiah inni mengartikan bahwasannya Birokrasi adalah orang yang bekerja di meja dengan aturan yang ketat.

            Birokrasi sendiri memiliki beberapa tugas yang dapat dilihat sebagai berikut :

1.     Pelaksanaan Kebijakan, yang mana birokrasi bertanggung jawab untuk menerapkan kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

2.     Pengawalan dan Regulasi, birokrasi memastikan kepatuhan terhadap undang undang dan peraturan dengan melakukan pengawasan dan menegakkan peraturan.

Menurut Heywood (2013) bahwa setidaknya terdapat empat fungsi yang muncul pada birokrasi jika dilihat kaitannya dengan politik yaitu Fungsi Administratif, Fungsi Artikulasi Kepentingan Publik, Fungsi Stabilitas Politik, Fungsi Penasihat Kebijakan. Birokrasi disebut juga sebagai lembaga pemerintah sekaligus lembaga bisnis. Beberapa contoh dari Birokrasi Indonesia adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA), Perusahaan Listrik Negara (PLN), dan Garuda Indonesia Airways (GIA).

            Setelah beberapa pemaparan dari birokrasi tersebut, muncul sebuah pertanyaan apakah birokrasi di Indonesia sudah berjalan dengan baik menurut tugas dan fungsinya, atau malah birokasi Indonesia belum bisa dikatakan sebagai suatu lembaga yang efisien?. Birokrasi telah memegang peran utama dalam pemberian pelayanan publik dan telah berperan menjadi suatu instrumen politik praktis. Birokrasi merupakan suatu jalan bagi pemerintah untuk melaksanakan kebijakan kebijakan yang pada umumnya berkaitan dengan fungsi pelayanan

            Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menilai Birokrasi di Indonesia masih belum efektif dan efisien, hal ini dikarenakan kelembagaan yang tidak tepat fungsi, tidak tepat ukuran dan tidak cepat tanggap terhadap permasalahan yang ada dalam masyarakat. Melihat pernyataan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tersebut, disimpulkan bahwasannya memang Birokrasi Indonesia masih belum efektif dan masih banyak kekurangan kekurangan. Ini tentu menjadi PR wajib bagi pemerintah untuk memperbaiki dan melakukan pembenahan pada Birokrasi Indonesia.

            Beberapa pembenahan yang harus dilakukan pemerintah adalah mungkin lebih memfokuskan kepada sumber daya manusia yang mana menjadi unsur utama dalam pergerakan birokrasi indonesia. Seperti dengan menanamkan pendidikan birokrasi dan politik kepada masyarakat sedari jenjang pendidikan, serta selanjutnya dapat melakukan tahap penyeleksian ketat kepada SDM yang ingin menjalankan sistem birokrasi. Mungkin dengan lebih memperhatikan latar belakang  pendidikan dan previliage dari orang orang yang akan terjun dalam dunia birokrasi, serta lebih memfokuskan orang orang yang mempunyai pengalaman organisasi yang mumpuni mengingat birokasi dapat diartikan sebagai organisasi pemerintah yang bertugas melaksanakan tugas yang bersifat speasialis

            Hambatan lain dalam perkembangan birokrasi adalah masi seputar tentang sumber daya manusia sendiri, yang mana berasal dari pola pikir birokrat dan pimpinan. Upaya  menjadikan Birokrasi Indonesia menjadi lebih profesional dan efektif dapat dilakukannya reformasi birokrasi yang mana hal ini dapat menciptakan suatu sistem birokrasi yang prfesional, berintegritas, melayani publik, netral, sejahtera dan berdedikasi.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS