Ticker

6/recent/ticker-posts

Terapkan PHBS, KKN Tematik Unand Sosialisasikan CTPS dan SIGIBER di SD N 04 V Koto Kampung Dalam

 


Penulis:Annora Febrianti 
Mahasiswa KKN Tematik Campago Selatan Universitas Andalas



Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) adalah suatu tindakan atau kebiasaan yang dilakukan oleh seseorang, keluarga dan masyarakat untuk menjaga kesehatan, mencegah timbulnya penyakit serta meningkatkan kualitas hidup. PHBS meliputi berbagai praktik seperti mencuci tangan pakai sabun, menjaga kesehatan gigi dan mulut , mengonsumsi makanan yang bergizi, menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta rajin berolahraga. Upaya promotive sangat diperlukan dalam pelaksanaan PHBS sehingga dapat meningkatkan kesehatan masyarakat serta kemampuan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan. 

Perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah sangat penting untuk dilaksanakan. Sekolah tidak hanya menjadi sebuah tempat belajar saja, tetapi juga sebagai tempat untuk menerapkan sebuah perilaku salah satunya yaitu perilaku hidup bersih dan sehat anak tingkat usia sekolah dasar. PHBS di sekolah seringkali diabaikan sehingga berdampak terhadap kesehatan anak. Salah satu dampak dari tidak diterapkannya PHBS adalah terjangkitnya suatu penyakit infeksi seperti diare dan kecacingan serta penyakit gigi dan mulut. 

Hal ini melatarbelakangi mahasiswa KKN Tematik Universitas Andalas penempatan Nagari Campago Selatan, Kab Padang Pariaman untuk melaksanakan suatu kegiatan sosialisasi PHBS yaitu cuci tangan pakai sabun (CTPS) dan sikat gigi bersama (SIGIBER). Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 23 Januari 2024 di SDN 04 V Koto Kampung Dalam dengan sasaran utama murid kelas 1-3. Kegiatan ini disambut baik oleh tenaga pengajar serta mendapat dukungan mulai dari proses audiensi rencana pelaksanaan kegiatan hingga terlaksananya kegiatan.

Sosialisasi ini dimulai dengan pemberian materi mengenai PHBS dan dilanjutkan dengan melakukan demonstrasi 6 langkah cuci tangan pakai sabun yang baik dan benar diiringi dengan lagu. Promosi kesehatan dengan metode ini dilakukan semenarik mungkin untuk memudahkan murid kelas 1-3 dalam menerima dan mengingat materi yang telah disampaikan. Setelah itu, dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut dikarenakan masih banyaknya anak-anak yang tidak tahu bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan mulut yang baik dan benar. Kegiatan ini juga dilengkapi dengan praktik sikat gigi bersama (SIGIBER) dengan menggunakan lagu agar lebih menarik dan mudah dipahami. 

Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, terjadi peningkatan pemahaman murid kelas 1-3 di SDN 04 V Koto Kampung Dalam mengenai pentingnya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat seperti cuci tangan pakai sabun dan menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan langkah-langkah yang baik dan benar sesuai dengan rekomendasi Kementrian Kesehatan.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS