Ticker

6/recent/ticker-posts

Mahasiswa KKN Tematik Universitas Andalas terjun ke Sekolah Dasar untuk mengedukasi tentang Perilaku Hidup Sehat dan Anti Bullying di Panda



Oleh : Dr Yulmira Yanti, Delia Putri Balqis, Ahmad Aqeed Izreen, Aufiya shalihaha, Muhammad Hamdi, Sintya Azri

 


PANDAI SIKEK – Mahasiswa KKN Tematik UNAND 2024 melihat banyaknya anak anak yang sedang bermain di sore hari dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Kondisi ini cukup memprihatinkan mengingat nagari pandai sikek ini mayoritas masyarakatnya merupakan petani sayur. Walaupun demikian, masih banyak anak-anak yang jajan sembarang dan tidak sehat.

 Hal ini dapat meningkatkan resiko gigi berlubang dan pola hidup yang tidak sehat. Lalu, Mahasiswa KKN Tematik UNAND 2024 berinisiatif untuk menginformasikan kepada Kepala Sekolah SD Pagu Pagu dan Baruah untuk melakukan beberapa penyuluhan tentang Sikat Gigi Bersama, Makanan Sehat, Bahaya Asap Rokok, Menjaga Kebersihan Diri dan Pentingnya Menggunakan Masker. Mengingat keadaan di Pandai Sikek berada di Lembah Marapi-Singgalang (LEMARSI) yang sedang erupsi dan banyaknya dampak yang disebabkan jika tidak menggunakan masker.

Keesokan harinya pada tanggal 16 Januari Mahasiswa KKN Tematik UNAND 2024 datang ke SD untuk menginformasikan tentang hal tersebut. Lalu, Kepala sekolah SD pagu pagu menyetujui ide dari Mahasiswa KKN Tematik UNAND 2024 serta memberikan informasi tambahan bahwasannya banyak terjadi pembullyan sesama teman. “Ibu berterimakasih kepada Mahasiswa KKN Tematik UNAND 2024 atas waktunya dan kesempatan untuk melakukan kegiatan tersebut di SD kami. Dan memang jika boleh ibu sarankan kemarin ada yang menyampaikan tentang pembullyan sesama teman” ucap Ibu Vivi selaku Kepala Sekolah. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN Tematik UNAND 2024 akan menambahkan penyuluhan tentang Anti Bullying.

Dihari Rabu tanggal 17 Januari 2024 Mahasiswa KKN Tematik UNAND 2024 melakukan sosialisasi mengenai anti bullying, bahaya merokok, makanan sehat, kebersihan diri, pentingnya menggunakan masker dan juga sikat gigi Bersama. Untuk pelaksanannnya kelas 1-3 melakukan sikat gigi Bersama yang dimana anak-anak sudah membawa sikat gigi masing-masing dari rumah lalu pasta gigi yang sudah disediakan oleh Mahasiswa KKN Tematik UNAND 2024. Sikat gigi Bersama ini dilakukan sambil bernyanyi cara menyiat gigi dengan benar. Dan dilanjutkan juga edukasi makanan sehat di lapangan sekolah. Untuk anak kelas 4-6 melakukan edukasi mengenai anti bullying, bahaya merokok, dan juga kebersihan diri serta pentingnya menggunakan masker di aula sekolah.

Kegiatan ini dimulai dengan edukasi tentang makanan sehat. Edukasi disampaikan dengan santai dan menyenangkan berkaitan dengan contoh-contoh dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, porsi makanan yang seimbang. Pentingnya sarapan pagi sebelum sekolah perlu kita titikberatkan supaya anak-anak bisa lebih fokus semasa proses pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah. Lalu dilanjutkan dengan sikat gigi Bersama Dimana diberikan edukasi tentang cara menyikat gigi dengan benar, frekuensi sikat gigi dan dampak dari tidak menyikat gigi dengan benar. Karena banyaknya kasus gigi berlubang ataupun gigi susu yang tanggal sebelum waktunya. Di sela-sela kegiatan, adanya permainan dengan tanya jawab terkait penyuluhan yang diberikan dan diberikan hadiah kepada anak-anak.

Pada masa yang sama, ada juga penyuluhan yang dilaksanakn di Aula sekolah terkhusus untuk anak anak kelas 4-6. Edukasi-edukasi yang diberikan berkaitan dengan bahaya dari asap rokok terhadap anak-anak yang dibawah umur dan apa dampaknya kepada pertumbuhan anak-anak. Maka dari itu, Mahasiswa KKN Tematik UNAND 2024 menyampaikan juga kepentingan memakai masker mencegah bukan saja dari asap rokok disekeliling namun juga mencegah bahaya dari dampak erupsi Gunung Marapi yang masih aktif.

Dilanjutkan dengan kegiatan memberikan penyuluhan tentang Anti bullying yang bermanfaat untuk anak-anak mengetahui ciri ciri dan jenis bully. Secara tidak langsung anak-anak tahu dampak dari bully dan juga mengetahui bagaimana cara mencegah dari kasus bullying agar tidak terus meningkat. “Melentur buluh biarlah dari rebungnya” dengan artian membentuk karakter yang baik haruslah dengan memberikan edukasi kepada anak-anak. Karena masih banyaknya terjadi perkelahian ataupun mencela satu sama lain.

Lalu kegiatan terakhir yaitu kebersihan diri yang berkaitan dengan perawatan diri dari kepala hingga ke ujung kaki. Dimulai dari menggunakan shampoo rutin dalam 3 kali seminggu, cara mencuci tangan yang benar agar bakteri yang berada di tangan bersih dengan sempurna, cara merawat diri bagi wanita yang menstruasi. Hal ini penting untuk meningkatkan kesadaran tentang kepentingan merawat diri seperti meningkatkan derajat kesehatan serta mencegah penyakit.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi dari Mahasiswa KKN Tematik UNAND 2024 akan menmbulkan kesadaran tentang bahaya merokok dan besarnya dampak yang disebabkan oleh bullying dan meningkatkan kesadaran untuk menjaga kebersihan diri. Dan juga dengan sosialisasi ini, diharapkan siswa siswi SDN 16 Pandai Sikek dapat menjaga pola makanan sehat dan juga menjaga kebersihan gigi dan mulut.

 

 

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS