Ticker

6/recent/ticker-posts

Mahasiswa KKN Tematik Unand: Melaksanakan Lomba Adzan dan Tahfizh dalam Rangka Memperingati Isra’ Mikraj di Mesjid Raya Toboh,

 


Penulis: Elsa Maulid Tahar Yanti mahasiswa universitas Andalas Padang 


Mahasiswa KKN Tematik Campago Selatan Universitas Andalas.                   Nagari Campago Selatan. Isra’ Miraj merupakan kisah perjalanan nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Makkah menuju Masjidil Aqsa di Palestina kemudian menuju Sidratul Muntaha dalam waktu semalam (Marwan & Taufiq, 2019). Secara epistemologi Isra’ Miraj berasal dari bahasa Arab yaitu al-Isra’ yang berarti “perjalanan malam” dan miraj yang berarti “tempat-tempat naik”. Peristiwa Isra’ Miraj merupakan peristiwa penting bagi umat muslim yang diperingati setiap tahunnya. Dalam peristiwa ini Rasulullah mendapatkan perintah untuk melaksanakan shalat 5 waktu sehari semalam dari Allah SWT.


Peringatan Isra’ Miraj tahun ini jatuh pada hari Kamis tanggal 8 Februari 2024.  Dalam rangka memeringati hal tersebut Mahasiswa KKN Tematik Unand Campago Selatan melaksanakan lomba Adzan dan Tahfizh di Mesjid Raya Toboh, Nagari Campago Selatan. Lomba Adzan diikuti oleh 12 peserta yang semuanya merupakan anak laki-laki sedangkan lomba Tahfizh diikuti oleh 6 peserta yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 1 anak laki-laki dengan rentang usia 8-13 tahun. Acara tersebut dilaksanakan Kamis, 8 Februari mulai dari jam 08.30 -12.00 WIB. Dalam pidato penyambutan yang dilakukan oleh PJ walinagari Campago Selatan Bapak Bur Afrin, S.E “ Kegiatan lomba Adzan dan Tahfizh merupakan lomba yang sudah lama tidak dilakukan di Mesjid Toboh, Nagari Campago Selatan, semoga dengan diadakan lomba dapat meningkatkan semangat generasi muda untuk mengaji”(08/02/2024).


Kegiatan dimulai dari lomba adzan kemudian dilanjutkan dengan lomba tahfizh. Juara 1 lomba Adzan diperoleh oleh Azzam Askari sedangkan juara 1 lomba Tahfiz diperoleh oleh Aisyah Putri Adelia. Diharapkan dengan diadakan perlombaan dalam rangka memeringati Isra Miraj dapat meningkatkan semangat generasi muda untuk mengaji dan terus belajar serta meningkatkan hafalannya.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS