Ticker

6/recent/ticker-posts

Tingkatkan Mutu Madrasah, MAN 1 Kota Padang Terima Tim PKKM




MAN 1 Kota Padang, Humas – Kepala MAN 1 Kota Padang mendapat penilaian dari tim penilai Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) tahun 2023, Selasa (23/1) di MAN 1 Kota Padang.


Tim penilai ini terdiri dari Syafrullah dan Marlis yang keduanya merupakan pengawas madrasah di kementerian agama kota Padang.


Dalam arahannya Syafrullah mengatakan PKKM ini kali ini adalah penilaian tahunan di tingkat kota Padang, sedangkan pada tingkat propinsi dilaksanakan sekali 4 tahun.


“Pada PKKM kota yang dinilai adalah 4 unsur, yaitu usaha pengembangan madrasah, manajerial, supervisi dan kewirausahaan. Sedang pada tingkat pripinsi ditambah dengan unsur kinerja kepala madrasah,” jelasnya.


Dia menambahkan bahwa tujuan PKKM ini adalah pengembangan keprofesionalan kepala madrasah dan juga untuk efektifitas peningkatanm mutu madrasah.


“Kelancaran PKKM perlu dukungan guru dan semua warga madrasah karena berguna untuk peningkatan madrasah itu sendiri,” jelasnya lagi.


Marlis menambahkan bahwa PKKM ini bukan masalah penilaian ataupun yang dinilai, tetapi ada hubungan antara yang satu dengan yang lain untuk menemukan masalah selama ini dalam memajukan madrasah.


“PKKM ini barometer kemajuan madrasah. Pada penilaian ini, tim penilai akan menuntut instrumen dan menghadirkan bukti fisik instrument tersebut,” jelas Marlis.


PKKM ini dimulai dengan ekspos profil madrasah, prestasi dan sumber daya yang dimilikinya yang disampaikan oleh kepala MAN 1 Kota Padang, Marliza. Kemudian diikuti oleh pemeriksaan dokumen oleh tim penilai.


Di tahap awal pemeriksaannya, Marlis mewawancarai kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru, orang tua siswa dan beberapa orang siswa untuk mengkomfirmasi beberapa kegiatan yang dilakukan madrasah dan aplikasinya.


Selanjutnya, PKKM dilaksanakan dengan pemeriksaan domuken sesuai kisi-kisi penilaian.


Pada bagian evaluasi, Syafrullah mengucapkan terima kasih atas pelayanan dan kerja sama tim dan memuji atas usaha maksimalnya dalam menyiapkan bahan-bahan yang diminta. Dia berpesan agar tingkatkan kerja sama dan kolaborasi bernilai maksimal untuk mencapai kemajuan di MAN 1 Kota Padang.


PKKM MAN 1 Kota Padang ini adalah PKKM tahun 2023 yang tertunda yang tidak bisa dilaksanakan karena sangat padatnya kegiatan di MAN 1 Kota Padang, seperti akreditasi, penilaian UKS tingkat kota Padang dan Sumatera Barat serta pemenuhan eviden ZIRB.(Ai)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS