Ticker

6/recent/ticker-posts

STRATIFIKASI KELAS SOSIAL DALAM LIGHT NOVEL HONZUKI NO GEKOKUJOU

 


NAMA                 : IRSYAD HABIYU

NIM                     : 2210752035

MATKUL            :GENDAI BUNGAKU

 


 

PENDAHULUAN

 



 

Robert M. Z. Lawang menyatakan bahwa stratifikasi sosial merupakan pengelompokan orang dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan hierarkis berdasarkan dimensi kekuasaan, hak istimewa, dan prestise. Karl Marx (1818-1883) memandang bahwa kelas-kelas sosial merupakan aktor utama yang memainkan peran kunci dalam kelangsungan hidup suatu masyarakat. Menurut J. Dwi Narwoko & Bagong Suyanto cara yang paling mudah untuk memahami pengertian konsep stratifikasi sosial adalah dengan berpikir membandingkan kemampuan dan apa yang dimiliki anggota masyarakat yang satu dengan anggota masyarakat yang lainnya.

Stratifikasi sosial merupakan konsep yang membedakan kelas sosial dan pengelompokan sosial secara bertingkat. Terdapat pembagian strata sosial menjadi strata tinggi, strata sedang, dan strata rendah. Pengelompokan ini didasarkan pada nilai-nilai yang dianggap penting dalam berbagai aspek, seperti sosial, politik, dan ekonomi. Di Jepang, stratifikasi kelas sosial terbentuk pada zaman Edo (1600-1867) di bawah keshogunan Tokugawa. Terdapat empat kelas sosial, yaitu kelas Samurai (Bushi), kelas Petani (Noumin), kelas Pengrajin (Kosakunin), dan kelas Pedagang (Shonin), yang disebut sebagai shinokosho. Strata sosial yang serupa juga tergambar dalam light novel Honzuki no Gekokujou.

 Honzuki no Gekokujou adalah novel ringan Jepang bergenre isekai fantasy yang ditulis oleh Miya Kazuki. Menceritakan perjalanan seorang gadis bernama Urano Motosu yang sangat mencintai buku dan bermimpi menjadi pustakawan. Namun, sebelum impiannya terwujud, ia meninggal dalam saat terjadi gempa bumi, kemuidan ia bereinkarnasi ke dunia lain sebagai Myne, seorang anak kecil. Di dunia baru ini, buku dianggap sebagai benda istimewa yang hanya dapat dimiliki oleh kaum elit saja. Sayangnya, kecintaannya terhadap buku terhalang karena status rendah keluarga Myne di dunia baru.

Penulis melakukan analisis terhadap novel ini dengan tujuan memperkenalkan konflik sosial dan pengelompokan kelas-kelas sosial yang muncul di dalamnya. Analisis ini tidak hanya mencakup kelas sosial dalam light novel, tetapi juga memberikan pemahaman tentang kelas-kelas sosial yang terbentuk pada zaman Edo di bawah keshogunan Tokugawa.

 

l  Kasta Pekerja

            Terdiri dari orang-orang yang memiliki keahlian dalam menghasilkan barang atau layanan yang bermanfaat, kasta ini dianggap lebih prestisius dibandingkan dengan kasta pedagang. Meskipun demikian, anggota kasta pekerja tetap tidak memiliki kesempatan untuk memiliki buku. Beberapa pekerjaan yang termasuk dalam kasta pekerja melibatkan tukang, petani, dan pengrajin. Myne, tokoh utama, awalnya berada dalam kasta ini karena keterampilannya dalam membuat buku.

 

l  Kasta Prajurit

            Merupakan kasta yang terkait dengan militer dan keahlian bertarung. Orang-orang dalam kasta ini sering menjadi penjaga kota atau anggota tentara.

 

l  Kasta Bangsawan dan Birokrat

Pada Honzuki no Gekokujou kasta bangsawan dianggap sebagai kasta tertinggi yang terdiri dari keluarga kerajaan, bangsawan, dan mereka yang memiliki kekayaan serta pengaruh politik yang besar. Kasta birokrat merupakan cabang dari kasta bangsawan.

 

l  Kasta Pedagang

            Merupakan individu yang terlibat dalam kegiatan ekonomi, mereka dapat memiliki kekayaan yang signifikan tetapi tidak memegang status sosial sebesar bangsawan. Dalam light novel ini, pekerjaan pedagang dibagi menjadi dua kategori, yaitu pedagang keliling dan pedagang biasa. Untuk menjadi seorang pedagang keliling, seseorang harus melepaskan kewarganegaraannya. Kewarganegaraan dianggap sebagai bagian penting dari identitas seseorang, dan tanpa kewarganegaraan, seseorang akan kesulitan mendapatkan pekerjaan, menikah, menyewa rumah, dan melibatkan diri dalam beberapa aspek lainnya.

 

Kasta pedagang dalam light novel ini dianggap tidak lebih tinggi daripada pengrajin yang merupakan bagian dari kasta pekerja. Hal ini terlihat dari pertentangan dalam keluarga Lutz, teman Myne. Lutz bercita-cita menjadi seorang pedagang keliling, tetapi keinginannya dihadang oleh keluarganya yang meyakini bahwa menjadi pengrajin lebih baik daripada menjadi pedagang ataupun pedagang keliling.

 

 

KESIMPULAN

 

Stratifikasi kelas sosial pada Honzuki no Gekokujou merupakan stratifikasi sosial terbuka. Dengan kata lain, seseorang dapat berpindah kelas sosial. Dalam light novel ini, perpindahan kelas sosial dapat dilakukan sesuai dengan kemampuannya baik itu dari segi keuangan maupun pengaruhnya terhadap kerajaan. Berbanding terbalik dengan stratifikasi sosial yang dibentuk pada keshogunan Tokugawa, stratifikasi sosial yang berlaku adalah stratifikasi tertutup, artinya seseorang jarang bahkan bisa dianggap tidak memiliki kesempatan untuk berpindah kelas sosial. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada pemberontakan dan memudahkan dalam mengontrol masyarakat dalam menjalankan sistem pemerintahan.

 

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS