Ticker

6/recent/ticker-posts

Pengaruh Konser Musik terhadap Lingkungan: Tantangan dan Peluang


 Oleh : Fayyaza mahasiswa universitas Andalas 

Pengaruh Konser Musik terhadap Lingkungan: Tantangan dan Peluang

Setiap penampilan artis internasional yang akan datang di Indonesia memang sangat dinantikan, dan memiliki alasan yang bagus. Pengaruh artis-artis ini lebih dari sekedar hiburan, karena penampilan mereka diperkirakan akan memberikan dampak yang signifikan terhadap industri kreatif Indonesia. Dengan menjadi tuan rumah acara internasional terkemuka ini, industri kreatif Indonesia akan mendapatkan eksposur dalam skala global, sehingga berpotensi menarik lebih banyak perhatian dan investasi terhadap karya seni negara ini. Acara ini berpotensi menampilkan dunia musik Indonesia yang dinamis dan mendorong kolaborasi antara artis lokal dan internasional, yang pada akhirnya berkontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan sektor kreatif tanah air. Ini adalah saat yang menyenangkan bagi pecinta musik Indonesia dan industri kreatif secara keseluruhan.

Tentu saja, acara musik internasional yang akan datang di Indonesia, memberikan kesempatan luar biasa untuk menampilkan dan merayakan seni dan budaya daerah. Selain pertunjukan utama, acara-acara ini sering kali menampilkan musisi dan artis lokal, yang menawarkan mereka sebuah platform untuk berbagi bakat dan mendapatkan pengakuan. Paparan ini dapat meningkatkan dukungan terhadap musisi lokal dan apresiasi yang lebih besar terhadap warisan budaya Indonesia yang kaya dan beragam. Peserta mempunyai kesempatan untuk membenamkan diri dalam suara dan tradisi daerah, menumbuhkan pemahaman dan apresiasi yang lebih dalam terhadap dunia seni lokal. Secara keseluruhan, acara musik berfungsi sebagai katalis yang kuat untuk mempromosikan dan melestarikan seni dan budaya daerah, sekaligus menyediakan platform bagi seniman lokal untuk bersinar di panggung internasional.

Tidak hanya memengaruhi industri kreatif, nyatanya konser musik di Indonesia juga memiliki dampak positif terhadap lingkungan sekitar. Konser musik dengan bintang ternama bahkan bintang internasional dapat menjadi magnet untuk mengumpulkan peminat jarak jauh dari lokasi digelarkannya konser. Momen berkumpulnya para penggemar dapat menjadi sarana mengkampanyekan isu-isu lingkungan di Indonesia bahkan dunia. Salah satu band internasional yang telah menggelar konser di Indonesia yaitu Coldplay yang menjadi perbincangan hangat karena ciri khas dari vokalisnya yang hanya ingin datang ke negara yang peduli terhadap isu lingkungan saja.

Dengan menghadiri konser Coldplay di Indonesia bisa menjadi wadah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap isu lingkungan. Coldplay adalah band yang vokal tentang kepedulian mereka terhadap lingkungan dan telah mengambil langkah-langkah untuk mengurangi jejak karbon mereka. Misalnya, mereka telah menerapkan langkah-langkah untuk mengurangi limbah dan emisi karbon selama tur mereka, seperti menggunakan bahan bakar biodiesel untuk bus wisata mereka dan mendorong para penggemar untuk menggunakan transportasi umum untuk pergi ke pertunjukan mereka.

Dengan menghadiri konser Coldplay di Indonesia, para penggemar dapat mempelajari lebih lanjut tentang inisiatif band ini terhadap lingkungan dan terinspirasi untuk mengambil tindakan dalam kehidupan mereka sendiri. Konser ini juga dapat berfungsi sebagai platform bagi organisasi lingkungan hidup untuk meningkatkan kesadaran mengenai tantangan lingkungan hidup yang dihadapi Indonesia dan mendorong masyarakat untuk mengambil tindakan untuk mengatasinya. Secara keseluruhan, konser Coldplay di Indonesia memiliki potensi tidak hanya untuk menghibur dan menginspirasi pecinta musik tetapi juga untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong tindakan terhadap isu-isu penting lingkungan hidup.

Namun, konser musik seperti ini juga memiliki tantangan terhadap lingkungan. Konser musik dengan jumlah penonton yang besar dapat menyebabkan kerumunan dari ribuan penonton yang memadati panggung dan menempuh perjalanan pergi-pulang dari dan ke lokasi konser menjadi sumber utama emisi karbon tinggi yang berdampak pada lingkungan sekitar.

Tantangan berikutnya ketika mengadakan konser musik adalah pengendalian suara keras saat konser, terutama di kawasan yang terdapat bangunan cagar budaya, memang menjadi tantangan berat. Penting bagi penyelenggara acara untuk bekerja sama dengan otoritas setempat dan teknisi suara untuk menerapkan langkah-langkah yang mengurangi polusi suara dan melindungi bangunan bersejarah dari potensi kerusakan.

Selain itu, pengelolaan sampah di acara musik juga menjadi pertimbangan penting. Untuk mengatasi permasalahan lingkungan, penyelenggara acara dapat menerapkan praktik berkelanjutan seperti daur ulang, contohnya seperti band Coldplay yang mewajibkan penontonnya setelah usai menonton konser untuk mengembalikan gelang tiket untuk digunakan kembali pada konser selanjutnya di negara lain. Hal tersebut dapat meminimalkan penggunaan plastik sekali pakai, dan mengelola limbah sehat. Dengan bekerja sama dengan layanan pengelolaan sampah lokal dan menerapkan inisiatif ramah lingkungan, dampak lingkungan dari acara musik dapat dikurangi secara signifikan.

Maka dari itu, meningkatkan kesadaran di antara para peserta tentang pentingnya pembuangan limbah yang bertanggung jawab dan pelestarian lingkungan juga dapat memainkan peran penting dalam memitigasi dampak buruk acara musik terhadap lingkungan. Dengan mengatasi tantangan-tantangan ini, acara musik dapat terus menghibur sekaligus mempromosikan kelestarian lingkungan dan pelestarian budaya.

 

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS