Ticker

6/recent/ticker-posts

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MEMPELAJARI BAHASA ASING




Penulis :Citra Iqhlima

Nim : 2317020041

Pada zaman saat ini, penting bagi kita untuk mempelajari bahasa asing yang nantinya akan berguna di masa yang akan datang. Terutama Bahasa Inggris, karena Bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling banyak digunakan hampir di seluruh dunia. Bahasa Inggris juga sering digunakan untuk berkomunikasi orang-orang antar negara satu dengan lainnya. Dengan menguasai bahasa Inggris kita dapat melanjutkan sekolah atau kuliah ke luar negeri dan siap bersaing di dunia kerja internasional.

Tidak dapat dipungkiri jika Indonesia merupakan negara yang memiliki objek wisata. Maka dari itu kita perlu belajar bahasa Inggris agar kita dapat mengelola keindahan alam di Indonesia menjadi objek wisata yang diakui oleh dunia serta memiliki pengunjung yang banyak agar dapat menambah devisa negara dan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang bepotensi dalam bidang pariwisata. Tetapi dalam era globalisasi seseorang harus dapat menguasai bahasa asing selain bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional. Penguasaan bahasa asing yang baik merupakan salah satu akses untuk meraih keberhasilan dalam berbagai bidang.

Banyak manfaat yang didapatkan jika mempelajarinya yaitu, dapat menambah pengetahuan, mempermudah kita dalam berkomunikasi dengan orang-orang luar negeri, memudahkan diri dalam bergaul dengan orang-orang luar negeri, dapat menjadi sarana dalam memperkenalkan budaya Indonesia ke jenjang internasional. Pengajaran bahasa biasanya terdapat empat bidang keterampilan yang dijadikan acuan kurikulum yaitu mendengarkan, membaca, berbicara, dan menulis. Bahasa merupakan media penting untuk pemenuhan hak-hak dasar, seperti ekspresi, pendidikan politik dan partisipasi dalam masyarakat.

Kehadiran teknologi informasi dan memanfaatkannya dalam proses pembelajaran dan memberi jalan keluar dalam mengatasi masalah pembelajaran bahasa terkhusus di Indonesia. Jika kita memanfaatkan teknologi dengan sungguh – sungguh maka, kita akan mendapatkan pengetahuan lebih maksimal begitu pun sebaliknya. Sudah banyak teknologi yang dapat mempermudah kita untuk mempelajari bahasa asing. Ada teknologi komunikasi yang berfungsi sebagai penyaluran informasi, ada juga teknologi informasi yang berfungsi sebagai penyimpan dan pengolah informasi.

 Teknologi informasi merangkum semua aspek yang berhubungan dengan mesin komputer dan komunikasi dan teknik yang digunakan untuk menangkap, menyimpan, memanipulasi, menghantar dan mempersembahkan suatu bentuk informasi. salah satu penyebab utama terjadinya era globalisasi yang datangnya lebih cepat dari dugaan semua pihak adalah karena perkembangan pesat teknologi informasi. Penggabungan anatara teknologi komputer dan telekomunikasi telah menghasilkan suatu revolusi di bidang sistem informasi. Data atau informasi yang pada zaman dahulu menghabiskan waktu berhari-hari untuk diolah sebelum dikirmkan ke sisi lain di dunia, saat ini dapat dilakkan dalam hitungan detik.

Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi informasi memiliki peran yang sangat besar dalam memajukan suatu organisasi maupun pribadi. Bagi organisasi, teknologi informasi dapat digunakan untuk mencapai keunggulan baik, sedangkan bagi pribadi, teknologi informasi dapat digunakan untuk mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi seperti kesehatan, hobi, rekreasi, dan rohani. Disamping itu teknologi informasi digunakan untuk kepentingan profesi. Hal ini akan memberi dampak pada keunggulan pribadi.

Teknologi informasi dapat dikatakan telah merambah berbagai bidang dan aspek kehidupan dan berbagai lapisan masyarakat. Ponsel dengan kemampuan mengambil informasi dari internet telah menjadi barang yang biasa dipakai untuk berkomunikasi, menjadikan jarak tidak begitu terasa. Orang menjadi lebih terbiasa dengan e-mail dibanding dengan surat konvensional. Orang lebih senang menggunakan program pengolah data untuk membuat dokumen ketimbang menggunakan mesin ketik biasa.

Dalam dunia pendidikan, teknologi informasi menawarkan pengajaran berbasis multimedia sehingga dapat menyajikan pelajaran lebih menarik, tidak monoton dan memudahkan penyampaian. Teknologi internet juga berperan dalam menciptakan e-learning. Kuliah tidak lagi harus dilakukan dengan suasana kelas namun kuliah dapat dilaksanakan dengan mengakses modul-modul kuliah dari jarak jauh, begitupula dengan pengiriman tugas dan berdiskusi.

Begitu juga dengan mempelajari bahasa asing. Teknologi komputer saat ini tidak hanya digunakan untuk pengolahan kata tetapi juga sebagai sarana belajar multimedia yang memungkinkan peserta didik membuat desain dan rekayasa suatu konsep dan ilmu pengetahuan. Salah satu contoh pemanfaatan IT (Information and Tekhnologi) saat ini adalah dengan e-learning atau blog. Sudah banyak sekali yang memanfaatkan IT untuk pembelajaran mereka, contohnya para siswa, mahasiswa, guru, maupun para pekerja (karyawan). Mereka dapat mengakses informasi yang mereka butuhkan dengan cepat dimanapun dan kapanpun, yaitu dengan menggunakan koneksi internet.

Dan ada pula di antara berbagai fasilitas teknologi yang ditawarkan, salah satunya yang dapat digunakan sebagai materi dan sekaligus media pembelajaran adalah beragam video yang disediakan oleh youtube. Media ini dianggap dapat memberikan informasi yang lebih luas. Video yang disajikan dalam youtube memberikan kemudahan untuk langsung mempraktikkan konten yang sedang ingin dipelajari. Berangkat dari kemudahan inilah yang membuat kebanyakan orang lebih menyukai belajar dengan media pembelajaran youtube. Ada beragam video pembelajaran bahasa asing, yang disediakan oleh youtube.

Teknologi mempunyai banyak manfaat dan pengaruh bagi masyarakat luas, terutama dalam hal bahasa. Sekarang ini di Indonesia banyak sekali orang yang menggunakan percakapan dengan bahasa-bahasa teknologi atau bahasa asing. Pengaruh kemajuan teknologi terhadap perkembangan bahasa Indonesia sangatlah erat, di mana bahasa Indonesia merupakan salah satu alat komunikasi yang mampu digunakan oleh masyarakat. Dengan berkembangnya teknologi masyarakat bisa mempelajari dan mengembangkan bahasa Indonesia dengan baik, sehingga bahasa Indonesia dapat diketahui oleh banyak orang melalui kemajuan teknologi.

Hal ini tidak menutup kemungkinan perkembangan teknologi informasi di zaman sekarang sangat membantu dalam pembelajaran bahasa secara online. Tetapi ada pengaruh negatif dari hal-hal tersebut. Seperti banyaknya warga Indonesia yang menggunakan istilah asing dan bercampurnya bahasa Indonesia dengan bahasa asing. Banyak masyarakat yang lebih bangga dan membanggabanggakan menggunakan bahasa negeri orang lain. Atau malah mencampur-campur bahasa Indonesia dengan bahasa asing.

Hal ini sering terjadi di Masyarakat, baik secara lisan maupun tulisan-tulisan di media sosial. Dampak negatif yang terjadi mungkin dapat dicegah dengan pemahaman berupa informasi yang harus disebar luaskan untuk meminimalisir dampak negatif teknologi bagi pendidikan bahasa. Karena dapat dilihat bahwa pengaruh positif teknologi terhadap pendidikan bahasa Indonesia sangatlah besar untuk meningkatkan minat pembelajaran bahasa Indonesia dari segala penjuru.

Sedangkan untuk pengaruh yang berdampak pada penggunaan bahasa asing dikarenakan mudahnya akses keluar masuk kebudayaan dari dalam ke luar dan dari luar negeri ke dalam negeri. Pada akhirnya, mempelajari dan menguasai bahasa Inggris pun menjadi tuntutan zaman. Dan mempelajari bahasa Inggris adalah harus berdasarkan sumber – sumber yang berasal dari website yang relevan dan memiliki nilai positif pada bidang pendidikan. Pada zaman yang sudah sangat modern ini masyarakat harus selektif dalam memilah dan memilih aplikasi atau website atau informasi yang bersifat positif bagi bidang pendidikan khususnya bahasa Inggris. Karena bahasa Inggris adalah bahasa yang wajib dikuasai selain bahasa Indonesia dan bahasa daerah masing – masing.

Dari apa yang sudah di bahas di atas dapat di simpulkan bahwa teknologi memiliki dampak positif dan negatif dalam pemanfaatannya. Dalam pemanfaatannya mempelajari bahasa asing adalah, kita sebagai pengguna teknologi harus bijak menggunakan teknologi tersebut dan juga harus bijak dalam memnfaatkan bahasa asing tersebut, karna jika kita memanfaatkan teknologi dan bahasa asing tersebut dengan baik maka yang kita peroleh akan baik pula.


Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS