Ticker

6/recent/ticker-posts

FESTIVAL ALEK NAGARI BEROK NIPAH BARALEK GADANG

 


Padang, - Jurnalis Sumbar

Berok Nipah baralek gadang, Festival Alek Nagari yang diselenggarkan dikantor Lurah Berok Nipah pada Sabtu 11 November 2023 yang lokasi kegiatan disamping kantor Lurah Berok Nipah kecamatan Padang Barat. 




Kegiatan Festival Alek Nagari Berok Nipah dibuka walikota Padang, Hendri Septa yang diwakili oleh Asisten III Sekretaris Daerah kota Padang, Corri Saidan, mengatakan dengan digelarnya Festival Alek Nagari Berok Nipah diharapkan membantu generasi muda untuk mengembangkan kreatifitas di bidang seni dan budaya.


Selain itu juga dapat menyatukan masyarakat dengan latar belakang budaya yang berbeda dan dapat menjadi daya tarik dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke kota Padang.


Konsep untuk mengembangkan seni budaya dan  ekonomi kreatif di kota Padang dengan melibatkan seluruh masyarakat, baik dari kalangan berbagai Etnis yang ada, karena di kota Padang punya Multi Etnis,"ucap Farisal ketua pelaksana.


Kegiatan yang ditampilkan dalam festival alek gadang berupa, Hoyak Tabuik, Tarian Ragam Budaya dan 

Etnis, Expo UMKM, Barongsai, Donor Darah, Cek Kesehatan Gratis, Lomba Fashion Show dan Hiburan lain nya.


Festival Alek Nagari Berok Nipah anggaran nya diambil dari APBD kota Padang melalui dana pokir anggota DPRD Kota Padang, Iswanto Kwara, acara ini juga didukung dari LPM Berok Nipah, Tokoh Masyarakat, Karang Taruna, dan Pokdarwis Berok Nipah.


Menurut Iswanto Kwara acara ini adalah pemersatu karena masyarakatnya dari berbagai Etnis, yang berupaya melestarikan budaya tradisi yang ada di kota Padang.Pemko Padang bersama DPRD Kota Padang bersinergi dalam pelestarian budaya tradisi yang ada diranah minang.



Festival Akulturasi budaya tersebut menampilkan  berbagsi kesenian seperti, Tari Payung, Barongsai, hingga iring-iringan tradisi Hoyak Tabuik yang biasa diadakan di kota Pariaman, tutup panitia.Festival Alek nagari Berok Nipah (Kitti)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS