Ticker

6/recent/ticker-posts

Mahasiswa KKN PPM Unand dan Murid Sekolah Dasar Negeri 01 Simpang Ampek Nagari Sitanang mengadakan Sikat Gigi Bersama (SIGIBER)

 


Penulis: drg. Susi, MKM dan Sri Mewan Lestari Putri (Dosen Pembimbing Lapangan dan Mahasiswa KKN PPM Unand 2023 Nagari Sitanang)



Pada hari Sabtu,19 Agustus 2023 mahasiswa KKN PPM Unand Nagari Sitanang dan drg. Susi, MKM selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mengadakan Sikat Gigi Bersama (Sigiber) di Sekolah Dasar Negeri 01 Simpang Ampek, Nagari Sitanang. Kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa KKN Unand yang  ditempatkan di Kenagarian Sitanang sebanyak 20 orang. Sigiber diikuti oleh semua murid SD dari kelas satu sampai kelas enam.

Kegiatan diawali dengan pemberian materi mengenai bagaimana menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi secara baik dan benar. Materi diberikan oleh drg, Susi MKM, kemudian dilanjutkan dengan  diskusi dan tanya jawab. Pada saat diskusi murid-murid bertanya bagaimana cara menyikat gigi dan kapan sebaiknya waktu untuk menyikat gigi.

Materi diawali dengan bagaimana memilih sikat gigi yang baik. Pertama pilih sikat dengan bulu sikat yang soft atau halus supaya tidak melukai gusi dan jaringan lunak lainnya dalam mulut. Ukuran sikat gigi disesuaikan dengan ukuran rongga mulut. Pilih pasta gigi yang mengandung flour, karena dapat melindungi gigi dan mencegah terjadinya gigi berlubang atau karies.

Menyikat gigi sebaiknya dilakukan dua kali sehari pada waktu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Setelah sarapan, gigi disikat supaya tidak terdapat sisa makanan yang dapat menyebabkan bakteri memetabolisme sisa makanan dan menyebabkan rongga mulut menjadi asam. Suasana asam dalam mulut menyebabkan email larut dan terjadinya lubang gigi. Hal yang sama juga terjadi jika tidak menyikat gigi sebelum tidur. Menyikat gigi jika dilakukan dengan cara yang benar hanya butuh waktu selama 2 menit untuk menyikat seluruh permukaan gigi. 

Cara menyikat gigi yang dapat dilakukan dengan mudah oleh murid SD adalah dengan cara kombinasi. Pada permukaan gigi yang menghadap pipi, sikat gigi dimulai dari bagian kanan atas belakang, letakan sikat gigi dengan sudut 45 derajat terhadap gusi, gerakan dengan gerakan memutar dari gusi ke gigi sampai kedepan. Lalukan  dengan teknik yang sama untuk kanan bawah, kiri atas dan kiri bawah. Pada permukaan gigi atas yang menghadap bibir, letakan sikat gigi dengan sudut 45 derajat terhadap gusi, kemudian gerakkan sikat dari arah gusi ke gigi. Lakukan hal yang sama untuk permukaan gigi bawah yang menghadap gusi. 

Pada permukaan gigi yang menghadap ke arah langit-langit atau lidah, letakan sikat gigi pada permukaan menghadap lidah dengan sudut 45 derajat terhadap gusi, gerakan seperti gerakan mencongkel ke arah luar. Pada permukaan kunyah, lakukan gerakan menyikat dengan gerakan maju mundur. Kemudian sikat lidah dengan cara menjulurkan lidah, dan sikat satu kali saja. Kemudian lakukan kumur-kumur untuk mengeluarkan kotoran hasil sikat gigi. Kumur-kumur dilakukan sebanyak satu atau dua kali saja, supaya flour dari pasta yang menempel pada permukaan gigi tidak hilang.

Setelah pemberian materi dilakukan, selanjutnya yaitu demonstrasi bagaimana cara menyikat gigi yang benar oleh mahasiswa KKN, kemudian murid SD diminta mempraktikannya di depan kelas. Seminggu sebelumnya sudah dikordinasikan kepada pihak sekolah untuk meminta murid-muridnya membawa sikat gigi untuk keperluan Sigiber. Halaman sekolah digunakan untuk melaksanakn Sigiber. Selama kegiatan berlangsung dibimbing dan dipandu oleh DPL dan mahasiswa KKN PPM Unand 2023 Nagari Sitanang

Penulis: drg. Susi, MKM dan Sri Mewan Lestari Putri (Dosen Pembimbing Lapangan dan Mahasiswa KKN PPM Unand 2023 Nagari Sitanang)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS