Ticker

6/recent/ticker-posts

Pentingnya Pembangunan Infrastruktur Jalan Untuk Perkembangan Suatu Daerah : Teori Modernisasi Dan Kasus Jalan Rusak Di Lampung

 


Oleh : Rohib Anugrah Akmal

 mahasiswa universitas Andalas 


Pembangunan infrastruktur jalan menjadi faktor utama dalam memajukan suatu daerah.  Menurut teori modernisasi Pembangunan Infrastruktur jalan menjadi peran penting dalam memajukan pertumbuhan ekonomi dan aktivitas sosial suatu daerah. Hal ini tentu saja membuat pembangunan jalan merupakan hal yang sangat krusial dan tidak boleh disepelekan oleh Pemerintah. Seperti yang baru baru ini terjadi pada Provinsi Lampung yang mengalami kerusakan jalan di beberapa wilayah yang disebabkan oleh beberapa faktor. Hal ini tentu saja akan memperlambat aktivitas perekonomian dan sosial pada Provinsi Lampung.

Infrastruktur jalan menjadi faktor penting dalam teori modernisasi karena infrastruktur jalan merupakan penghubung perekonomian dari satu daerah ke daerah lainnya yang menjadi salah satu modal modernisasi yaitu perekonomian yang kuat dan berkembang. Dengan jalan yang baik aksesibilitas meningkat, memungkinkan perjalanan yang lebih lancar bagi penduduk dan pelaku ekonomi. Ini menghadirkan peluang investasi dari pelaku ekonomi, peningkatan perdagangan, dan pertumbuhan penduduk serta peluang kerja yang meningkat di daerah tersebut.

Namun kasus jalan rusak di Provinsi Lampung menjadi kekhawatiran akan lambatnya berjalannya perekonomian. Rusaknya jalan di Lampung terjadi karena beberapa faktor seperti banyaknya mobilitas kendaraan apalagi seperti yang dikatakan Gubernur Lampung yaitu Arinal Djunaidi bahwa jalannya rusak akibat Truck Truck yang bermuatan melebihi kapasitas. Arinal bahkan akan menindak perusahaan yang menggunakan kendaraan berlebihan muatan. 

Faktor selanjutnya yaitu kualitas jalan yang buruk, volume mobilitas kendaraan dan cuaca ekstream tentunya membutuhkan bahan material dan teknik konstruksi yang tepat. Kurangnya perhatian dari pemerintah setempat seperti perawatan jalan berlubang, perbaikan dan pengaspalan jalan agar tidak cepat rusak. Pengaruh cuaca juga membuat jalan rusak seperti proses erosi yang menyebabkan pengikisan aspal. Kurangnya perhatian pemerintah daerah terhadap masalah tersebut sampai sampai pemerintah pusat turun tangan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Dampak dari permasalahan tersebut tentunya akan menghambat atau memperlambat jalannya perekonomian, mobilitas barang akan lebih sulit, hal ini juga mempengaruhi kualitas hidup karena akses ke layanan kesehatan, pendidikan, dan aktivitas sosial akan terhambat. Jalan rusak juga menyebabkan resiko kecelakaan lalu lintan dan pengguna jalan juga meningkat.Dalam sisi psikologi, masyarakat akan merasakan frustasi dan ketidaknyamanan karena buruknya kualitas jalan.

Tentunya semua hal tadi tidak sesuai dengan teori modernisasi yang menganggap infrastruktur jalan merupakan modal penting dalam pertumbuhan ekonomi dan aktivitas sosial serta infrastruktur jalan yang baik akan menghubungkan satu wilayah dengan wilayah lainnya, meningkatkan mobilitas barang dan penduduk. Hal ini tentu akan mendorong kemajuan di daerah tersebut.

Dalam upaya memajukan suatu daerah tentu diperlukannya infrastruktur yang memadai salah satunya yaitu jalan. Pentingnya infrastruktur jalan tidak dapat di pungkiri. Kasus yang terjadi di Provinsi Lampung permasalahan jalan rusak dikhawatirkan akan memperlambat pertumbuhan ekonomi dan aktivitas sosial. Oleh karena itu pemerintah daerah dan kelompok kepentingan terkait harus bisa mengatasi permasalahan tersebut dan pemerintah daerah lain harus berkaca terhadap permasalahan tersebut, jangan sampai pemerintah pusat turun tangan untuk menyelesaikan permasalahan daerah yang seharusnya bisa diselesaikan oleh pemda setempat.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS