Ticker

6/recent/ticker-posts

LATIHAN KETERAMPILAN MOTORIK PRAKTIK PERMAINAN MOTORIK AUD ”GERAKAN RITMIK”

 



Oleh  : Ellanda Melindra

(Mahasiswa Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini,FIP Universitas Negeri Padang)

 

Perkembangan fisik motorik salah satu perkembangan mendasar yang dibutuhkan anak untuk proses tumbuh kembang selanjutnya. Perkembangan motorik adalah kegiatan yang berhubungan dengan otot, otak, dan syaraf. Menurut Aep Rohendi & Lurens Seba (2017:20) motorik adalah semua gerakan tubuh,meliputi gerakan internal yang tidak teramati (motor) yaitu penangkapan sitimulus oleh indera – penyampaian sitimulus oleh susunan syaraf sensorik ke otak (memori) – pemrosesan dan pembuatan keputusan oleh otak – penyampaian keputusan oleh susunan syaraf motorik ke otot, dan gerak eksternal yang teramati (movenent).

Keterampilan motorik kasar dibagi kedalam tiga kelompok, yaitu: Memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang mengenal nama dan fungsi anggota tubuhnya, cara merawat, kebutuhan untuk menjadi anggota tubuh tetap sehat, dapat melakukan berbagai gerakan terkoordinasi secara terkontrol, seimbang, melatih motorik kasar dan kekuatan, kestabilan, keseimbangan, kelenturan, dan kelincahan, Kurikulum PAUD (2013).

Dalam pembelajaran dengan menggunakan metode pengembangan motorik kasar pada anak usia dini melalui metode gerakan ritmik atau eksplorasi, yaitu metode yang digunakan yaitu gerakan senam, menari, dan gerakan gerakan yang senada serasi yang dilakukan anak berkelompok dengan gerakan ritmik atau gerakan berirama anak mempunyai dasar-darar gerak untuk mereka bereksporasi. Dengan musik atau irama anak-anak mulai berjalan sesuai tempo musik.  Sebelum melakukan gerakan inti terlebih dahulu anak melakukan pemanasan yang dipandu oleh guru. Yang mula-mula tanpa diiringi musik dan silanjutkan dengan gerakan sesuai music dan diakhiri dengan pendinginan. Hal ini sesuai dengan pendapat Lestari dkk (2015) yaitu Latihan senam irama merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melakukan gerakan yang terkoordinasi pada anak usia dini. Latihan senam irama merupakan latihan yang paling sederhana, murah, dan mudah untuk dilaksanakan. Pelaksanaan latihan senam irama tersebut selain tidak menggunakan peralatan yang banyak dan tempat yang luas juga bisa dilakukan secara berkelompok maupun sendiri. Menurut Bebi Okta (2010:41) senam ritmik atau disebut juga senam irama adalah gerakan senam yang dilakukan dengan diiringi musik.

 

berikut jenis kegiatan yang sudah dilakukan kelompok kami tentang  praktik permainan motorik aud ”gerakan ritmik”

 

Jenis Kegiaatan

prosedur

Sarana

·       Ruang untuk bermain atau halaman yang luas

Persiapan

·       Memilih nyanyian atau music dengan lagu-lagu yang bervariasi dengan

·       Sediakan tape recorder dan kasetnya sebelum latihan dimulai dan di ruang yang cukup luas.

Pembukaan

·       Anak-anak berdiri bebas di ruang  menghadap ke arah guru.

·       Salam

·        Berdoa

·       Anak melakukan pemanasan yang dipandu oleh guru tanpa music, hanya dengan itungan saja

Inti

·       Setelah pemanasan anak melakukan gerakan senam ritmik yang diiringi oleh music yang bervariasi temponya. Sedapat mungkin digunakan lagu- lagu yang sama lebih dulu jangan menggantinya dengan lagi lainya.

·       Setelah melakukan gerakan pendinginan

·       Dan anak disuru istirahat

Penutup

·        Anak-anak berdiri bebas di ruang menghadap ke arah guru.

·        Salam

·        Berdoa

 

 

 

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS