Ticker

6/recent/ticker-posts

Rendang minangkabau


 Oleh annisa azzahra mahasiswa jurusan sastra minangkabau, universitas andalas 


Setiap wilayah memiliki ciri khas. Ciri khas tersebut bisa berupa tempat wisata, makanan, Kebudayaan dan lain sebagainya. Ciri khas tersebut menjadi iconi untuk wilayah tersebut. Diwilayah sumatra barat terdapat suatu ciri khas yang jika kita ke sumatra barat terkenal sekali makanan ini, makanan tersebut ialah rendang. Rendang merupakan tendang ini memiliki nilai tersendiri di  sumatra barat ini yaitu sebagai kapalo samba atau disebut dengan raja atau disebut dengan raja dari berbagai macam hidangan masakan yang ada, biasanya rendang ini hanya ada ketika ada acara-acara besar adat. Rendang tersebut di sajikan dalam berbagai macam upacara adat seperti upacara perkawinan (baralek), manjalang mintuo dan juga ada ketika hari raya idul adha dan idul fitri. Ciri dari rendang ini berwarna kecoklatan kehitaman serta terasanya rempah-rempahnya. Pembuatan rendang ini memakan cukup lama, dengan api yang sangat di jaga tidak boleh besar ataupun tidak boleh kecil sangat, apanya harus sedangan jikalau dapat api selalu stabil. Adapun bahan-bahan yang harus dilengkapi terlebih dahulu sebelum membuat rendang ini yaitu

Daging sapi ½ kg

2 buah kelapa (yang dipisahkan Santan kental dan yang encer)

Cabe giling 4 sdm (secukupnya)

Cabe rawit jika mau

Bawang putih 5 siung diharuskan 

Bawang merah 7 siung dihaluskan

Jahe 3 cm

Lengkuas sedikit dihaluskan

Daun jeruk 3 lembar

Daun kunyit 2 cm diharuskan 

Daun salam 3 lembar

Sereh  1 batang yang sudah di geprek

Pala bubuk ½ sdt 

Garam secukupnya 

Cara perbuatannya ialah pertama-tama cucilah daging lalu siapkan bumbu-bumbu yang dihaluskan, giling haluslah kunyit, Jahe, Bawang merah, bawang putih, Lengkuas dengan ½ sdt Garam. Kemudian giling kasar cabe rawit. Setelah semua bumbu yang sudah digiling dicampurkan ke daging juga masukkan Cabe giling. Aduklah rata sampai bumbunya meresap ke daging. Setelah itu siapkan Santan kental, masukan daun Daun kunyit, Daun jeruk dan serai. Panaskan Santan itu sebelum daging dimasukkan, aduk terus agar jangan sampai pecah santannya. Jika sudah mendidih lalu masukkan daging kemudian masukan sedikit pala bubuk. Aduk terus daging dan apabila dirasakan santannya masih kurang pedas bisa menambahkan cabe giling lagi. Kemudian pindahkan rendang menggunakan kuali besi agar minyak dari rendang bisa keluar. Aduk terus rendang tersebut sampai mengental, apabila masih terasa keras dagingnya makan masukanlah Santan yang encer. Supaya rendang menjadi coklat harus selalu diaduk dengan menggunakan api kecil hingga rendang menjadi kering dan berubah warna.

Bumbu-bumbu dari rendang ini yang bersifat antiseptik dan membunuh bakteri paktogen yang dapat sebagai bahan pengawet alami. Rendang ini memiliki filosofinya lo.. yaitu bermusyawarah dan mufakat yang mengambil dari empat bahan pokok yaitu Daging sapi yang melambangkan ninik mamak, kelapa yang melambangkan cadiak pandai, lado atau cabe melambangkan alim ulama yang tegas untuk mengajarkan syarat agama, dan yang terakhir bumbu pemasak yang melambangkan keseluruhan masyarakat minangkabau. Rendang ini diduga telah ada sejak orang minangkabau menggelar acara adat pertamanya. Lalu seni dalam memasak ini berkembang ke kawasan rantau berbahaya melayu lainnya. Maka dari itu rendang ini menjadi terkenal. Pada abad ke-16 karena perjalanan melewati sungai dab memakan waktu lama, rendang mungkin menjadi pilihan tepat sebagai bekal ujar prof.Dr.gusti asnan.

Rendang ini di nobatkan sebagai hidangan yang mendapat peringkat pertama daftar world’s 50 most delicious food (CNN internasional thn 2011). Dalam pemasukan rendang ini terdapat 3 tahapan yang dapat kita tinjauan dari kandungan caranya Santan, yang pertama yang masih basah disebut dengan gulai, yang kedua kalio dan yang terakhir rendang, jadi rendanglah yang memiliki kadar air paling sedikit. Namun ada dua yang secara umum dikenal orang yaitu rendang basah dan rendang kering. Rendang basah ini yang dapat juga disebut dengan kalio yang dimasak dengan waktu yang singkat yang mana Santan belum begitu kering akan tetapi waktu bertahannya hanya 1 minggu saja. Sedangkan rendang kering ini benar-benar rendang yang mana rendang ini dimasak dengan waktu yang berjam-jam yang hingga santannya kering dan bumbunya meresap sempurna. Yang berwarna lebih gelap dari pada kalio bisa juga di sebut berwarna coklat kehitaman. Jika dimasak dengan tepat rendang ini dapat bertahan sampai 4 minggu, jika di taruh di kulkas bisa tahan sampai 6 bulan juga dibekukan. 

Menurut sejarawan, gusti asnan, kelahiran rendang ini tidak luput dari pengaruh bumbu dari India yang dimana memperolehnya melalui pegangan gujarat, lndia ini yang mulai singgah ke sumatra pada abad ke-13 hingga ke-14. Yang menjadi salah satu pengaruh India ini melebur dalam masakan rendang yaitu pada pemakaian Santan. Menurut seorang kuliner nusantara mengatakan bahwa Santan ini berasal dari India Selatan, India Utara tidak memakai Santan sebagai pengental melainkan mereka memakai yoghurt.

Lalu ada berapa macam sih rendang ini dibuat? Yaitu yang sudah populer pertama rendang sapi kemudian rendang ayam, rendang hati sapi, rendang jantung pisang , rendang udang, rendang lokan (kerang), rendang kambing, rendang telur, rendang Pakis, rendang paru sapi, rendang kalio, rendang itik, rendang belut, rendang jariang, rendang maco, rendang pucuak ubi, rendang ikan tongkol, rendang ikan tenggiri, rendang suir rendang ini dapat berupa daging ayam atau sapi yang disuir. Wah ternyata banyak macam-macam rendang bukan hanya rendang dari daging sapi.p

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS