Ticker

6/recent/ticker-posts

Mewujudkann Bisnis Kepariwisataan Melalui Travel



Muhammad Zhafran Nabil 

Fakultas Ilmu Budaya 

Universitas Andalas 



Pariwisata merupakan suatu kegiatan yang didambakan setiap orang untuk kepuasan pribadi dan mencari hal baru yang belum pernah dirasakan. Pariwisata berasal dari kata wisata atau tempat yang ingin dituju untuk mendapatkan hal yang positif.  Adapun pariwisata menurut para ahli, yaitu:

UU Republik Indonesia No. 9 Th.1990 Tentang Kepariwisataan

Pariwisata adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan perjalanan yang dilakukan secara sukarela dan bersifat sementara untuk menikmati objek dan daya tarik wisata, termasuk pengusahaan objek dan daya tarik wisata, serta usaha-usaha yang terkait di bidang tersebut 

Pendit (1994)

Pariwisata adalah kegiatan orang-orang sementara dalam jangka waktu pendek, ke tempat-tempat tujuan di luar tempat tinggalnya dan tempat bekerjanya, serta di luar kegiatan-kagiatan mereka, dan selama di tempat tujuan mempunyai berbagai maksud, termasuk kunjungan wisata.

Mathieson dan Wall (1982)

Pariwisata adalah serangkaian aktivitas yang berupa aktivitas perpindahan orang untuk sementara waktu ke suatu tujuan di luar tempat tinggal maupun tempat kerjanya, aktivitas yang dilakukannya selama tinggal di tempat tujuan tersebut dan kemudahan-kemudahan yang disediakan untuk memenuhi kebutuhannya baik selama dalam perjalanan maupun di lokasi tujuannya.

Dari pendapat ahli diatas, dapt disimpulkan bahwa pariwisata meruakan suatu kegiatan yang memiliki kreasi untuk melakukan perjalanan ke luar dari kegiatan rutinias yang bersifat sementara serta memahami berbagai hal yang baru terlihat dan dirasakan. 

Untuk melakukan pariwisata dapat dilakukan secara pribadi maupun kelompok, baik dilakukan mandiri maupun ada pembimbing yang dinamakan, “Tour Guide”.  Untuk melakukan pariwisata juga membutuhkan persiapan yang matang, salah satunya adalah mempersiapkkan kendaraan. Kendaraan yang dipakai berupa mobil, motor, bus dan jika diperairan berupa kapal, dan juga memiliki kendaraan pribadi atau yang disewakan/rental. 

Untuk kendaraan yang disewakan, ada berupa jasa yang menjadi objek dari manajemen kepariwisataan, yaitu Travel. Travel merupakan suatu perusahan persero terbatas (PT) yang bergerak dibidang kepariwisataan bertujuan untuk memberikan pelayan trip atau perjalan bagi wisatawan yang ingin berlibur ke tempat yang ingin dituju. Travelling adalah kegiatan yang musti kita lakukan untuk mengurangi stres dan rasa jenuh dalam pekerjaan ataupun kegiatan sehari-hari. Gunakanlah waktu travelling semaksimal mungkin untuk me-recharge kembali pikiran dan tubuh supaya bisa kembali segar dan kinerja pun meningkat. Pada umumnya kegiatan travelling dilakukan ketika momen liburan atau cuti, di mana ada kelonggaran waktu untuk menikmati perjalanan. Kegiatan traveling bisa kita atur sesuai budget yang tersedia. Travel juga memiliki agen sebagai pengatur jadwal keberangkatan yang biasa disebut dengan Agen Travel. Pada umumnya, travel biasanya disewakan dalam kurun waktu sehari maupun seminggu sebelum keberangkatan. Travel menyediakan berbagai jenis kendaraan, baik kendaran roda empat maupun kendaran roda dua, sesuai dengan kondisi tempat wisata. Dalam berbagai hal, travel juga menyediakan seoran pemandu bagi wisatawan yang ingin menulusuri objek wisata tersebut. Namun, kebanyakan travel hanya menyediakan jasa perjalan pulang-pergi tanpa memberikan seorang pemandu. Untuk Anda yang memiliki bisnis travel agent dan baru memulai atau akan memulai, ini ada 5 kriteria yang bisa digunakan untuk bisnis agen travel yang dicari orang, yaitu:

1.Berpengalaman

Sebagai agen kita harus berpengalaman terkait pariwisata mulai dari pemerintahan seperti izin dll, mulai dari rute wisata, musim di lokasi wisata, informasi-informasi menarik seputar wisata. Terlebih seperti kondisi yang di luar rencana seperti pesawat yang delay seringkali menjadi suatu ganjalan tersendiri yang kurang menyenangkan untuk wisatawan. Sebagai, agen Anda harus bisa menjadi pihak yang menyenangkan untuk wisatawan dan maskapai.


2. Menjadi Problem Solver

Misalnya ada wisatawan yang tidak memiliki Visa / Passport, entah belum buat karena sibuk atau karena tidak tahu, atau kendala lainnya maka Anda harus bisa mengurusnya dengan alur yang tepat


3. Perluas Koneksi

Anda harus menjalin hubungan dengan sesama travel agen, pihak pemerintahan yang baik dengan pihak maskapai atau dengan komunitas travelling.


4. Layanan online 24 jam

Ini bisa menjadi nilai tambah sendiri, karena kita fast respons 24 jam. Dan gunakan fasilitas sistem PPOB atau Payment Point Online Bank. Jadi, pelayananan reservasi dan pembelian segala jenis tiket bisa dilakukan kapanpun dan di manapun.


Bahkan traveler bisa mengaksesnya 24 jam nonstop. Meskipun kantor sudah tutup, ada beberapa travel agent yang masih menyediakan layanan customer service dengan aneka reservasi lengkap bersistem real time online sehingga pembayaran dapat langsung terekam.


5. Buat Penawaran yang Menarik untuk setiap Promosi

Praktekkan jurus Marketing Revolution disetiap paket promosi yang Anda gunakan. Dengan begitu perusahaan travel agen Anda akan meningat dengan pesat.

Kemudian, kendaraan travel juga memiliki lisensi atau syarat khusus untuk digunakan sebagai alat transportasi wisatawan, karena bertujuan agar wisatwan aman dan selamat selama perjalanan berlangsung serta memberikan kenyamanan dalam pariwisata. Dan juga, sebagai pebisnis travel, legalitas kendaraan juga merupakan suatu kewajiban agar tidak terjadi simpng siur dan masalah ketika sebelum, sedang, dan setelah perjalanan. 

Izin Usaha sangat diperlukan oleh pebisnis Travel Mobil. Persyaratan untuk mendapatkan Izin Usaha Travel Mobil ini terbagi menjadi dua. Pastikan keduanya tersedia agar permohonan diterima oleh pihak terkait.

1. Persyaratan Teknis.

Secara teknis, syaratnya cukup mudah. Pebisnis wajib memenuhi persyaratan sebelum mengajukan permohonan izin. Diantaranya adalah :

Sudah berbentuk badan hukum seperti PT.

Minimal memiliki 5 buah kendaraan.

Kendaraan sudah lulus uji berkala.

Memiliki Pool (tempat penyimpanan kendaraan).

Terdapat fasilitas pemeliharaan kendaraan.

Memiliki tenaga sopir dengan kepemilikan SIM resmi.


2. Dokumen Permohonan.

Ketika ingin mengajukan Izin, ada beberapa berkas yang harus Anda bawa ke tempat pejabat pemberi Izin. Diantara berkasnya adalah :

Akta pendirian usaha.

Bukti pengesahan tentang badan hukum yang berasal dari kementerian hukum dan HAM.

Tanda daftar sebuah perusahaan.

NPWP badan usaha.

Surat keterangan domisili perusahaan.

Surat izin tempat usaha.

Lampiran pernyataan kesanggupan atas kewajiban yang dibubuhi tanda tangan di atas materai.

Surat tentang pernyataan kerja sama atau kepemilikan fasilitas pemeliharaan kendaraan.


Setelah Anda sudah melengkapi semuanya, silahkan datang ke kantor Dirjen Perhubungan Darat. Dirjen ini akan membuatkan Surat Persetujuan Prinsip (SPP). Surat ini berguna untuk proses pengajuan di Dinas yang membidangi perizinan di tempat Anda. Gunakan dan ajukan permohonan Izin tersebut, dan Anda pun akan segera mendapatkan Izin Usaha Travel Mobil. Itulah cara mengurus Izin Usaha Travel Mobil. 

Begitulah, cara untuk membuat bisnis travel dalam manajemen kepariwisataan. Semoga bermanfaat bagi kita semua, terutama pebisnis yang memiliki hobi bejalan-jalan sebagai traveler untuk mencari tau destinasi wisata terbaru.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS