Ticker

6/recent/ticker-posts

Adab Berpakaian Orang Minangkabau

 


 

Nama : Hasanah Yolanda

Prodi  : Sastra Minangkabau

 

 

Pakaian adalah bahan tekstil dan serat yang digunakan sebagai penutup tubuh. Pakaian merupakan kebutuhan pokok manusia selain makanan dan tempat berteduh/tempat tinggal (rumah). Manusia membutuhkan pakaian untuk melindungi dan menutup dirinya. Namun seiring dengan perkembangan kehidupan manusia, pakaian juga digunakan sebagai simbol status, jabatan, ataupun kedudukan seseorang yang memakainya.

 

Perkembangan dan jenis-jenis pakaian tergantung pada adat-istiadat, kebiasaan, dan budaya yang memiliki ciri khas masing-masing. Pakaian juga meningkatkan keamanan selama kegiatan berbahaya seperti hiking dan memasak, dengan memberikan penghalang antara kulit dan lingkungan. Pakaian juga memberikan penghalang higienis, menjaga toksin dari badan dan membatasi penularan kuman.

 

Pakaian secara umum dipahami sebagai “alat” untuk melindungi tubuh atau “fasilitas“ untuk memperindah penampilan. Tetapi selain untuk memenuhi dua fungsi tersebut, pakaian pun dapat berfungsi sebagai “alat” komunikasi yang non-verbal, karena pakaian mengandug simbol-simbol yang memiliki beragam makna. (Muhammad Mutawali Sya‟wari, 2004: 471)

 

Islam menganggap pakaian yang dikenakan adalah simbol identitas, jati diri, kehormatan dan kesederhanaan bagi seseorang, yang dapat melindungi dari berbagai bahaya yang mungkin mengancam dirinya. Karena itu dalam islam pakaian memiliki karakteristik yang sangat jauh dari tujuan yang mengarah pada pelecehan penciptaan makhluk Allah.

 

Islam menganjurkan kepada kita untuk menutupi aurat. Aurat adalah bagian tubuh manusia yang tidak boleh dibuka atau terlihat oleh orang lain yang bukan mahramnya. Aurat laki-laki dan perempuan berbeda dan islam mengatur ketentuannya. Aurat laki-laki dewasa yaitu antara pusar dan lutut, sedangkan aurat perempuan adalah seluruh tubuhnya, kecuali wajah dan telapak tangan. Itulah sebabnya ketika shalat, hanya bagian itu sajalah yang terlihat. (Endang Zaenal dan Nurlailah, 2016: 29)

 

Fungsi pakaian menurut Islam secara umum yakni untuk mengangkat derajat, harta dan martabat seorang manusia, baik di mata Allah maupun manusia lainnya. Dalam ilmu Islam juga mengajarkan bahwa pakaian memiliki dua kedudukan, yaitu sebagai penutup aurat dan sebagai sesuatu untuk memperindah diri.

 

Adat istiadat yang ada di Indonesia memiliki beragam jenis. Ada banyak acara yang digelar yang mana setiap acara memiliki tujuan masing-masing. Karena tujuan dari setiap acara berbeda-beda itulah, ada banyak pakaian adat dalam satu daerah, termasuk Sumatera Barat.

 

Fungsi pakaian adat utamanya adalah untuk mengenalkan identitas budaya yang sedang ditampilkan. Pakaian adat seringkali menjadi simbol budaya, karakter penduduk daerah, keyakinan penduduk daerah, dan histori.

 

Ciri khas pakaian adat Sumatera Barat adalah tampak mewah, kain tenun, dan melibatkan emas. Sementara untuk wanita seringkali menggunakan penutup kepala yang menyerupai atap Rumah Gadang. Siapa saja yang melihat pasti sudah bisa menebak dengan mudah dari daerah mana setelah pakaian adat ini.

 

Pakaian adat perempuan harus sesuai dengan estetika, dan akhlak secara Islam, karena Minangkabau mempunyai filosofi di Minangkabau, Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah (ABS-SKB), maka pakaian perempuan Minang harus menutup aurat, kata Gubernur saat membuka acara sosialisasi Pakaian Tradisi Perempuan Minangkabau.

Seperti yang dikatakan oleh Ketua Bundo Kanduang Sumatera Barat, Puti Reno Raudha Thaib, pakaian perempuan Minang pada intinya merupakan pakaian yang menutup aurat. Namun, pakaian yang dikenakan tidak hanya sekedar pakaian biasa, tapi memiliki filosofi yang berdasarkan  karakter dari masing-masing nagari di Sumatera Barat.menyebutkan, setidaknya ada sekira 600 model pakaian perempuan Minang yang tersebar di sejumlah nagari di Sumatera Barat. Adanya perbedaan model pakaian perempuan Minang ini, karena pengaruh tempat tinggal atau karakter dari masyarakatnya.

 

Pakaian adat Minangkabau yang paling populer adalah Bundo Kanduang. Biasanya, pakaian adat ini digunakan dalam acara pernikahan dalam budaya Sumatera Barat. Pakaian tradisional ini terdiri sari tengkuluk (penutup kepala), baju kurung, kain selempang, kain sarung, dan perhiasan (kalung dan anting). Pakaian ini khusus diperuntukkan oleh perempuan yang diangkat menjadi bundo kanduang.

Selain itu, pakaian adat ini memiliki ciri khas dengan penutup kepalanya atau disebut dengan tengkuluk.

 

Baju kurung basiba dikenal sebagai pakaian adat perempuan Minangkabau. Secara definisi baju kurung basiba menurut Imelda (2016) adalah pakaian adat  khas perempuan Minangkabau yang bentuknya longgar dan panjang sampai ke lutut. Mempunyai siba, kikik pada ketiak dan lengannya panjang sampai pergelangan tangan, leher tanpa kerah dan bagian depan  sedkit dibelah sebatas dada.

 

Saat ini hal biasa kita melihat pakaian tradisional perempuan Minangkabau yang tidak lagi sesuai dengan falsafah yang dianut. Bahkan banyak para desainer yang terlalu berkreasi sehingga melanggar nilai-nilai kesopanan yang dimiliki masyarakat Minangkabau dengan mengatasnamakan seni. Hendaknya hal itu diberi penjelasan pada berbagai forum diskusi dengan melibatkan berbagai lini agar nilai-nilai tradisi yang terdapat dalam pakaian tersebut tidak luntur. Adanya penjelasan bagaimana pakaian perempuan Minangkabau bisa di kreasi tanpa menghilangkan nilai-nilai di dalamnya. Akhirnya, kedepannya kita dapat melestarikan baju kuruang basiba dalam kehidupan ini [ Penulis adalah peneliti di Kantor Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat].

 

Di dalam adat Sumatera Barat, pakaian yang digunakan oleh kaum laki-laki disebut dengan pakaian adat Penghulu.Pakaian ini dipakai oleh pemangku adat sebagai pakaian kebesaran yang pemakaiannya diatur sesuai dengan tata caranya. Tata cara ini digariskan oleh adat pakaian Penghulu dalam adat Sumatera Barat yang terdiri dari destar, sarawa, sesamping, sandang, keris, dan tongkat. Namun saat ini pakaian penghulu sudah banyak perubahan sehingga bisa dipakai dalam acara resmi.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS