Ticker

6/recent/ticker-posts

Gubernur Mahyeldi Tinjau Ketersediaan Stok dan Harga Bahan Pokok di Pasar Bawah Bukittinggi

 


Gubernur Mahyeldi Tinjau Ketersediaan Stok dan Harga Bahan Pokok di Pasar Bawah Bukittinggi


Dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1444 Hijriyah, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah melakukan peninjauan bahan pokok ke Pasar Bawah Bukittinggi, Jumat (31/3/2023).


Kunjungan orang nomor satu di Sumbar tersebut dalam rangka memantau ketersediaan dan kestabilan harga bahan pokok menjelang hari raya Idul.





Mahyeldi mengatakan, berdasarkan pengamatan di Pasar Bawah Bukittinggi, rata-rata semua bahan pokok tersedia dengan cukup dan harganyapun terjangkau, ia menyebut kestabilan seperti ini penting apalagi menjelang hari raya Idul Fitri.


“Alhamdulillah, semua kebutuhan pokok tersedia dengan cukup, belum ada kenaikan harga yang sinifikan. Sampai saat ini relatif masih terjangkau,” sebut Mahyeldi.





Ia menyebut, memang ada beberapa komoditas yang saat ini harganya sedikit bergerak naik seperti telur, minyak goreng dan daging. Tapi itu, masih tergolong wajar karena pengaruh tingginya permintaan pasar. Mengingat tradisi masyarakat di Sumbar yang jamak melakukan do’a bersama jelang memasuki bulan ramadhan.


 

“Memang ada beberapa komoditas yang harganya sedikit bergerak naik, tapi itu masih wajar dan terjangkau karena pengaruh tingginya permintaan pasar di bulan suci ramadhan dan hari raya Idul Fitri. Mudah-mudahan dalam waktu dekat akan segera stabil kembali,” ujarnya.


Di samping itu, Gubernur mendapat laporan dari pedagang, kalau stok minyak goreng terbilang aman, akan tetapi minyak goreng subsidi Minyak Kita agak sulit ditemui. Menyikapi hal tersebut, Gubernur berjanji akan menugaskan Disperindag Prov. Sumbar untuk membahas hal tersebut dengan para suplayer, agar segera ada solusi sehingga ketersediaan barang dipasaran dapat kembali normal.



“Tadi ada laporan, bahwa ada kelangkaan minyak goreng subsidi Minyakita yang langka di pasaran. Harus segera ada solusi, jangan lama. Saya minta, Disperindag Provinsi segera bahas dengan suplayer apa masalah sebenarnya,” ungkapnya.


  

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perindag Sumbar yang diwakili Kabid Perdagangan Ridonald mengatakan, kelangkaan Minyakita di pasaran dikarenakan kuota yang diberikan terbatas. “Kuota Minyakita yang diberikan kepada kita tidak banyak dan terbatas. Sementara kebutuhan masyarakat meningkat selama puasa dan menyambut idul fitri” ujar Ridonald.


Menurut Ridonald secara keseluruhan stok bahan pokok di pasar-pasar di Sumatera Barat masih stabil.


Dalam peninjauan tersebut, gubernur didampingi oleh Wakil Walikota Bukittinggi Marfendi, Kadisperindag Kota Bukittinggi Wahyu, Kabid Perdagangan Disperindag Sumbar Ridonald SE, M.Si dan Analis Perdagangan Jonhar

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS