Ticker

6/recent/ticker-posts

Tingkatkan Peran Pemangku Adat, Zarfi Deson Fasilitasi Bimtek yang Diikuti 120 Peserta

 


Tingkat Peran Pemangku Adat, Zarfi Deson Fasilitasi Bimtek yang Diikuti 120 Peserta




Padang -- Babak awal kepedulian tentang adat dan budaya di Pesisir Selatan diawali dengan kegiatan Bimbingan Teknis Pemangku Adat, Anggota DPRD Sumbar dapil Pessel dan Mentawai, Zarfi Deson menfasilitasi sebanyak 120 pemangku adat mengikuti Bimtek yang digelar Dinas Kebudayaan Sumbar, Sabtu hingga Senin (18-20/2/2023).


Sebuah spanduk bertuliskan "Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Pemangku Adat" terpampang besar dalam suatu ruangan di Axana Hotel, Padang, Sabtu (18/2) lalu. Pembentangan spanduk itu adalah menandai pelaksanaan pembukaan kegiatan Bimtek tersebut.


Pembukaan Bimtekpun berjalan lancar menyusul setelah laporan dari ketua panitia Ridho menyampaikan laporanya. 



Pada kesempatan tersebut, Zarfi Deson dari Komisi III DPRD Sumbar mengatakan dalam menghadapi persoalan yang muncul di tengah-tengah masyarakat di Pesisir Selatan salah satu upaya yang mesti dilakukan adalah menfungsikan dan meningkatkan peran pemangku adat.


"Peran pemangku adat dalam keseharian saat ini kurang maksimal berjalan sebagaimana mestinya. Untuk hal itu perlu penguatan kembali wawasan pemangku adat, baik para niniak mamak, cadiak pandai. Alhamdulillan, usaha tersebut mendapat respon positif dengan antusiasnya peserta mengikuti Bimtek ini,' ujar Zarfi Deson kepada media ini, Senin (20/2/2023).


Bimtek itu memang menjadikan penambahan wawasan bagi pemangku adat yang hadir, seperti yang dalam sambutan salah seorang Kabid Disbud yang mewakili Kadisbud mengatakan, Dinas Kebudayaan menghadirkan Yus Dt Perpatih, Raudha Thaib dan lainnya.


Kegiatan bimtek ini diharapkan menjadi sarana mengingatkan kembali fungsi dan peran pemangku adat di Pessel Dengan adanya Bimtek ini maka tugas dan fungsi pemangku adat dapat dipahami dan dilestarikan. (A)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS