Ticker

6/recent/ticker-posts

Tradisi balimau

 Oleh : Afri waldi harman dari universitas Andalas 


Hampir setiap tahun, Balimau masih menjadi sebuah tradisi di tengah masyarakat Minangkabau dalam menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan.Biasanya kegiatan yang telah berlangsung sejak berabad-abad ini dilakukan pada kawasan tertentu yang memiliki aliran sungai, dan tempat pemandian dengan batasan-batasan tertentu menggunakan Limau. 

Penggunaan Limau atau jeruk nipis ini sebagai pengganti sabun bagi masyarakat tempo dulu untuk membersihkan seluruh anggota tubuh bagian luar.Bahan jeruk nipis ini masih dicampur lagi dengan rempah-rempah dan ramuan bunga, air ini lah yang dibasuh ke sekujur badan.

Dahulunya, balimau ini dimulai dengan niat semata-mata mensucikan diri sekaligus sebagai bentuk rasa syukur kepada sang pencipta, karena masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk menjalani ibadah puasa. 

Sekarang ini, Balimau menjadi tradisi hampir di seluruh wilayah di Sumatera Barat. Seperti di Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Tradisi Balimau ini kembali digelar masyarakat di Pasaman khusus nya daerah yang memiliki aliran sungai.

Jika dahulunya, Balimau biasanya dilakukan di rumah-rumah atau kawasan tertentu pada sore hari menjelang pelaksanaan Shalat tarawih pertama di Bulan Ramadhan. Namun sekarang, Tradisi Balimau sedikit bergeser, dan telah banyak dilakukan masyarakat terutama yang masih remaja dan anak-anak, di sungai tempat rekreasi dan di tempat pemandian umum lainnya.

Selain di Pasaman, Tradisi Balimau ini juga dilaksanakan oleh masyarakat di luar Pasaman khusus nya di Sumatra barat, seperti di Pemandian Lubuk Minturun, Pantai Padang, Pantai Aia Manih dan sebagainya.

Tradisi Balimau ini juga dilaksanakan warga masyarakat di luar Sumbar. Diantaranya Riau, Bengkulu Lampung, Sumatera Utara seperti Kota Sibolga, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) dan Kota Medan.

Di kabupaten/kota Provinsi Sumatera Utara ini masyarakat setempat biasanya menyebut dengan Balimau-limau atau Marpangir (Mandi ramuan).

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS