Ticker

6/recent/ticker-posts

PENGETAHUAN MENGENAI SONGKET MINANGKABAU

foto dok


Oleh : Ihsan Nur Rahmadhan

Jurusan Sastra Daerah Minangkabau


Songket Minangkabau adalah kain tenun tradisional jenis songket yang berasal dari Minangkabau. Songket telah menjadi identitas budaya dalam tradisi Minangkabau. Kain songket digunakan sebagai bahan pakaian maupun bahan pembuatan kerajinan tangan lainnya. Terdapat beragam jenis motif serta filosofi dalam setiap motifnya dan telah diwarisi secara turun temurun hingga terpakai dalam acara adat.

Dahulu ada banyak sentra songket Minangkabau di Sumatra Barat. Di antara sentra songket yang terkenal yaitu Pandai Sikek, Silungkang, dan Kubang. Songket Minangkabau sudah pernah menjadi tema gambar pada uang kertas rupiah emisi 2011, yaitu gambar penenun songket Pandai Sikek. 

Sentra songket

Penenun Songket Pandai Sikek pada uang kertas 5000 rupiah.

Perkembangan tenun songket di Minangkabau tidak salamanya berjalan baik. Karena berbagai peristiwa sejarah, mampengaruhi perkembangan sentra-sentra songket yang mengalami pasang surut sesuai kondisi zaman. Sejak tahun 1960-an, sudah mulai bangkit kembali sentra songket di Sumatra Barat yang sempat redup. Pada tahun 2000-an, songket semakin terkenal di Indonesia karena sudah dijadikan elemen trend fashion hingga sekarang. 

Di antara sentra-sentra songket Minangkabau yang pernah atau masih aktif, sebagai berikut:

Luhak Tanah Datar : Pandai Sikek, Koto Baru, Padangpanjang, Gunuang, Batipuah, Padang Magek, Batusangka, Tanjuang Sungayang, Lintau, Pariangan, Pitalah

Luhak Agam : Koto Gadang, Kamang, Canduang, Ampek Angkek

Luhak Limapuluh Kota (Payakumbuh) : Kubang, Balai Cancang, Koto nan Ampek, Halaban, Ampalu

Sawahlunto : Silungkang

Solok Selatan : Muara Labuh

Sejarah dari songket Minangkabau sendiri berasal dari kerajaan Sriwijaya yang kemudian dikembangkan melalui kerajaan Melayu sampai akhirnya masuk ke ranah Minang. Songket tercipta sebagai alat ekspresi karena orang-orang Minang pada jaman dahulu tidak bisa menulis dan akhirnya mereka pun mengekspresikan perasaan mereka ke dalam songket sehingga masing-masing songket punya arti dan makna yang berbeda-beda.

Sebagai ciri khas kain di Minangkabau atau Sumatera Barat, kain songket yang terkenal di Sumatera Barat adalah “Songket Pandai Sikek dan Songket Silungkan”. Nama ke dua songket ini diambil dari nama daerah atau tempat kain ini berasal yaitu Pandai Sikek di Tanah Datar dan Silungkan di Sawahlunto.

Pucuk Rebung Yang Legendaris

Songket Minangkabau adalah salah satu bentuk senirupa tradisional yang unik. Seni-tenun ini cukup rumit dan membutuhkan ketelitian serta ketekunan dalam proses penenunannya. Selain itu, ragam-hias atau motif songket Minangkabau tidak hanya sekadar hiasan atau ornamen. Motif atau ragam-hias songket Minangkabau masing-masing memiliki nama dan makna yaitu tentang perjalanan kebudayaan dan masyarakat Minangkabau.

Motif-motif songket Minangkabau ditampilkan dengan wujud simbol-simbol alam terutama tumbuhan yang kaya makna tersurat dan tersirat. Motif-motif songket kerap diberi nama tumbuh-tumbuhan, binatang ataupun benda-benda yang ada di alam sekitar. Misalnya motif Bungo Malur, Kudo-Kudo, Kain Balapak Gadang, Pucuak Ranggo Patai, Pucuak Jawa, Pucuak Kelapa, dan banyak lagi.

Motif hiasan tepi kain tenun pun diberi nama, seperti Bungo Tanjung, Lintahu Bapatah, Bareh Diatua, Ula Gerang, dan sebagainya. Layaknya motif wastra Nusantara yang sarat makna, motif-motif songket Silungkang pun bertabur filosofi.

Ciri Khas Kain Songket

Kain songket khas Minangkabau memiliki beberapa ciri khas yang membedakan dengan kain tenun lainnya diantaranya adalah:

Berikut ini ada beberapa ciri khas yang dimiliki oleh Kain Songket Minangkabau.

Tenunan Yang Rapi

Bila diperhatikan dengan teliti pada tampilan permukaannya, Kain Songket Minangkabau memiliki tenunan yang cukup rapi dan komplek. Bahkan beberapa orang mengatakan sulit untuk membedakan antara tampilan bagian depan dan belakangnya karena sama-sama terlihat nampak detail.

Warna Yang Khas

Untuk warnanya sendiri, Kain Songket Minangkabau biasanya hadir dengan pilihan warna sesuai dengan pakem tertentu. Warna dasarnya biasanya menggunakan warna merah, biru, dan kuning (satu warna saja). Sementara, untuk warna untuk pola atau pattern dari motif menggunakan warna silver atau perak yang berkilau. Ini sangat berbeda-beda memang, mengingat kain songket dari daerah lainnya hadir dengan warna-warna yang terkombinasi.

Motif Yang Kaya Akan Filosofi

Songket Minangkabau dikenal memiliki banyak pilihan motif yang tidak hanya menarik namun juga kaya akan makna dan filosofi.

Beberapa motif tersebut, diantaranya:

Kaluak Paku (Pakis), mempunyai filosofi pentingnya intropeksi diri sebagaimana pucuk paku yang bergelung ke dalam dulu sebelum ke luar.

Pucuak Rubuang (Bambu), mempunyai filosofi kehidupan yang berguna sebagaimana bambu yang selalu bisa dimanfaat dari muda sampai tua.

Ilalang Rebah (Rebah), mempunyai filosofi kewaspadaan sebagaimana ilalang yang rebah tidak seharusnya diinjak secara sembarangan karena akarnya yang bersembunyi bisa menjadi ranjau.

Warna yang khas dimana songket Minangkabau biasanya hadir dengan pilihan warna sesuai dengan pakem tertentu. Warna dasarnya biasanya menggunakan warna merah, biru, dan kuning. Sementara untuk warna pola atau pattern dari motif menggunakan warna silver atau perak yang berkilau.

Motif yang kaya akan filosofi songket Minangkabau sendiri dikenal memiliki banyak pilihan motif yang tidak hanya menarik namun juga kaya akan makna dan filosofi.

Motif yang paling populer dan bermakna sakral bagi masyarakat Minangkabau adalah motif Pucuk Rebung atau dalam bahasa lokal disebut Pucuak Rabuang melambangkan sepanjang kehidupan yang berguna. Itu semua tampak pada evolusi rebung (bambu muda) hingga menua yang mencerminkan proses kehidupan manusia menuju pribadi yang bermanfaat. Secara teknis, semakin halus dan rumit motif songketnya, pun makin detail jenis dan ukurannya, akan semakin lama pengerjaannya dan semakin mahal harganya.

Kain songket khas dari Minangkabau ini memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri yang membuatnya terlihat lebih menonjol.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS