Ticker

6/recent/ticker-posts

Mata pencaharian umum masyarakat minang yang menjadi oleh-oleh khas di daerah Aia Bangih



Oleh: Vaneska Yunita Sari 

Mahasiswa jurusan Sastra Minangkabau Unand


Wisata pantai Air Bangis adalah wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. pantai air bangis mempunyai potensi dan keindahan tersendiri pada pantainya. pantai air bangis ini berbtasan langsung dengan samudera indonesia juga dikelilingi oleh perbukitan yang menambah kenidahan panorama pantai. ditambah lagi dengan angin yang bertiup sepoi-sepoi yang membuat anak-anak bermain ditepi pantai, pantai air bangis ini dikategorikan sebagai pantai yang cukup aman bagi anak-anak karena ombaknya yang tidak begitu besar.

Masyarakat minang sangat beragam dan kaya akan pengetahuan yang diturunkan oleh nenek moyang secara turun temurun, mulai dari pengetahuan tentang bercocok tanam, berdagang, hingga pengetahuan-pengetahuan lainnya yang di anggap sebagai pengetahuan yang sangat bernilai bagi masyarakat pada sat dulunya. Dimana pengetahuan-pengetahuan yang diberikan dan diajarkan itu adalah pengetahuan yang berbau dekat dengan alam bersifat alamiah dan tradisional. Dimana alat-alat atau bahan yang digunakan untuk mengerjakan sesuatu menggunakan alat atau bahan yang berasal dari alam sendiri memanfaatkan alam yang ada dan sangat sederhana dalam bentuk dan lainnya.

​Berbeda dengan zaman sekarang ini masyarakat menggunakan alat-alat canggih dalam mengerjakan sesuatu semuanya serba canggih, moderen dan sangat tinggi kualitasnya dibandingkan penemuan pada zaman dahulunya. Sekarang masyarakat menggunakan internet dan jaringan media massa untuk bekerja, seperti menggunakan jaringan-jaringan di media sosial seperti instagram, shopee, tokopedia, lazada, dan masih banyak yang lainnya.

​Nah, berbeda dengan masyarakat Aia Bangih mata pencaharian masyarakat aia bangih kebanyakan adalah nelayan, kenapa demikian ? hal itu dikarenakan tempat tinggal masyarakat Aia Bangih yang dekat dengan laut atau tepi pantai. Sebagian besar mata pencaharian adalah nelayan, nah nelayan terbagi dua ada nelayan yang pergi berlayar ada juga nelayan yang didarat. Nah nelayan yang berkerja didarat ini sangat unik dan menjadi sorotan bagi orang luar yang berkunjung ke daerah Aia Bangih.

Jika mengunjungi daerah aia bangih ini pengunjung bisa melihat atau menyaksikan bagaimana pengolahan ikan asin itu sendiri. masyarakat tepi pantai kebanyakan bermata pencaharian nelayan dan mengolah ikan asin, disana terdapat proses bagaiamana ikan itu ditangkap, kemudian dibelah atau diolah, dan menjadi ikan asin. pengunjung juga bisa membeli atau membawa pulang ikan asin sebagai oleh-oleh dari pantai air bangis. Tidak hanya itu pengunjung yang datang ke pantai aia bangih juga bisa membawa oleh-oleh yang di dapat atau yang bisa di bawa dari pantai air bangis adalah berupa ikan asin. Ikan asin yang ada di pantai air bangis ini diolah secara alami dan di proses asli oleh masyarakat asli air bangis. Pengunjung juga bisa langsung melihat proses bagaiaman ikan asin dikelola mulai dari penangkapan ikannya, pembelahan atau pembersihan ikannya, perendaman dengan air garam selama satu hari satu malam, serta penjemuran dan bagaimana penjemuran yang baik.

Nah pengolahan atau hasil olahan ikan asin ini juga bermacam ragam jenisnya, mulai dari jenis ikannya, tingkat keasinanya, bahkan dalam ukurannya juga berbagai macam jenisnya. Nah dalam jenis ikan-ikan yang diolah untuk dijadikan ikan asin seperti ikan maco, tenggiri, palu-palu, dan masih banyak lagi jenis ikan lainnya. Dari tingkat keasinannya sendiri juga ada yang sedang bahkan ada yang tawar seperti ikan rebus yang diberikan sedikit garam saja dan menggunakan ikan jenis ikan sarden. Nah dalam jenis ukurannya sangat berbeda-beda ada yang ukurannya kecil-kecil, sedang bahkan ada juga yang berukuran besar seperti asinan ikan talang namanya. Ikan talang adalah ikan yang berukuran besar atau dikenal juga dengan budu ikan talang, kenapa dikatakan ikan budu karena dari proses pengolahannya ikan ini dibiarkan membusuk terlebih dahulu sampai benar-benar busuk, jika sudah busuk barulah dibelah dipisahkan antara bagian badan dengan tulangnya, yang ukurannya besar-besar. Tidka hanya ukuran saja yang besar dari harga juga ikan ini yang paling mahal, kenapa karena ikannya yang enak, sulit didapat, dan pengolahannya yang membutuhkan ketelitian dan harus hati-hati, karena pada saat busuk daging ikan ini sangat lunak, jika tidak hati-hati bisa saja dagingnya hancur. Nah asinan budu ikan talang ini sangat terkenal sebagai buah tangan atau oleh-oleh bagi orang-orang yang mau berpergian atau anak rantau yang hendak balik ke perantauan.

tidak hanya pengolahan ikan asin penduduk setempat juga beraktifitas di tepi pantai seperti membuat kapal untuk para nelayan, nah para wisatawan dapat langsung melihat bagaiamana pembuatan kapal mulai dari yang kecil seperti perahu, kemudian kapal kecil atau boat, sampai kepada kapal besar atau bagan.

Tidak hanya sebagai nelayan di daerah aia bangihy masyarakat sekitar juga mempunyai mata pencaharian sebagai petani, berkebun, dan berternak. Masyarakat aia bangih banyak juga yang bermata pencaharian berkebun yaitu berkebun sawit, karena pasaman barat terkenal akan kebun sawit yang ada. Nah tak jarang masyarakat sekitar aia bangih hanya disibukkan oleh mata pencaharian seperti berkebun sawit, bersawah padi, dan lain sebagainya. Harga sawit di daerah aia bangih tidak menentu kadang-kadang diberikan harga tinggi bahkan tak jarang orang atas menurunkan harga sawit serendah-rendahnya sehingga terjadi demo oleh para petani dan masyarakat sekitar.

Mata pencaharian masyarakat daerah aia bangih ini menurut saya adalah mata pencaharian yang perlu disorot untuk di publikasikan ke khalayak ramai, supaya dapat membantu para masyarakat yang kesusahan perekonomiannya, dan mungkin mendapatkan bantuan mata pencaharian yang lain lagi. Pengolahan ikan asin menjadi mata pencaharian utama para masyarakat aia bangih sejak dahulunya, dari nenek moyang hingga sekarang. Dan disana juga banyak terdapat sejarah-sejarah orang-orang dahulu yang hidupnya dekat dengan alam yang mana serba menggunakan dan bergantung dengan alam. Berikut gambarnya :

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS