Ticker

6/recent/ticker-posts

Jenis Jenis Makanan Tradisional Minangkabau


Nama : Oktavia Rizki Fadila 

Jurusan : Sastra Minangkabau 

Universitas Andalas



 

Minuman tradisional khas Padang (Minangkabau) provinsi Sumatera Barat ini memiliki banyak manfaat menjadi bagian dari kekayaan kuliner nusantara. Selain minuman, provinsi Sumatera Barat juga akan dengan masakan atau bias dikatakan dengan kaya dengan kuliner.  Masakan Sumatera Barat adalah gaya memasak yang berkembang di Sumatera Barat. Produk kuliner Sumatera Barat yang dikenal luas di Indonesia dikenal juga dengan masakan Minangkabau, diperkenalkan oleh para pendatang Minangkabau dari berbagai daerah di Sumatera Barat. Ada banyak resep dan varian masakan Sumatera Barat berdasarkan daerah, kota atau daerah antara lain Bukittinggi, Padang, Padang Panjang, Payakumbuh, Solok, Pesisir Selatan, Batusangkar, Agam, Dharmasraya dan masih banyak lagi. Sementara keragaman masakan Minangkabau tidak hanya berasal dari Kota Padang, masakan Sumatera Barat telah dikenal masyarakat sebagai masakan Padang. Masakan Sumatera Barat dikenal menggunakan santan dan daging, serta bumbu dan rempah-rempah untuk rasa pedas.

Berikut nama nama masakan tradisiobal Minangkabau : 

1. Rendang 

Makanan khas Minangkabau yang juga dikenal dan digandrungi oleh berbagai kalangan adalah rendang. Rendang sendiri adalah makanan Minangkabau yang paling terkenal. Makanan ini bahkan dinobatkan sebagai salah satu makanan terlezat di dunia. Rendang adalah daging yang diolah dengan bumbu dan santan. Lalu masak agak lama. Rendang juga mengalami perlawanan selama berminggu-minggu. Rendang merupakan salah satu makanan khas Minan dari Sumatera Barat dan masih terkenal bahkan salah satu makanan terlezat di dunia. Rendang biasanya disajikan pada waktu-waktu tertentu atau hanya pada acara-acara tertentu. Makanan ini memiliki rasa asin dan pedas yang tentunya sangat menggugah selera. Rendangnya enak di campur dengan nasi panas. Bahan-bahan untuk membuat rendang antara lain daging sapi atau kerbau, aneka bumbu dan santan. Rendang membutuhkan waktu berjam-jam untuk dimasak untuk memberikan rasa yang sempurna dan tekstur yang lembut. 


2. Dendeng Balado 

Selain rendang, daerah Sumatera Barat juga dikenal dengan makanan yang bernama dendenbarado. Seperti halnya rendang, dendeng juga diolah dari daging sapi mentah atau daging kerbau dengan bumbu balado. Dendeng Balado adalah tempat daging dimasak terlebih dahulu, kemudian diiris dan dijemur. Setelah kering, bumbu balado dimasak dengan bahan utama seperti cabai, daun bawang, dan beberapa bumbu lainnya.Bila bumbu sudah siap, daging sudah tercampur dengan bumbu dan dendeng sapi sudah bisa dinikmati.


3. Sate Padang 

Sajian daging olahan lainnya di Sumatera Barat adalah Sate Padang. Sebagian orang pasti kesulitan membedakan sate padang karena bentuknya yang berbeda. Jangan bingung Sobat Pesona, karena ada tiga jenis sate padang yaitu sate padang, sate padang panjang dan sate pariaman. Selain asalnya yang berbeda, ketiga jenis sate ini juga muncul dalam masakan sambal kacang yang berbeda. Sate Padang menggunakan selai kacang kental yang bentuknya seperti bubur. Sate Pariaman memiliki kuah yang berwarna merah. Sedangkan sate padang panjang biasanya disajikan dengan bumbu sate kuning. 


4. Gulai Tunjang

Sumatera Barat memang merupakan daerah yang terkenal memiliki berbagai macam produk gulai yang lezat, dan tentunya sangat menggugah selera. Salah satu hidangan kari terkenal lainnya adalah Gulai Tunjang. Kari ini dibuat dengan kerikil dan tulang rawan yang dicampur dengan bumbu kari. Rasa masakan ini sedikit kenyal dan didominasi rasa pedas dan gurih.

 

5. Nasi kapau

Asal usul Nasi Lemak adalah Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Nasi Kapau adalah campuran nasi putih, sayuran dan lauk pauk. Lauk pauk yang biasanya disajikan dengan nasi kabo sendiri merupakan lauk pauk khas kabo. Tidak hanya terkenal di Sumatera Barat kelezatan ini, bahkan di wilayah Medan terdapat beberapa rumah makan keluarga di Sumatera Utara yang menyajikan kabomi khas yang tampilannya sama dengan yang ada di Sumatera Barat. 


6. Bebek Lado Mudo 

Apakah Anda pernah makan makanan khas Sumatera Barat - itiak lado mudo? Masakan olahan daging bebek merupakan salah satu kelezatan khas daerah Agam,  Sumatera Barat. Tahukah Anda, itak lado mudo hadir dengan rasa pedas dan gurih serta disebut-sebut sebagai menu favorit wisatawan lokal maupun manca negara. Nah, kalau ke Ngarai Sianok wajib makan kelezatan yang satu ini, ya. Ada sebuah restoran terutama itiak lado mudo yang selalu dipadati wisatawan. Pemandangan Ngarai Shanoke yang menakjubkan bisa dinikmati sambil menyantap bebek radomodo yang lezat. 


7. Ikan Asam Padeh

Di Sumatera Barat, rasanya tidak lengkap tanpa mencoba ikan asam padeh. Menu ini juga dikenal sebagai ikan asam pedas di Indonesia. Sajian pedas dan asam ini siap menghadirkan sensasi segar di lidah dan perut Anda, Pesona Pesona. Tidak terbatas pada satu jenis ikan saja, menu ikan pad asem bisa menggunakan berbagai jenis ikan, mulai dari tuna, kakap, cumi, gurame hingga tenggiri. Tidak sabar untuk mencobanya? Teman-teman di Pesona bisa langsung menuju ke daerah Solok, Padang Panjang atau Pariaman untuk menikmati fillet ikan asam pedas yang autentik.


8. Gajabo 

Gajebo adalah salah satu jenis gulai Minang Khas yang direkomendasikan. Nama lainnya adalah daging sapi brisket. Bahan utama dalam kari ini adalah daging sapi. Tapi tidak hanya menggunakan daging sapi saja. Tapi daging di punuk. Daging di bagian ini banyak mengandung lemak, sehingga menambah kenikmatan gulai gajebo. Untuk kuahnya jangan pakai santan, lho! Berbeda dengan kari biasa. Jadi bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi, makanan ini relatif aman untuk dikonsumsi. Rasa kari ini enak dan pedas.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS