Ticker

6/recent/ticker-posts

BASARNAS DAERAH KOTA PADANG DIGELAR DALAM RAPAT KOORDINASI ( RAKOR ). PENCARIAN DAN PERTOLONGAN DAERAH TAHUN 2022



Rapat Koordinasi Pencarian & Pertolongan Daerah Tahun 2022. Dibuka Langsung Marsekal Muda TNI. F Indrajaya, S.E.,M.M. Selaku Plt. Deputi Bidang Operasi & Kesiapsiagaan Badan Nasional Pencarian & Pertolongan. Yang diikuti Oleh 40 Instansi Terkait di Propinsi Sumbar & Kota Padang. (Data Terlampir).



Kegiatan Ini dilaksanakan atas dasar UU No.29 Tahun 2014 Tentang Pencarian & Pertolongan serta Program Kerja Kantor Pencarian & Pertolongan Kelas A Padang (Basarnas) tujuan dilaksanakan kegiatan ini Menainergikan Pelayanan Operasi Pencarian dan Pertolongan di Kecelakaan Kapal Di Perairan & Penanganan Evakuasi Korban Di Reruntuhan Bangunan di Wilayah Kota Padang.


Kegiatan Dilaksanakan mulai tanggal 15 s/d 16 Pebruari 2022 di Hotel Pangeran Beach Kota Padang. Diawali dengan Upacara Pembukaan yang di hadiri -/+ 40 Peserta, 40 Undangan Pimpinan Instansi dari Peserta Rakor, Forkompida Sumatra Barat ( Kepala Kantor Pencarian & Pertolongan Kelas A Padang, Danlanud, Komandan Satrol, Komandan Danyon Marinir), Perwakilan Polda Sumbar, Korem, Direktur Rumah Sakit Se Kota Padang, Swasta, Bumi serta Relawan di Kota Padang. Dengan jumlah yang menghadiri-/+ 150 orang.


Seluruh Peserta yang mengikuti Rakor Ini terlebih dahulu dilaksanakan Test Antigen C19 jika sdh dipastikan Non Reaktif baru diizinkan untuk Melaksanakan Registrasi dan mengikuti kegiatan hingga Selesai. 


Dalam Sesi berikutnya setelah pembukaan  dilaksanakan pembagian 2 Komisi guna Menyusun  2 Naskah Rencana Kontijensi 


1. Rekon Penanganan Kecelakaan Kapal Di Perairan Kota Padang.


2. Rekon  Penanganan Evakuasi Korban di Bangunan Runtuh.


Penyusunan  rekon ini di sinergikan dengan seluruh Steakholder yg terkait dan yang mempunyai kemampuan dalam membantu Penanganan Di kedua Jenis Operasi SAR Tersebut.


Selain Output berupa Naskah dan rencananya Besok  ( 16/02) yq Akan di Sahkan bersama2. Nantinya tidak hanya berhenti di situ saja. Naskah yang disepakati Bersama ini Nantinya Akan di Uji dengan pelaksanaan Latihan Pencarian & Pertolongan yg rencananya akan dilaksanakan minggu ke 2 Bulan Maret yang bersifat Drill atau Latihan Real (Bukan Demo/Simulasi) Bersekala Besar dan akan melibatkan -/+ 200 Personil dari Berbagai Instansi yang terlibat Dalam Rakor Ini dan akan melibatkan-/+ 25 Alut SAR Air & Darat, sehingga Yang nanti terlihat apakah Naskah ini Realiabel dan Konstinten dengan apa yang menjadi hasilnya nanti setelah di uji.


Marsekal Muda TNI. F Indrajaya, S.E.,M.M. Selaku Plt. Deputi Bidang Operasi & Kesiapsiagaan Badan Nasional Pencarian & Pertolongan dalam keterangan Rakor Ini juga menjadi wadah saling bertukar pikiran serta saringan knowledge diantar Instansi Terkait sehingga terjadi Sinergitas Dan sesuai UU No.29 Tahun 2014 Basarnas Adalah menjadi Leading Sector dalam Pelaksanaan Operasi SAR _(Search And Reecue)_ di seluruh wilayah Indonesi.


Pada hari sebelumnya ( 14/02) Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy turut hadir menjemput Audy JoinaldyMarsekal Muda TNI. F Indrajaya, S.E.,M.M. Selaku Plt. Deputi Bidang Operasi & Kesiapsiagaan Badan Nasional Pencarian & Pertolongan  Di VVIP Room Bandara MIB bersama, Kepala Kantor Pencarian & Pertolongan Kelas A Padang (Basarnas), GM.AP, K.BMKG, GM Air Nav, Kadisops Lanud,  Pejabat Di Lingkungan Basarnas Padang serta pimpinan  Lainnya.


Wagub Sumbar Berkoordinasi dengan Marsekal Muda TNI. F Indrajaya, S.E.,M.M. Selaku Plt. Deputi Bidang Operasi & Kesiapsiagaan Badan Nasional Pencarian & Pertolongan  membahas langka2 strategis dalam penangan Dan Pelaksanaan Operasi SAR DI wilayah Sumbar.


Renca Giat Akan Di Hadiri dan ditutup Langsung Oleh Bapak Wakil Gubernur Sumatera Barat  esok hari sekaligus menandatangani Halaman Pengesahan kedua Naskah Rekon Tersebut di hadiri oleh Forkompida Sumbar. (Oct

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS