Ticker

6/recent/ticker-posts

Yayasan Hang Tuah Tuntaskan Implementasi Profil Pelajar Pancasila Pasca Erupsi Gunung Semeru



Surabaya,(25/01)


Meskipun penanganan pasca gempa Semeru perlahan-lahan kian menurun sesuai dengan kondisi yang semakin membaik, Yayasan Hang Tuah tetap memberikan sumbangsih pemikiran yang di miliki. Hal ini ditandai dengan hadirnya perwakilan dari Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut  SMK KAL-1 Surabaya dan SMP Hang Tuah 5 Sidoarjo ,(25/01/22) untuk melaksanakan bakti Sosial di lokasi pengungsian.


Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya, Kolonel Laut (KH) Drs. Ambar Kristiyanto, M.Si memimpin langsung pelaksanaan bakti sosial tersebut di Desa Sumber Mujur  Banjar Rejo Barat  Candipuro Lumajang dengan melibatkan Siswa-siswa SMK KAL-1 KAL-1 Surabaya  jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik  yang langsung melaksanakan pemasangan instalasi listrik di rumah hunian sementara pengungsian yang sedang dibangun oleh Pemerintah Daerah setempat.


Yang menarik dalam baksos kali ini, Yayasan Hang Tuah juga  menghadirkan tim futsal dari SMP Hang Tuah 5 Sidoarjo untuk melaksanakan pertandingan persahabatan dengan anak-anak di pengusngsian serta memmberi bekal  pengetahuan kepada anak siswa kelas 1 SD yang berada di tenda pengungsian. Kehadiran  Tim dari Yayasan Hang Tuah yang ke tiga kalinya ini merupakan bentuk dari implemenrtasi  Profil pelajar Pancasila.


Dari 6 dimensi Profil Palajar Pancasila yang telah di canangkan oleh Kemendikbut Ristek Nadiem Makarim, Yayasan Hang Tuah menjabarkan dengan kerja nyata di pengungunsian pasca erupsi Semeru di Lumajang Jawa Timur.


 Selama 3 kali Guru, siswa dan Karyawan  Yayasan Hang Tuah telah melibatkan diri berperan secara aktif, mereka bekerja bersama-sama dengan instasi lain/ para relawan yang berasal dari berbagai  daerah.

 

Pada periode pertama Yayasan Hang Tuah secara mandiri telah mengkondisikan Satuan-satuan pendidikan dari tingat TK,SD,SMP,SMA dan SMK untuk mencoba membangkitkan semangat, menggugah hati nurani membantu saudara-saudara kita yang sedang mengalami musibah di Gunung Semeru. 


 34 Satuan Pendidikan yang berada di Surabaya-Sidoarjo berhasil mengumpulkan dana  mandiri yang akan di salurkan ke Semeru, Kemudian saat  berada di lokasi pengungsian para pendidik / guru TK dari Yayasan Hang Tuah juga mengatasi trauma healing kepada siswa berusia dini/ TK, memberikan pembelajaran religi secara efektif dengan    penyampaian yang menarik, mengajari doa-doa kepada siswa, juga memberi nuansa baru  berupa hidangan makanan ala produk hotel sehingga menjadi menarik untuk mencoba menikmati hidangan yang di seting dari SMA Hang Tuah 1 Plus Perhotelan.


Belum lagi kehadiran siswa-siswa SMK KAl-1 jurusan Teknik Insytalasi Listrik yang mencoba memberikan sumbangsih tenaga pemikirannya  dengan memasang instalasi listrik di  dua rumah hunian sementara pengungsi yang sedang di bangun .   Salah satu rumah yang berhasil di pasang instalai listriknya telah mendapat restu dari Yayuk Sri Rahayu, S.Pd  Kepala Desa  Sumber Mujur  dan satu rumah lagi atas ijin  Mabrur relawan Bakti  Pramuka Peduli Semeru Jawa Timur yang juga menangani pembangunan rumah hunian sementara  tersebut.


Tidak  ketinggalan siswa-siswi SMP Hang Tuah 5  juga turut andil memberikan pencerahan kepada siswa SD yang berada di lokasi pengungsian dengan permainan dan tebak tepat sehingga  mereka merasa terhibur dan senang atas kehadiran dari keluarga besar Yayasan Hang Tuah. Disamping itiu juga dilaksanakan pertandingan persahabatan futsal dan bola voli yang dapat memanbah keakrapan mereka ,  mereka merasa senang mendapat perhatian khusus dari keluarga besar Yayasan Hang Tuah. Bahkan sebelum bermain futsal dan bola voli mereka secara cuma-cuma di berikan kostum sehingga menambah semangat bertanding.


Dengan pelaksanaan silaturahmi Yayasan Hang Tuah yang ke tiga kalinya ini, lengkaplah sudah penguatan keimanan .kebersamaan, kemandirian , kekompakan, gotong royong yang penuh dengan inovasi dan kreasi yang di suguhkan seluruh guru, siswa dan karyawan Yayasan Hang Tuah pasca erupsi gunung Semeru(yht/dar).

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS