Ticker

6/recent/ticker-posts

Jadi Irup Pada HAB Ke 76, Wakil Gubernur Sumbar : Kementerian Agama Hadir sebagai Payung Untuk Semua Umat Beragama

wakil Gubernur Sumbar Audy Jonaldy menyerahkan bingkisan kepada duta HAB ke 76 bertempat dikemenag Sumbar senen 3/1 foto risna



Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) menggema di seluruh penjuru nusantara. Jajaran Kementerian Agama se Indonesia bersuka cita menyambut hari lahir ke 76 yang jatuh setiap tanggal 3 Januari. Tak terkecuali Kantor Wilayah (Kanwl) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatra Barat.


Puncak peringatan hari amal bhakti ke 76 ditandai dengan pelaksanaan upacara, Senin (03/01/22) di Halaman Kanwil Kemenag Sumbar. Bertindak sebagai Inspektur upacara Wakil Gubernur Sumatra Barat, Audy Joinaldi didampingi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat, H. Helmi beserta seluruh jajaran.


Upacara ini juga dihadiri mantan Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Dalimi Abdullah beserta Buya Bagindo M. Letter dan sesepuh Kementerian Agama lainnya, Ketua Dharmawanita, Ny. Nazifah Helmi beserta pengurus, Sementara peserta upacara berasal dari ASN Kanwil Kemenag Sumbar, Kemenag Kota Padang dan perwakilan madrasah.


Pada kesempatan itu Audy menyampaikan, sejak dibentuk tanggal 3 Januari 1946 hingga hari ini, Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah   yang   mempunyai   peran   penting   dan strategis    dalam    meningkatkan    pemahaman    dan pengamalan ajaran agama. Serta mewujudkan tatanan kehidupan   beragama   yang   toleran   dan   ramah   bagi semua. 


“Pada setiap  Hari Amal  Bakti, tanggal  3 Januari, dicanangkan  sebagai Kick Off pelaksanaan program atau kegiatan tahun berjalan,” ungkap wakil gubernur di hadapan jajaran Kanwil Kementerian Agama. 


“Kementerian   Agama  telah  hadir  sebagai  payung teduh  bagi semua  unsur  umat  beragama,  memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya,   dan   menjaga   Pancasila,   konstitusi,   dan Negara  Kesatuan  Republik  Indonesia  untuk tetap dalam jalurnya,” imbuh Audy.


Hal tersebut lanjut wagub, dibuktikan  dengan naiknya Indeks Kesalehan  Umat Beragama  dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi   83,92   pada  tahun   2021.   Indeks   Kerukunan Umat   Beragama   juga   mengalami   peningkatan   yang semula   tahun   2020   sebesar   67,46   menjadi   sebesar 72,39 pada tahun 2021. 


Dikatakan wagub, Kementerian  Agama juga telah menjalin  hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka agama, organisasi  dan lembaga  keagamaan, Forum Kerukunan Umat Beragama,  serta  unsur masyarakat  lainnya. 


“Hubungan baik tersebut diwujudkan  dalam beragam pertemuan,  baik di tingkat nasional maupun daerah, pendampingan,   koordinasi,  konsultasi,  dan fasilitasi,” tukas Audy.


Sementara itu Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatra Barat, H. Helmi mengatakan Dirgahayu Kementerian Agama ke 76 momentum bagi ASN untuk bersyukur atas anugrah dan capaian yang telah diraih jajaran Kementerian Agama khususnya Sumatra Barat. 


“Karena apa yang kita lihat, apa yang kita nikmati hari ini adalah berkat para pendahulu kita, para pejuang dan sesepuh Kementerian Agama khususnya,” tutur Kakanwil. 


Dikatakan Kakanwil ke depan Kementerian Agama memakai moto transformasi layanan umat. Bagaimana Kementerian Agama memiliki sikap dan pandangan dalam pelayanan kepada umat, pelayanan yang baik yang prima.


“Bagaimana masyarakat yang kita layani betul betul merasa bahwa mereka di Kementerian Agama itu merasa nyaman tenang dan dilayani dengan sebaik-baiknya dan sepenuh hati,” ungkap Doktor Helmi


Kedua lanjut Kakanwil, transformasi layanan umat ini dalam artian kita akan beralih dari layanan yang bersifat manual menyesuaikan dengan perkembangan teknologi sekarang dan digitalisasi.


“Kita sudah beranjak ke sana. Kanwil Kementerian Agama kita sudah menerapkan aplikasi Siguntur (Sistem Informasi e Government Terstruktur) dan ini akan kita perkuat. Sehingga proses layanan kita betul-betul bisa terukur dengan SOP yang jelas,” harap Kakanwil kepada jajarannya.


“Begitu juga dengan pelayanan di madrasah bagaimana guru-guru kita juga mampu melaksanakan pembelajaran dengan digitalisasi ini. Sehingga pembelajaran yang diterima peserta pendidik data terserap dengan baik,” pesan Kakanwil kepada seluruh guru di Sumatra Barat. 

Pada momen peringatan hari amal bhakti ke 76 ini Wakil Gubernur bersama Kakanwil Kemenag Sumbar berkesempatan satya lencana karya satya kepada ASN Kemenag Sumbar, menyerahkaan penghargaan kepada ASN, guru dan siswa  madrasah yang meraih prestasi baik International maupun nasional.

#Rin

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS