Ticker

6/recent/ticker-posts

Cegah Stunting di Sumatera Barat` BKKBN RI Gandeng UNP Padang Sukses Program Pemerintah

 

Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Ganefri Ph.D menyambut baik dalam menyukseskan program Stunting, BKKBN RI menjadi mitra, Mou dilakukan di UNP, Senin, 17 Januari 2022.



Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Ganefri Ph.D mengatakan, pihaknya menyambut positif kerja sama untuk mengurangi angka stunting di Provinsi Sumatera Barat dengan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI.

 

“Salah satu program diterapkan untuk menggatasi masalah stunting, melalui KKN berbasis penangganan stunting ke daerah-daerah rentan stunting,” ujar Ganefri di UNP, Senin, 17 Januari 2022.

 

 

 

Menurut Ganefri, bisa melakukan perbaikan gizi dengan pemgembangan kuliner melibatkan program studi tata boga ada di UNP.

 

“Sangat ironis Provinsi Sumbar kaya dengan SDA dalam pangan justru masih ada daerah tinggi angka stunting seperti Kabupaten Solok dan Kabupaten Pasaman,” ujar Ganefri.

 

Tim BKKBN RI diwakili Prof. drh. Muhammad Rizal Martua Damanik, M.RepSc, Ph.D Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan dengan Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D.

 

Menurut Prof. drh. Muhammad Rizal Martua Damanik, M.RepSc, Ph.D Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan mengatakan, Provinsi Sumatera Barat masih tergolong daerah yang memiliki angka stunting yang tinggi di atas rata-rata nasional.

 

“Pemerintah melalui BKKBN perlu melakukan kerja sama dengan semua lembaga termasuk perguruan Tinggi dalam upaya menurunkan angka stunting, maka UNP merupakan salah satu mitra yang diajak untuk kerja sama,” ujar Martua

 

Hadir kepala Perwakilan BKKBN Sumbar, Fatmawati ST. M.Sc,Kepala LP2M UNP Yohandri, M.Si, Ph.D dan Ketua Pusat Kajian Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PPKLH UNP) Prof. Dr. Indang Dewata, M.Si yang juga Tim SDGs Provinsi Sumatera Barat.

 

Prof. Dr. Indang Dewata, M.Si menyampaikan salah satu upaya menekan angka stunting melalui gerakan SDGs (Sustainanble Depelovement Goals).

 

“Dari 17 indikator SDGs ada yang fokus dalam penangganan stunting, diharapkan pemerintah daerah juga seirius menganggarkan dana penangganan stunting di daerahnya, membangun kampung KB, bank sampah dan sebagainya,” ujarnya

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS