Ticker

6/recent/ticker-posts

Silek Tradisi Minangakabau Di Perguruan Kato Sepakat



Oleh

Sagita Ramadhani ( Mahasiswa Sastra Minangkabau ,Universitas Andalas )

Minangkabau adalah salah satu suku yang terdapat di Indonesia dan berada  pada pulau Sumatera. Suku Minangkabau terkenal dengan  beragam tarian, adat, budaya, bahasa, kesenian, bela diri. Dan salah satu dari ragam suku Minangkabau yang menarik dan banyak diketahui masyarakat ialah silek. Silek yaitu seni beladiri yang dipunyai oleh masyarakat yang diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Silek dijadikan sebagai bekal karena  sudah menjadi tradisi di minangkabau bahwa laki-laki yang telah dewasa harus pergi merantau baik untuk mencari pekerja, perdagangan antaupun ingin merubah nasib. Maka silek menjadi bekal untuk  menjaga diri dari hal-hal terburuk selama di perjalanan atau di rantau, contohnya diserang atau dirampok orang. Silek tidak hanya berguna bagi diri sendiri tetapi  silek juga penting bagi pertahanan nagari terhadap ancaman dari luar.

Karena para perantau ini memiliki bekal beladiri yang cukup dan ke mana pun mereka bepergian mereka juga sering membuka sasaran silat (perguruan silat) di daerah rantau dan mengajarkan penduduk setempat beladiri milik mereka. Sehingga silek itu menyebar luas  ke luar wilayah Minangkabau. Minangkabau sejak lama memiliki bermacam-macam gaya pencak silat, setiap nagari umumnya memiliki aliran silat dan bahkan banyak nagari memiliki lebih dari satu aliran silat. Seperti di daerah Koto Tangah ,kota Padang, Sumetra Barat. Pada daerah ini ada tiga aliran yang ada di dalam nya salah satunya perguruan kato sepakat , silek yang ada dalam perguruan ini ialah silek tradisi.

Perguruah kato sepakat adalah salah satu perguruan silek yang ada di Koto Tangah ,kota Padang, Sumatera Barat. Perguruan kato sepakat ini sudah ada semenjak tahun 1960 dengan nama awalnya ialah “ Alah Baiyo” . Semenjak tahun 1960 tahun ini hingga beberapa tahun kedepannya perguruan ini berdiri tetapi belum resmi. Hal ini terjadi karena dahulunya per nagari memiliki banyak cabang perguruan dengan berbagai nama yang berbeda sama hal nya dengan yang dikoto tangah. Dikoto tangah ini memiliki banyak cabang perguruan  sedangkan guru aliran dikoto tangah ini hanya satu yaitu Bagindo Malin . Sehingga ketika saat itu seluruh ninik mamak  yang ada di koto tangah mengadakan musyawarah besar untuk membicarakan mengenai perguruan silat di koto tangah dan, dapat lah hasil akhir dari musyawarah tersebut bahwa perguruan di koto tangah di beri nama “kato sepakat“. Dan  Bagindo Malin pun mengangkat 9 orang pandeka. Dari dulu sampai sekarang kato sepakat ini dikendaikan  oleh ninik mamak yang ada di nagari koto tangah. Dan cabang-cabang yang lain ada di koto tangah dahulu sekarang  berada di bawah nanungan kato sepakat. Sehingga pada tahun 1983 , diresmikan lah perguruan kato sepakat yang dipegang oleh Samsul Bahri Panduko Rajo dengan melakukan pemotongan kambing dan dihadiri oleh seluruh ninik mamak nagari. Tetapi ,karna Samsul Bahri Panduko Rajo mengalami sakit, ia pun membimbing anaknya Gusnadi Hadi Pandeka Rajo agar bisa mengelola perguran ini kedepan nya. Dan pada tahun 1986 Gusnadi Hadi Pandeka Rajo sudah resmi menjadi pengelola perguruan kato sepakat  hingga sampai sekarang ini.

Nah , yang uniknya Menururut pengelola perguruan silek kato sepakat ini Pada dasar nya silek tradisi ini tidak memiliki langkah , yang mempunyai langkah ialah mancak. Mancak dicari baru bisa kita dapatkan sedangkan silek tradisi sudah ada semejak kita lahir. Silek tradisi timbul dengan sendiriya karena silek ini berasal dari hati. Tiap daerah berbeda  ibarat pepatah minang “ lain lubuak lain ikannyo lain padang lain lalang” begitu juga dengan perguruan silat, pasti tiap perguruan memiliki cara dan gerakan yang  berbeda. Tetapi gerakan pasti dalam tiap perguruan itu ada gerakan 4 langkah dasar. Yang memiliki makna  Jika di minangkabau kato nan 4 ,jika di surau  khulimah nan 4 , jika di islam imam nan 4, sahabat nabi nan 4 Dan jika di ibaratkan dengan kehidupan ada 4 juga yaitu bumi,langik,api,angin.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS