Ticker

6/recent/ticker-posts

PERSAHABATAN DI ANTARA ORANG-ORANG SHALEH ADALAH PERSAHABATAN YANG _ILA YAUMIL KIYAMAH


Prof.Dr.H.Asasriwarni MH Guru Besar UIN IB/ Ketua MK Dewan Pertimbangan MUI Provinsi Sumbar

 


Persahabatan yang sampai pada akhir yaman adalah  persahabatan yang terjadi di antara orang-orang yang shaleh, karena mereka bersahabat hanya untuk mencari ridha Allah SWT semata. Sebagaimana Umar bin Khattab berkata :


ما أعطي العبد بعد الإسلام نعمة خيراً من أخ صالح فإذا وجد أحدكم وداً من أخيه فليتمسك به


*Tidaklah seseorang diberikan kenikmatan setelah Islam, yang lebih baik daripada kenikmatan memiliki saudara (semuslim) yang shaleh. Apabila engkau dapati salah seorang sahabat yang shaleh maka pegang lah erat-erat*  (Quutul Qulub 2/17).


Sangat banyak keuntungan yang dapat diperoleh dari terjalinnya   persahabatan di antara orang-orang  yang shaleh,  diantaranya adalah : *_Sahabat yang shaleh akan selalu membenarkan apabila kita benar dan menasehati  apabila kita salah_*. Inilah sahabat yang sesungguhnya, bukan hanya sahabat pada saat bersenang-senang saja atau sahabat yang memuji karena berbasa-basi. Hal ini sesuai dengan sebuah ungkapan dalam bahasa Arab yang berbunyi  sbb :


ﺻﺪﻳﻘﻚ ﻣﻦ ﺻﺪﻗﻚ ﻻ ﻣﻦ ﺻﺪﻗﻚ


*_Shadiqaka man shadaqaka laa man shaddaqaka_*


*Sahabat sejatimu adalah yang senantiasa jujur (kalau salah diingatkan), bukan yang senantiasa membenarkanmu*


Sahabat yang shaleh  akan selalu mendoakan sahabatnya karena apabila ia mendoakan sahabatnya, sedangkan sahabatnya tidak mengetahui, maka malaikat juga mengaminkan doa tersebut sambil mendoakan bagi yang berdoa tadi, artinya orang yang mendoakan juga mendapatkan apa yang ia doakan kepada saudaranya. Sebagaimana Rasulullah SAW  bersabda dalam sebuah hadits berikut ini : 


دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ لأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ كُلَّمَا دَعَا لأَخِيهِ بِخَيْرٍ قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ آمِينَ وَلَكَ بِمِثْلٍ


*Sesungguhnya doa seorang muslim kepada saudaranya di saat saudaranya tidak mengetahuinya adalah doa yang mustajab (terkabulkan). Di sisi orang yang akan mendoakan saudaranya ini ada malaikat yang bertugas mengaminkan doanya. Tatkala dia mendoakan saudaranya dengan kebaikan, malaikat tersebut akan berkata: Aamiin. Engkau akan mendapatkan semisal dengan saudaramu tadi* (HR. Muslim No. 2733)


Sifat dan keshalehan seseorang itu akan  *_“menular”_*, apabila kita berkumpul bersama mereka. Hal ini sesuai dengan Sabda Rasulullah SAW  dalam sebuah hadits berikut ini :  


عَنْ أَبِي مُوسَى رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: “مَثَلُ الجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالسَّوْءِ، كَحَامِلِ المِسْكِ وَنَافِخِ الكِيرِ، فَحَامِلُ المِسْكِ: إِمَّا أَنْ يُحْذِيَكَ، وَإِمَّا أَنْ تَبْتَاعَ مِنْهُ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رِيحًا طَيِّبَةً، وَنَافِخُ الكِيرِ: إِمَّا أَنْ يُحْرِقَ ثِيَابَكَ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ رِيحًا خَبِيثَةً “


*Perumpamaan kawan yang baik dan kawan yang buruk seperti seorang penjual minyak wangi dan seorang peniup alat untuk menyalakan api (pandai besi). Adapun penjual minyak wangi, mungkin dia akan memberikan hadiah kepadamu, atau engkau membeli darinya, atau engkau  mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, mungkin dia akan membakar  pakaianmu, atau engkau mendapatkan bau yang buruk* (HR. Bukhari dan Muslim)


Dari sekian banyak  keutamaan memiliki sahabat yang shaleh, di antaranya terdapat keutamaan yang juga merupakan kenikmatan besar, yaitu :  *_persahabatan orang yang shaleh akan berlanjut sampai ke yaumil kiyamah_*. Tentu ini merupakan kenikmatan yang sangat besar. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadits berikut ini :  


الْمَرْءُ مَعَ مَنْ أَحَبَّ


*Setiap orang akan dikumpulkan bersama orang yang ia cintai*  (HR. Bukhari No. 6170 dan  Muslim No. 2640)


Untuk memfasilitasi hal tetsebut, Allah SWT   memberikan keutamaan kepada seseorang untuk memberikan syafaat kepada sahabatnya yang lain, agar mereka bisa bersama-sama masuk ke dalam surga dan berkumpul kembali. Hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Hasan Al- Bashri sbb :


استكثروا من الأصدقاء المؤمنين فإن لهم شفاعة يوم القيامة


*Perbanyaklah berteman dengan orang-orang yang beriman. Karena mereka memiliki syafaat pada hari kiamat* (Ma’alimut Tanzil 4/268)


Apa yang disampaikan oleh Hasan Al Bashri tersebut di atas  adalah nengacu kepada sabda  Rasulullah SAW dalam  sebuah hadits berikut ini :  


حتى إذا خلص المؤمنون من النار، فوالذي نفسي بيده، ما منكم من أحد بأشد مناشدة لله في استقصاء الحق من المؤمنين لله يوم القيامة لإخوانهم الذين في النار، يقولون: ربنا كانوا يصومون معنا ويصلون ويحجون، فيقال لهم: أخرجوا من عرفتم، فتحرم صورهم على النار، فيخرجون خلقا كثيرا قد أخذت النار إلى نصف ساقيه، وإلى ركبتيه، ثم يقولون: ربنا ما بقي فيها أحد ممن أمرتنا به، فيقول: ارجعوا فمن وجدتم في قلبه مثقال دينار من خير فأخرجوه، فيخرجون خلقا كثيرا، ثم يقولون: ربنا لم نذر فيها أحدا ممن أمرتنا…


*Setelah orang-orang mukmin itu dibebaskan dari neraka, demi Allah, Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh kalian begitu gigih dalam memohon kepada Allah untuk memperjuangkan hak untuk saudara-saudaranya yang berada di dalam neraka pada hari kiamat. Mereka memohon: Wahai Tuhan kami, mereka itu (yang tinggal di neraka) pernah berpuasa bersama kami, shalat, dan juga haji*


*Kemudian Allah menjawab :  Keluarkan (dari neraka) orang-orang yang kalian kenal. Hingga wajah mereka diharamkan untuk dibakar oleh api neraka*


*Para mukminin inipun _MENGELUARKAN BANYAK SAUDARANYA_  yang telah dibakar di neraka, ada yang dibakar sampai betisnya dan ada yang sampai lututnya*


*Kemudian orang mukmin itu lapor kepada Allah : Ya Tuhan kami, orang yang Engkau perintahkan untuk dientaskan dari neraka, sudah tidak tersisa*.


*Allah berfirman :  Kembali lagi, keluarkanlah yang masih memiliki iman seberat dinar*


*Maka dikeluarkanlah orang mukmin banyak sekali yang disiksa di neraka. Kemudian mereka melapor, ”Wahai Tuhan kami, kami tidak meninggalkan seorangpun orang yang Engkau perintahkan untuk dientas…”* (HR. Muslim No. 183).


Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang shaleh, aamiin YRA

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS