Ticker

6/recent/ticker-posts

DZUL QA'DAH, DZUL HIJJAH, MUHARAM DAN RAJAB : MENGAPA DIKATEGORIKAN SEBAGAI BULAN HARAM ?*


Prof.Dr.H.Asasriwarni Guru Besar UIN IB/Ketua Dewan Pertimbangan MUI Sumbar



*_A. Dalil Rujukan :_*


Allah SWT memuliakan empat bulan dari 12 bulan yang ada dalam 1 tahun hijriyah. Bulan- bulan  ini memiliki kedudukan istimewa sehingga disebut sebagai *"Bulan Haram"*


Hal tersebut mengacu kepada firman  Allah SWT berikut ini : 


إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ



*Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya empat bulan haram (suci). Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu* (QS. At Taubah Ayat : 36)


Bulan Haram (suci) tersebut terdiri dari bulan :  *Dzul Qa’dah, Dzul Hijjah, Muharram dan Rajab*. Sebagaimana  sabda Rasulullah SAW di bawah ini : 


الزَّمَانُ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ ، السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا ، مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ، ثَلاَثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ ، وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِى بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ


*Zaman (masa) terus berjalan dari sejak awal penciptaan langit dan bumi. Satu tahun ada dua belas bulan di antaranya ada empat bulan haram (suci), tiga bulan berurutan, yaitu _Dzul Qa’dah, Dzul Hijjah dan Muharam serta Rajab_  yang berada antara Jumadil (akhir) dan Sya’ban*  (HR. Al Bukhari, kitab bad-il kholqi, bab maa jaa-a fi sab’i arodhiina, almaktabah asysyamilah hadits No. 2958).


Mengapa keempat bulan tersebut dinamakan sebagai bulan haram (suci) ? Berikut ini pendapat dari para ulama tentang hal itu.


*_B. Penjelasan Tentang 4 Bulan Haram :_*


*1. Penjelasan Pakar Tafsir, Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘Anhu Tentang  4 Bulan Haram :* 


في كلهن، ثم اختص من ذلك أربعة أشهر فجعلهن حراما، وعظم حرماتهن، وجعل الذنب فيهن أعظم، والعمل الصالح والأجر أعظم.


*(Janganlah kalian menganiaya diri kalian) dalam seluruh bulan. Kemudian Allah mengkhususkan empat bulan sebagai bulan-bulan haram dan Allah pun mengagungkan kemuliaannya. Allah juga menjadikan perbuatan dosa yang dilakukan didalamnya lebih besar. Demikian pula, Allah pun menjadikan amalan shalih dan ganjaran yang didapatkan didalamnya lebih besar pula* (Tafsir Ibnu Katsir : 3/26).


*2. Penjelasan Pakar Tafsir,  Qotadah Rahimahullah Tentang 4 Bulan Haram :*


فإن الظلم في الأشهر الحرم أعظم خطيئةً ووِزْرًا، من الظلم فيما سواها, وإن كان الظلم على كل حال عظيمًا، ولكن الله يعظِّم من أمره ما شاء.


*Karena kezhaliman yang dilakukan pada bulan-bulan haram lebih besar kesalahan dan dosanya dari pada kezhaliman yang dilakukan pada bulan-bulan selainnya. Walaupun zhalim dalam setiap keadaan itu (pada hakekatnya) perkara yang besar (terlarang), akan tetapi Allah menetapkan besarnya sesuatu sesuai dengan kehendak-Nya*


Kemudian, Beliau Juga Mengatakan, bahwa :


إن الله اصطفى صَفَايا من خلقه، اصطفى من الملائكة رسُلا ومن الناس رسلا واصطفى من الكلام ذكرَه, واصطفى من الأرض المساجد, واصطفى من الشهور رمضانَ والأشهر الحرم, واصطفى من الأيام يوم الجمعة, واصطفى من الليالي ليلةَ القدر, فعظِّموا ما عظم الله, فإنما تعظم الأمور بما عظَّمها الله عند أهل الفهم وأهل العقل.


*Sesungguhnya Allah telah memilih diantara makhluk-Nya, hamba-hamba pilihan-Nya, memilih para utusan dari kalangan malaikat dan dari kalangan manusia. Dia memilih suatu firman (agar hamba-Nya bisa) mengingat-Nya, memilih tempat dari wilayah bumi untuk digunakan melakukan shalat/sujud*


*Diantara bulan-bulan (yang ada), Allah pun telah memilih Ramadhan dan bulan-bulan haram. Dia memilih hari Jum’at diantara hari-hari yang lainnya, memilih malam Lailatul Qadar diantara malam-malam yang ada. Maka agungkanlah segala yang diagungkan oleh Allah , karena menurut pandangan orang yang memiliki pemahaman dan akal yang baik bahwa sesuatu itu menjadi agung dengan diagungkan oleh Allah !*


*3. Penjelasan Seorang Mufassir, Ibnu Katsir Rahimahullah Tentang 4 Bulan Haram :*


وقال تعالى : { فلا تظلموا فيهن أنفسكم } أي : في هذه الأشهر المحرمة ؛ لأنه آكد وأبلغ في الإثم من غيرها ، كما أن المعاصي في البلد الحرام تضاعف ، لقوله تعالى : {ومن يرد فيه بإلحاد بظلم نذقه من عذاب أليم } [ الحج : 25 ] وكذلك الشهر الحرام تغلظ فيه الآثام ؛ ولهذا تغلظ فيه الدية في مذهب الشافعي ، وطائفة كثيرة من العلماء ، وكذا في حق من قتل في الحرم أو قتل ذا محرم .


*Allah Ta’ala berfirman maka janganlah kalian menganiaya diri kalian dalam bulan (haram) yang empat itu. Maksudnya pada bulan-bulan haram ini, karena dosa (pada bulan-bulan tersebut) lebih kuat dan lebih parah dibandingkan pada bulan-bulan selainnya, sebagaimana kemaksiatan di tanah suci (Makkah dan Madinah) dilipatgandakan (dalam masalah besarnya dosa), berdasarkan firman Allah  Ta’ala Dan barangiapa yang bermaksud di dalamnya melakukan kejahatan secara zalim, niscaya akan Kami rasakan kepadanya sebahagian siksa yang pedih* (QS. Al-Hajj Ayat :25). *Demikian pula kemaksiatan (yang dilakukan) pada bulan-bulan haram, (juga) bertambah berat kadar dosa-dosa (yang dilakukan). Oleh karena itu, menurut madzab Syafi’iyyah dan banyak ulama memandang bahwa tebusan (diyat) (juga) bertambah besarnya pada bulan-bulan haram. Demikian pula orang yang melakukan pembunuhan di tanah suci atau membunuh saudara yang masih ada hubungan mahram dengannya* (Tafsir Ibnu Katsir: 3/26)


*4. Penjelasan Penyusun Kitab Tafsir Taisiril Karimir Rahman, Syaikh Abdur Rahman As-Sa’di Rahimahullah dan  Syaikh Abdur Rahman As-Sa’di Rahimahullah Tentang 4 Bulan Haram :* 


Beliau menafsirkan surat At-Taubah Ayat : 36 sebagai berikut : 


*Allah Ta’ala berfirman‏ sesungguhnya bilangan bulan disisi Allah, maksudnya di dalam ketetapan dan taqdir-Nya,‏ ialah dua belas bulan, yaitu bulan-bulan yang sudah dikenal tersebut,‏ dalam ketetapan Allah, maksudnya adalah di dalam hukum- kauni-Nya (taqdir) di waktu Dia menciptakan langit dan bumi dan memperjalankan malam serta siangnya, menetapkan waktu-waktunya, lalu membagi-baginya dalam dua belas bulan ini‏ di antaranya ada empat bulan haram, yaitu Rajab yang disebutkan menyendiri (tidak urut dengan ketiga bulan lainnya, pent.), Dzul Qo’dah, Dzul Hijjah, Al-Muharram dinamakan bulan Haram karena kemuliaannya yang lebih dan dilarangnya melakukan perang di dalamnya.maka janganlah kalian menganiaya diri kalian di dalamnya kemungkinan maknanya adalah kata ganti ‘nya’ kembali kepada dua belas bulan dan Allah Ta’ala telah menjelaskan bahwa Dia menjadikan dua belas bulan tersebut sebagai sesuatu yang bernilai bagi hamba-hamba-Nya, (mereka tertuntut) untuk memakmurkannya dengan ketaatan, bersyukur kepada Allah Ta’ala atas anugerah-Nya tersebut dan atas kemanfaatannya untuk kemaslahatan hamba. Maka jagalah diri kalian dari menganiaya diri kalian di dua belas  bulan-bulan tersebut! Kemungkinan (kedua) maknanya adalah kata ganti ‘nya’  kembali kepada empat bulan Haram, dan ini berarti larangan bagi mereka untuk berbuat aniaya (zhalim) di dalam empat bulan Haram tersebut secara khusus, karena kemuliaan empat bulan tersebut lebih tinggi dan karena kezhaliman yang dilakukan di dalam empat bulan tersebut lebih berat (pelanggarannya) dibandingkan dengan (jika kezhaliman tersebut) dilakukan pada bulan-bulan selainnya. Diiringi dengan larangan berbuat aniaya (zhalim) di setiap waktu. Termasuk kedalam larangan berbuat aniaya (zhalim) itu adalah larangan berperang di empat bulan Haram tersebut, (ini) menurut pendapat orang yang mengatakan bahwa perang di bulan-bulan Haram itu tidaklah dihapus pengharamannya,  karena mengamalkan dalil-dalil umum yang menunjukkan pengharaman perang di dalam bulan-bulan Haram tersebut*  (Taisiril Karimir Rahman, hal. 372-373).


*_C. Kesimpulan :_*


Di antara keutamaan yang telah Allah tetapkan bagi bulan-bulan haram tersebut adalah :


1. Dilipatgandakannya

    pahala bagi seorang

    yang mengerjakan

    amalan shalih,

    sehingga seorang

    hamba akan lebih giat

    melakukan amalan

    kebaikan pada

    bulan-bulan tersebut. 


2. Begitu pula, perbuatan

    dosa yang dilakukan di

    dalamnya menjadi

    lebih besar di sisi

    Allah, sehingga

    seorang hamba bisa

    meraih ketakwaan

    yang lebih tinggi dari

    bulan-bulan

    sebelumnya, dengan

    semakin menjauhi

    kemaksiatan-

    kemaksiatan. 


3. Dengan demikian,

    kebahagiaan,

    ketentraman, dan

    keselamatan di dunia

    dan akhirat bisa

    terwujud.


4. Di dunia, selamat

    dengan meniti jalan

    yang lurus

    (Ash-Shiraath

    Al-Mustaqiim). Di

    akhirat, selamat ketika

    meniti jembatan

    (Ash-Shirath) yang

    dibentangkan di atas

    neraka Jahannam,

    sehingga masuk ke

    dalam Surga Allah,

    bisa berjumpa

    dengan-Nya dan

    melihat wajah-Nya.

    Kita memohon kepada

    Allah, agar Dia

    menganugerahkan

    kepada kita

    kenikmatan yang

    terbesar, yaitu: bisa

    melihat Wajah-Nya.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS