Ticker

6/recent/ticker-posts

Rektor UNP Prof. Ganefri Ajak Serius Benahi Sektor Pendidikan


Rektor UNP Prof. Ganefri mempertanyakan jargon Sumbar sebagai daerah industri otak yang menghasilkan orang-orang cerdas dan berkontribusi secara nasional.


Hal itu menyikapi kondisi dan fakta statistik terkini, di mana tingkat pendidikan Sumbar masih tertinggal dibandingkan daerah lain di Sumatera.


“Dilihat dari indeks pembangunan manusia sektor pendidikan, ternyata rata-rata lama sekolah di Sumbar hanya sampai kelas VII SMP. Lebih rendah dibandingkan Provinsi Riau dan Kepulauan Riau,” kata Ganefri dalam wisuda ke-122 UNP di Padang, Jumat (19/3/2021).

 

Ganefri juga menyoroti data statistik yang membeberkan penurunan angka partisipasi murni atau persentase jumlah anak pada kelompok usia sekolah tertentu yang sedang bersekolah.


“Ini harus jadi perhatian Pemerintah Sumbar secara serius.Terjadi pengurangan anak masuk atau melanjutkan sekolah. Masuk SD berkurang, begitu pula untuk SMP dan SMA. Ini ada apa? Apakah masih layak Sumbar disebut sebagai daerah industri otak?” ujar Ganefri


Secara Akademik hadirnya UNP Padang selain menjadi kebanggaan dan juga kewajiban untuk memajukan pendidikan baik dari SD, SMP dan SMA.


Rektor juga mengajak pemerintah daerah untuk membenahi mutu pendidikan disemua jenjang," tukuknya.


Ganefri mengatakan, UNP siap berkontribusi untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Sumbar dengan mencetak guru-guru yang kompeten.


"Tapi tidak selesai sama kita saja, sebab dibutuhkan kepedulian dari pemerintah daerah dan seluruh stakeholder terkait. Kita cetak guru, dan pemerintah daerah harus berkomitmen memajukan pendidikan," kata Ganefri.


Adapun wisuda UNP kali ini menghasilkan 2.256 orang wisudawan dari seluruh fakultas.


Diketahui wisuda angkatan pertama, dilaksanakan, Kamis, (18/03/2021), angkatan kedua, Jumat, (19/03/2021) dan angkatan ketiga, Sabtu, (20/03/2021). 



Wisuda angkatan ke kedua yang berlangsung, Jumat, (19/03/2021), berjumlah 696 orang, terdiri  dari Program Diploma III (D III) Fakultas Ilmu Sosial sebanyak 28 orang, Program Strata I (SI) dan D IV Kependidikan sebanyak 521 orang, Fakultas Imu Kependidikan 227 orang, Fakukutas ilmu Keolahragaan 166 orang dan Fakultas Sosial 128 orang.



Program SI dan D IV Non Kependidikan sebanyak 147 orang, terdiri dari Fakultas Imu Kependidikan 41 orang, Fakukutas ilmu Keolahragaan 44 orang dan Fakultas Sosial 62 orang.



Pelaksanaan wisuda yang  berlangsung, dalam Rapat Senat Terbuka itu, tetap mematuhui protokol kesehatan secara ketat, karena wisuda dilaksanakan secara Luring dan Daring. 



Bahkan, para pimpinan UNP yang hadir juga dibatasi, hanya menghadirkan pimpinan Universitas Rektor dengan Wakil Rektor, Ketua, Sekretaris dan Ketua Komisi Senat UNP, Dekan dilingkungan UNP dan Direktur Pascasarjana, Ketua Alumni serta panitia Wisuda yang menjadi seksi acara.


Wisuda kali ini, maka wisudawan- wisudawati tidak bisa dihadiri oleh perwakilan keluarga para wisudawan


Prosesi wisuda diakhiri dengan pwnyerahan lulusan Unp Padang Menjadi anggota Alumni UMP Padang yang dikirim oleh Muslim B selaku Wakil Alumni.

#02

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS