Ticker

6/recent/ticker-posts

MERAIH KEBAHAGIAAN DUNIA DAN AKHIRAT MELALUI PINTU TAUBAT


Oleh : Prof. H.  Asasriwarni. MH


Allah Sang Maha Pengampun dan Pemberi Rahmat bagi setiap hamba-Nya. Oleh karena itu,  barangsiapa  yang insyaf dan kemudian bertaubat setelah melakukan kedzaliman maka sesungguhnya Allah menerima taubatnya dan mengampuni segala disa-dosanya. Sebagaimana firman-Nya di bawah ini :  


فَمَنْ تَابَ مِنْ بَعْدِ ظُلْمِهِ وَأَصْلَحَ فَإِنَّ اللَّهَ يَتُوبُ عَلَيْهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ


*Maka barangsiapa bertaubat (diantara pencuri-pencuri itu) sesudah melakukan kejahatan itu dan memperbaiki diri, maka sesungguhnya Allah menerima taubatnya, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang*  (QS. Al-Maidah Ayat : 39)


Allah Sang Maha Pemaaf dan sekaligus Maha Mulia, telah memerintahkan kepada setiap mukmin untuk bertaubat secara nasuha agar mereka mendapatkan kasih sayang dan surga-Nya.  Sebagaimana firman-Nya berikut ini :  


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحًا عَسَىٰ رَبُّكُمْ أَنْ يُكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ


*Hai orang-orang yang beriman bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukan kamu ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya* (QS. At-Tahrim Ayat : 8)


Pintu taubat masih terbuka bagi semua manusia hingga matahari terbit dari barat. Sebagaimana sabda  Rasulullah  SAW berikut ini : 


إن الله عز وجل يبسط يده بالليل ليتوب مسيء النهار، ويبسط يده بالنهار ليتوب مسيء الليل، حتى تطلع الشمس من مغربها


*Sesungguhnya Allah membukakan Tangan-Nya pada malam hari agar orang yang melakukan kejahatan di siang hari bertaubat dan Dia membukakan Tangan-Nya di siang hari agar yang melakukan kejahatan di malam hari bertaubat hingga matahari terbit dari barat* (HR. Muslim No. 2759)


Taubatan nasuha bukan hanya sekedar ucapan di lidah saja,  namun untuk diterima taubatnya itu,  pelaku kejahatan harus mampu mencabut akar-akar dosa secara langsung dan menyesali apa yang telah diperbuat, kemudianu bertekad untuk tidak kembali kepada perbuatan dosa itu dan mengembalikan hak-hak orang yang telah didzalimi. Taubatan nasuha itu seharusnya  dilakukan sebelum melihat kedatangan kematiannya. Sebagaimana firman Allah SWT berikut ini : 


إِنَّمَا التَّوْبَةُ عَلَى اللَّهِ لِلَّذِينَ يَعْمَلُونَ السُّوءَ بِجَهَالَةٍ ثُمَّ يَتُوبُونَ مِنْ قَرِيبٍ فَأُولَٰئِكَ يَتُوبُ اللَّهُ عَلَيْهِمْ ۗ وَكَانَ اللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا, وَلَيْسَتِ التَّوْبَةُ لِلَّذِينَ يَعْمَلُونَ السَّيِّئَاتِ حَتَّىٰ إِذَا حَضَرَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ إِنِّي تُبْتُ الْآنَ وَلَا الَّذِينَ يَمُوتُونَ وَهُمْ كُفَّارٌ ۚ أُولَٰئِكَ أَعْتَدْنَا لَهُمْ عَذَابًا أَلِيمًا


*Sesungguhnya taubat di sisi Allah hanyalah taubat bagi orang-orang yang mengerjakan kejahatan lantaran kejahilan yang kemudian mereka bertaubat dengan segera, maka mereka itulah yang diterima Allah taubatnya dan Allah maha mengetahui lagi maha bijaksana. Dan tidaklah taubat itu diterima Allah dari yang mengerjakan kejahatan (yang) hingga datang ajal kepada seseorang diantara mereka, barulah ia mengatakan “sesungguhnya sekarang saya bertaubat” Dan tidak pula (diterima taubat) orang-orang yang mati sedang mereka dalam kekafiran. Bagi orang-orang itu telah kami sediakan siksa yang pedih*  (QS. An-Nisa Ayat : 17-18)


Allah Maha pengasih terhadap hamba-hamba-Nya, mencintai orang-orang yang bertaubat dan senaniasa  menerima taubat mereka. Sebagaimana   firman-Nya di bawah ini : 


وَهُوَ الَّذِي يَقْبَلُ التَّوْبَةَ عَنْ عِبَادِهِ وَيَعْفُو عَنِ السَّيِّئَاتِ وَيَعْلَمُ مَا تَفْعَلُونَ


*Dan Dia-lah yang menerima taubat dari hamba-hamba-Nya dan memaafkan kesalahan-kesalahan dan mengetahui apa yang kamu kerjakan* (QS. As-Syura:Ayat : 25)


 Untuk itu marilah kita pajatkan do'a, agar kita mendapatjan hidayah : *_BERTAUBAT SECARA NASUHA_*  sebelum ajal kita tiba,  aamiin YRA.


بِسْـــــــمِِ اللّهِ الرَّحْمَنِالرَّحِيْمِ 


Yaa Allah

jika saat ini kami tersenyum, semoga menjadi ibadah buat kami


Jika kami marah, semoga tak melampaui batas.


Jika kami bersedih, semoga kesedihannya bisa menghidupkan hati dan jiwa kami


Jika kami sakit, semoga menjadi penggugur dosa-dosa kami 


Jika kami ragu serta bimbang, mantapkan pendirian

dihati kami


Semoga apa yang kami lakukan hari ini, esok dan dikemudian hari, jauh lebih baik dari waktu yang telah lalu


Semoga kebahagiaan dan keberkahan selalu menyertai kami


Yaa Allah

muliakanlah yang membaca doa ini,

lapangkanlah hatinya dan bahagiakan keluarganya 


Luaskanlah rezkinya,

mudahkan segala urusannya jauhkan ia dari segala penyakit, fitnah, prasangka keji dan mungkar serta terimalah semua amal ibadahnya dan kelak jadikanlah ia sebagai penghuni surgaMU.


*Yaa muqollibal quluub,tsabbit qolbii 'alaa diinik*


Wahai Dzat yang Maha Membolak balikkan  hati , teguhkanlah hati kami di atas agama-Mu

Sampai akhir hayat. 

Wafat dalam keadaan Husnul  Khatimah, 

Aamiin Yaa Rabbal Al'aamiin

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS