Ticker

6/recent/ticker-posts

MELESTARIKAN KEMBALI PERMAINAN TRADISIONAL KHAS MINANGKABAU YANG MULAI TERLUPAKAN



Oleh : Rido Ilham, Mahasiswa jurusan Sastra Minangkabau, Universitas Andalas.


Indonesia negara kepulauan yang memiliki kekayaan alam yang melimpah, selain itu negara Indonesia juga kaya akan budaya, tradisi, dan adat istiadat yang tersebar luas hingga mancanegara. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki budaya, tradisi dan adat istiadat yang beraneka ragam, tidak terkecuali di Minangkabau.


Minangkabau merupakan satu-satunya suku bangsa yang menganut sistem matrilineal di Indonesia. Artinya sistem kekerabatan ditarik menurut garis keturunan ibu. Setiap anak yang lahir baik itu laki-laki maupun perempuan secara langsung akan mengikuti garis keturunan ibu. Orang Minangkabau juga dapat ditemui di banyak kota di Indonesia karena orang Minangkabau identik dengan budaya merantau. Laki-laki yang menginjak usia dewasa di dorong untuk pergi merantau untuk mencari pengalaman dan sudah dibekali dengan ajaran silat dan iman yang kuat yang didapati dari belajar dari surau. Di antara sekian banyaknya budaya, tradisi, adat istiadat di Minangkabau, salah satunya ada juga permainan tradisional. Permainan tradisional khas Minangkabau juga tidak kalah menarik dengan permainan tradisional yang ada di setiap daerah di Indonesia. Permainan tradisional khas Minangkabau dinilai unik dan memiliki banyak nilai positif bagi kehidupan. 


Pertanyaannya, apa saja permainan tradisional khas Minangkabau? Generasi tua Minangkabau tentunya sangat akrab dengan permainan tradisional yang satu ini. Permainan tradisional sipak rago, dalam bahasa Indonesia, sipak rago adalah sepak raga. Permainannya dimainkan secara berkelompok. Bola yang dipakai dalam permainan sipak rago ini terbuat dari bahan kulit rotan yang dianyam sebaik mungkin, supaya kuat dan tidak mudah hancur ketika dimainkan. Karena permainan ini dimainkan menggunakan kaki. Aturan dalam permainan ini cukup mudah, dengan cara di oper dari satu orang kepada orang yang lain supaya tidak menyentuh tanah. Tidak ada penilaian dalam permainan ini, karena permainan sipak rago tidak dipertandingkan tetapi sebagai sarana menghibur diri mengisi waktu kosong pada sore hari dan berkumpul bersama. Permainan ini dahulunya banyak dimainkan di kota maupun di desa, mulai dari anak-anak muda sampai orang tua ikut serta dalam permainan ini. Dengan permainan sipak rago ini seseorang akan menyadari bahwa dirinya tidak bisa hidup sendiri di dalam masyarakat. Karena permainan sipak rago tidak bisa dimainkan sendiri, harus bersama-sama untuk bisa memulai permainan.


Permainan tradisional selanjutnya adalah permainan sipak tekong. Sipak artinya sepak atau tendang dan tekong artinya kaleng. Permainan ini dulunya sangat populer dikalangan anak-anak Minangkabau. Sama halnya dengan permainan petak umpat, namun ada sedikit perbedaan. Pada permainan sipak tekong ini, pemain yang tertangkap lebih dahulu bisa diselamatkan oleh pemain yang belum tertangkap. Seperti permainan petak umpat umumnya ada satu orang yang bertugas sebagai penjaga dan pemain yang lainnya akan bersembunyi. orang yang bertugas sebagai penjaga akan menjaga kaleng yang diletakan di dalam sebuah lingkaran dan juga mencari teman-temannya yang bersembunyi. Jika penjaga menemukan temannya yang bersembunyi, dia harus menyebutkan nama dan menyentuh kaleng yang dijaga sambil berkata sipak tekong. Itu berarti dia sudah tertangkap, jika hal ini tidak dilakukan maka pemain yang tertangkap tadi bisa menendang kaleng dan bersembunyi kembali.


Kemudian permainan cak bur, nama lain dari permainan ini adalah galah panjang. Cak bur dimainkan oleh dua gelanggang dan biasanya dibuat garis di atas tanah dengan ukuran 2×2 meter dan dibagi lagi hingga menjadi beberapa kotak. Tidak ada ukuran khusus pada kotak, sebab ukurannya bisa disesuaikan dengan kesepakatan para pemain. Kedua tim harus memiliki jumlah anggota tim yang sama banyak. Dalam permainannya, satu tim akan berperan sebagai pemain. Tim pemain harus bisa untuk melewati kotak-kotak yang ada hingga sampai ke ujung tanpa tersentuh tim penjaga. Permainan dimulai oleh penjaga paling depan dengan mengucapakan cak dan diakhiri dengan pemain yang berhasil melewati penjaga dan mengucapkan bur untuk menandai kemenangannya.


Selanjutnya permainan badia batuang. Badia sendiri memiliki arti meriam atau bedil dan batuang berarti bambu besar. Permainan badia batuang ini biasanya ramai dimainkan anak-anak saat bulan Ramadhan. Anak-anak akan berkumpul untuk membuat meriam dari potongan bambu besar. Bambu akan dilubangi sebelum pangkalnya, kemudian meriam ini akan diisi minyak tanah dan sumbu dari pakaian bekas. Saat disulut, badia batuang akan menghasilkan dentuman keras.


Namun di Era globalisasi ini, permainan tradisional seperti ditelan oleh kemajuan zaman yang terus berkembang dan berubah. Kemajuan teknologi yang semakin canggih membawa perubahan tidak hanya terjadi di kota-kota besar tetapi sudah merambah ke pelosok pedesaan. Perkembangan zaman yang sangat cepat mengubah hal-hal yang seharusnya dilestarikan menjadi terabaikan. Akibatnya, permainan tradisional ini sekarang sudah jarang ditemui lagi. Anak-anak tidak lagi mengenal permainan tradisional mereka lebih akrab dengan permainan modern atau elektronik. Seharusnya anak-anak harus tahu dengan permainan yang berakar dari daerahnya sendiri, karena permainan tradisional merupakan ketahanan budaya. Walaupun permainan modern ini bisa dilakukan bersama, namun mereka hanya berinteraksi dan berkomunikasi dengan benda mati yang akan berpengaruh terhadap fisik dan mentalnya.


Kesadaran akan melemahnya permainan tradisional telah dirasakan oleh masyarakat maupun pemerintah, untuk menanggulangi supaya permainan tradisional ini tidak terlupakan pemerintah dan masyarakat bersama menjaga dengan diadakannya festival-festival dan kompetisi untuk permainan sipak rago. Walaupun permainan ini dahulunya tidak diperlombakan, tetapi sekarang diperlombakan untuk menjaga kelestariannya dan mengenalkan kepada generasi berikutnya.


Permainan tradisional khas Minangkabau ini membawa ragam filosofis nilai-nilai kehidupan dalam masyarakat. Permainan sipak rago yang dimainkan bersama-sama dengan berbagai karakter yang bermacam-macam latar belakang tentu harus saling menghargai satu sama lain antara pemain, seperti ketika sedang bermain dengan orang yang lebih besar pastinya. pemain yang kecil menghargai dan memakai sikap yang sepatutnya dilakukan dengan berhadapan dengan orang yang lebih besar. Secara tidak langsung telah mengajarkan adab berkomunikasi di dalam masyarakat yang tertuang dalam kato nan ampek. Permainan sipak rago ini juga mengajarkan nilai tanggungjawab kepada para pemain. Karena dalam peraturan permainan ini bola tidak boleh menyentuh tanah. oleh karena itu tiap-tiap pemain harus bertanggungjawab mempertahankan bola yang diberikan kepadanya supaya tidak menyentuh tanah, jika menyentuh tanah permainan akan berhenti dan diulang kembali.


Selain permainan sipak rago, umumnya permainan tradisional khas Minangkabau berdampak baik pada perkembangan fisik dan mental. Permainan yang dimainkan dilapangkan terbuka dan berada langsung di bawah panas teriknya matahari pada sore hari, tentunya baik untuk pertumbuhan dan kesehatan fisik, selain untuk menghibur diri, berkumbul dengan teman-teman, juga sekaligus untuk berolahraga. Dengan pemain yang tidak terdiri berbagai macam karakter dari latar belakang yang berbeda-beda, para pemain akan saling berinteraksi tentunya juga akan berpengaruh terhadapa perkembangan mental para pemain.


Oleh karena itu, sudah sepatutnyalah kita sebagai generasi muda melestarikan permainan-permainan tradisional yang ada di daerah kita masing-masing. Selain untuk menjaga ketahanan budaya, permainan tradisional banyak membawa dampak yang positif bagi kehidupan. Ada beberapa cara untuk mempertahan permainan tradisional ini. Pertama dengan cara mengenalkan kembali kepada anak-anak tentang permainan tradisional, bisa dimulai dari lingkungan terkecil. seperti, adik kita atau tetangga kita. Kedua, kita bisa membuat permainan tradisional menjadi lebih menarik dengan cara mengadakan perlombaan dengan menyedian hadiah untuk pemain yang memenangkan permainan.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS