Ticker

6/recent/ticker-posts

KEBAHAGIAAN HIDUP DI DUNIA DAN DI AKHIRAT MERUPAKAN DAMBAAN BAGI SETIAP INSAN*

 *


Oleh : Prof.  Asasriwarni.  MH

Setiap Muslim pasti ingin hidupnya selamat dan bahagia baik di dunia maupun kelak di akhirat. Oleh karena itu, sangat dianjurkan kepada kita untuk selalu membaca doa yang dikenal dengan *_doa sapu jagat_*. Sebagaimana firman Allah SWT berikut ini : 


ِرَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار


Rabbana aatinaa fiddunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah wa qinaa ‘adzaabannar.


*Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami kebajikan di dunia dan kebajikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa api neraka* (QS. Al Baqarah Ayat : 201)


Selain memanjatkan doa tersebut di atas, terdapat   lima kunci atau amalan yang perlu dilakukan oleh setiap Muslim agar mendapat kebahagiaan di dunia dan akhirat. Menurut *_Imam Nawawi Al Bantani_*  dalam kitabnya  *_Nasha’ihul 'Ibad_* ,   menyebutkan lima kunci meraih kebahagiaan dunia dan akhirat, yakni :


*_1. Perbanyak Membaca Kalimat Thoyyibah :_*


Berzikir dengan mengucap kalimat thoyyibah yakni Laailaha illallah Muhammadur Rasulullah tiap waktu dan segala keadaan. Kalimat tersebut sangat disukai Allah SWT. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut ini :


أَكْثِرُوْا ذِكْرَ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ عَلَى كُلِّ حَالٍ فَإِنَّهُ لَيْسَ عَمَلٌ أَحَبُّ إِلَى اللهِ وَ لَا أَنْجَى لِعَبْدٍ مِنْ كلِّ سَيِّئَةٍ فِي الدُّنْيَا وَ الْأَخِرَةِ مِنْ ذِكْرِ اللهِ


*Perbanyaklah berzikir kepada Allah SWT yang maha luhur lagi agung dalam berbagai keadaan. Karena tidak ada amal yang lebih dicintai Allah dan lebih menyelamatkan seorang hamba dari keburukan dunia dan akhirat selain zikir kepada Allah SWT* (HR. Ibnu Sharshari)


Dengan banyak berzikir hati akan merasa tenang dan damai.


*_2. Mengucapkan Innalillahi wa Innaailaihi Raajiuun Tiap Ditimpa Musibah :_*


Seorang muslim apabila ditimpa hal tidak menyenangkan hati atau musibah, ia tidak pernah lupa mengucapkan  kalinah *Innalillahi wa Innaailaihi Raajiuun*. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW betikut ini : 


وَ إِذَا ابْتُلِيَ بِبَلِيَّةٍ قَالَ إِنَّ للهِ وَإِنَّ إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ وَ لَاحَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ


*Tatkala mendapat cobaan, ia mengucapkan: Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Raaj’iun Wa La Hawla Wa la Quwwata Illa Billahiil ‘Aliyyil ‘Adziim*


Zikir ini untuk menyadarkan manusia bahwa segala apa yang terjadi tidak pernah lepas dari qodho atau ketetapan Allah SWT.


Karena itu, dengan memasrahkan semuanya kepada Allah SWT  di kala tertimpa musibah akan membuat hati merasa tenang dan dijauhkan dari rasa putus asa.


*_3. Mengucapkan Hamdalah Ketika Mendapat Kenikmatan :_*


Semua karunia dari Allah SWT wajib disyukuri. Salah satu bentuk rasa syukur itu dapat dilakukan dengan cara  mengucapkan Alhamdulillahi raabil 'alamiin. Ini merupakan bentuk syukur (lisan). Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda berikut ini :


وَ إِذَا أُعْطِيَ نِعْمَةً قَالَ أَلْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ شُكْرًا لِلنِّعْمَةِ


*Tatkala ia dianugerahi kenikmatan, ia mengucap: Alhamdu Lillahi Rabbil ‘Alamiin* (HR Muslim dan Nasa'i dari Samurah bin Jundub), sebagai tanda syukurnya


Manusia yang pandai bersyukur akan terhindar dari sifat sombong dan Allah akan menambah karunia-Nya kepada mereka yang pandai mensyukuri nikmat Allah.


Rasulullah Saw bersabda : *Ucapan yang paling disenangi oleh Allah SWT ada empat, yaitu Subhanallah, alhamdulillah, Laaailaaha illallah, dan Allahu Akbar. Tidak masalah baginu untuk memulai lafaz yang mana untuk mengucapkannya* 


*_4. Mengucap Basmalah Tiap Memulai Pekerjaan Baik :_*


Segala perbuatan baik yang akan dilakukan hendaknya tiap Muslim membaca bismillahirrahmanirrahim. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW betikut ini : 


وَ إِذَا ابْتَدَأَ فِيْ شَيْئٍ قَالَ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ


*Saat memulai sesuatu, ia awali dengan ucapan Basmalah* 


Selanjutnya Rasulullah  SAW juga bersabda sbb :


كُلُّ أَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لَا يُبْدَأُ فِيْهِ بِبِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ فَهُوَ أَبْتَر


*Setiap perbuatan baik yang di dalamnya tidak dimulai dengan menyebut nama Allah, maka perbuatan tersebut terputus (dari Rahmat Allah)* 


*_5. Ketika Berbuat Dosa Segera Istighfar :_*


Sudah menjadi sifat manusia tempatnya salah dan lupa. Namun, orang yang beruntung yaitu yang selalu menyadari kesalahannya dengan membaca istighfar. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut ini : 


وَ إِذَا أَفْرَطَ مِنْهُ ذَنْبًا قَالَ أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمِ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ


*Tatkala ia terjerumus melakukan dosa, ia mengucap: Astaghfirullah al-‘Adziim Wa Atuubu Ilaih*


*Rasulullah Saw bersabda :  Maukah aku tunjukan kepada kalian mengenai penyakit (kesalahan) dan obat untuk kalian? Bahwasanya penyakit kalian adalah berbuat dosa, sedangkan obatnya adalah beristighfar*  (HR. Dailami dari Anas Ibnu Malik).


Semoga dengan mengamalkan lima hal tersebut di atas, seirng Muslim akan mendapatkan kebahagiaan dunia maupun akhirat.


Wallahu A'lam Bishshawab.


Semoga hidup kita semakin bermanfaat dan berkah, aamiin YRA

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS