Ticker

6/recent/ticker-posts

PSBG Harapan Ibu Tetap Upayakan Membahagiakan Penyandang Disabilitas di Momen HDI

 



Padang – Pandemi Covid-19, keluarga besar Panti Sosial Bina Grahita (PSBG) Harapan Ibu tetap berupaya membagiakan para kelayan di panti itu. Sejumlah lomba dilaksanakan demi membahagiakan para penyandang Tuna Grahita yang dibina dalam panti (kelayan) yang berlokasi di Kalumbuh Padang itu. 


“Alhamdulillah kami bisa menyelenggarakan kegiatan pada peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) tahun ini, di masa pandemi Covid-19. Hari ini sangat dinanti-nanti oleh anak-anak di sini dan kami tidak ingin mengecewakan harapan mereka,” ujar Kepala UPTD PSBG Harapan Ibu, Sayarni, Jumat 4 Desember 2020.


Sayarni mengungkapkan betapa mereka semuanya sangat gembira. Terpancar wajah-wajah yang berseri di wajah mereka. “Sungguh bahagia menyaksikannya. Adanya rangkaian acara yang menyenangkan dan dapat menghibur diri anak kita seperti yang telah kita laksanakan menambah keceriaan mereka,” ungkapnya.


Perempuan yang akrab disapa Buk Ayang ini menyebutkan kegiatan yang dilakukan adalah perlombaan  antar kelayan, yaitu bola voli, pacu karung dan K.3 Asrama oleh kelayan PSBN Tuah Sakato Padang dan permainan Bocce, pacu karung, K.3 Asrama oleh kelayan PSBGHI Padang. Artinya masing-masing UPTD mengadakan 3 lomba. 


Dia mengharapkan dalam rangka HDI, perlu peningkatan kepedulian, kesadaran, dan peran aktif setiap individu, keluarga, masyarakat, dunia usaha, pemerintah dan negara dalam menciptakan lingkungan yang berkualitas untuk memberikan rasa nyaman, aman dan kondusif bagi anak penyandang disabilitas. “Khususnya anak-anak kita di Panti Sosial Bina Grahita Harapan Ibu Padang dan PSBN Tuah Sakato,” ujarnya.


Tak lupa dia menyebutkan terselenggaranya kegiatan ini adalah berkat  kerja sama dari bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Provinsi Sumbar dan dari berbagai pihak. Sayarni dalam momen HDI yang penuh kebahagiaan ini menyampaikan ucapan terimakasih secara tulus dan mendoakan semoga bantuan dan jalinan kerjasama tersebut akan menjadi ladang amal ibadah bagi kita semua.


“Semoga dapat menjadi ajang silaturrahmi dalam upaya untuk meningkatkan dan memberikan pelayanan rehabilitasi sosial terbaik bagi anak penyandang disabilitas di Indonesia khususnya di Sumatera Barat,” pungkasnya.


Kegiatan di PSBG Harapan Ibu ini memeriahkan Hari Disabilitas Internasional (HDI) mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Sosial Sumbar, Jumaidi. “Saya Bangga, di suasana pandemi Covid-19 ini, PSBG Harapan Ibu tetap bisa membahagiakan anak-anak kita yang disabilitas,” puji Kepala Dinas Sosial Sumbar, Jumaidi pada pembukaan kegiatan peringatan HDI di panti tersebut, Rabu 2 Desember 2020.


Apresiasi diberikan Jumaidi mengingat keterbatasan-keterbatasan yang harus dihadapi untuk menyelengarakan kegiatan ini,  karena kondisi pandemi sehingga peserta dan hadirin juga terbatas karena harus mengacu pada protokol kesehatan. Dari sisi anggaran terdapat pula keterbatasan akibat dipotong untuk penanganan dan pencegahan Covid-19. Di tengah keterbatasan PSBG masih mampu memberikan motivasi bahwa mereka punya kemampuan.


Jumaidi sedikit mengulas tema HDI tahun 2020, Tidak Semua Disabilitas Terlihat. Ini wacana dunia internasional ini harus diartikan dari segi kepedulian. Disabilitas ini terlihat oleh keluarganya, tetangganya, namun karena minimnya kepedulian terhadap mereka, disabilitas ini seolah dibiarkan dengan keterbatasan yang mereka miliki.


Padahal, kata Jumaidi, para disabitas ini punya potensi yang bila dilatih, diasah secara baik dan benar, maka potensi itu bisa dimanfaatkan untuk kebaikan diri mereka dan orang lain. Makanya, semua pihak baik perorangan maupun lembaga memberikan sentuhan kegiatan dan program untuk mengangkat potensi terpendam dalam diri para disabilitas. (*)



Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumbar, Jumaidi didampingi Kepala UPTD PSBG Harapan Ibu, Sayarni menyerahkan hadiah kepada pemenang Lomba Bocce yang dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Disabilitas Internasional yang dipusatkan di panti tersebut. (ist)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS