Ticker

6/recent/ticker-posts

Disparpora Mentawai berikan bantuan stimulus


Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga' (Disparpora) Kabupaten Kepulauan Mentawai memberikan bantuan stimulus kepada para pelaku usaha kuliner tepi pantai  berupa tenda, etalase, payung pantai, meja serta kursi.

Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet menyerahkan bantuan tersebut Rabu (23/12) di Pantai Mapadegat, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara. Bupati Yudas meminta kepada para penerima bantuan  agar tetap semangat dalam menjalankan usaha kulibernya serta mengutamakan kenyaman dan keamanan bagi para pengunjung di daerah wisata.


" Bantuan ini hanya sebagai pendukung untuk  pelaku usaha kuliner di kawasan wisata, agar tambah semangat. Pelaku usaha kuliner dan para pengunjung wisata merupakan faktor utama untuk maju dan berkembangnya kawasan wisata. Pemerintah hanya sebagai penunjang agar kegiatan wisata bisa lebih bergairah," ujar Yudas saat memberikan arahan.


Menurut Yudas, agar pengunjung memiliki kesan yang baik saat berkunjung ke Kepulauan Mentawai , ada hal yang harus diperhatikan oleh pelaku usaha kuliner antara lain kenyamanan dan keamanan pengunjung. Dua hal ini menjadi daya tarik terhadap wisatawan agar datang kembali untuk berkunjung. 


"Ketika para wisatawan datang ke Mentawai yang pertama dirasakan adalah kenyamanan dan keamanan di daerah tersebut. Untuk hal tersebut kita harus bersikap ramah kepada para pengunjung, agar pengunjung tetap merasa aman dan nyaman. Jangan sampai mereka melihat raut wajah dari tuan rumah yaitu masyarakat dan para pedagang yang tidak ramah. Menjaga kebersihan ini juga salah satu dari kenyamanan, " Papar Yudas lagi.


"Disaat wisatawan tersebut pulang, maka pengalaman saat berkunjung ke Mentawai akan memiliki kesan positif dan menjadi cerita menarik untuk diceritakan dikampung halaman mereka. Dengan begitu  akan menjadi hal yang menarik untuk berkunjung kembali dan  orang lain juga akan tertarik  untuk  ke Mentawai. 


Sementara itu Kepala Disparpora Mentawai Joni Anwar mengatakan  bahwa bantuan yang bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID) tersebut diberikan kepada kelompok  wisata Desa Tuapejat, diantaranya pelaku wisata kuliner di Dusun Pantai Jati, Pantai Mapadegat dan pelaku usaha di kawasan home stay Mapaddegat.


"Jadi di Tua Pejat ada 3 lokasi destinasi wisata yang menerima bantuan ini, masing-masing lokasi mendapatkan 4 paket sarana wisata, dalam satu paket terdapat 1 tenda utama, 1 etalase jualan, 1 meja dan payung bundar serta empat buah kursi. Selain itu kita  juga menyerahkan handsanitizer dan masker," paparnya. Ia berharap dengan adanya bantuan tersebut dapat meningkatkan kembali perekonomian masyarakat khususnya para pelaku usaha di Mentawai di sektor pariwisata yang selama ini juga terkena imbas dari pandemi Covid-19. Namun walaupun aktivitas pariwisata sudah dibuka siharapkan  para pelaku wisata tetap mematuhi aturan Protokol Kesehatan sesuai dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).


Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Kepulauan Mentawai, Kakansar Mentawai, Dandim 0319 Mentawai, Wakapolres Mentawai, Pihak Perbankan, Para pelaku wisata kuliner dan tamu undangan lainnya

#Mebry.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS