Naila Fitria Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Adzkia
Media interaktif dalam pembelajaran merupakan media yang memberikan aksi dan reaksi dalam penyampaian materi, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan partisipatif. Media interaktif bukan hanya alat penyampaian informasi, melainkan juga sebagai fasilitator yang mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar. Dengan adanya aksi dan reaksi dari media, siswa diharapkan lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar secara mandiri dan aktif(Azkiya, 2017).
Media pembelajaran interaktif yang digunakan adalah Nearpod. Nearpod merupakan aplikasi pembelajaran online dan offline yang memungkinkan guru dan siswa untuk berinteraksi secara langsung maupun tidak langsung melalui berbagai fasilitas pembelajaran, seperti papan interaktif, dinding diskusi, soal evaluasi, simulasi materi interaktif, serta media berbentuk 3D, VR, dan video. Penggunaan Nearpod tidak hanya memungkinkan pengajaran yang lebih variatif, tetapi juga memudahkan guru dalam menyampaikan materi secara fleksibel, baik di dalam maupun di luar kelas. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis, dengan tiga pilihan akses dalam penggunaannya, yaitu live lesson, live lesson + Zoom, dan tautan yang diberikan oleh guru. Kelebihan Nearpod terletak pada kemampuannya untuk menyajikan materi tanpa memerlukan perangkat tambahan seperti LCD dan proyektor, serta hemat kuota dan baterai. Selain itu, aplikasi ini memungkinkan pembelajaran jarak jauh yang efektif, di mana guru dan siswa tidak perlu berada di satu tempat yang sama (Ramadhan, dkk., 2021).
Media pembelajaran adalah segala bentuk alat atau sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi dalam proses belajar mengajar yang mampu merangsang perhatian dan minat siswa dalam belajar. Media pembelajaran yang efektif harus mampu menarik perhatian siswa dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses belajar, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan berkesan . Pendidikan pada abad 21 menuntut adanya 4C untuk mewujudkan tuntutan tersebut maka dalam proses pembelajaran dapat menggunakan media interaktif. Media pembelajaran interaktif adalah segala alat yang dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi dengan menarik yang memberikan aksi dan reaksi dalam proses belajar mengajar melalui gambar atau video bergerak, pilihan, simulasi, latihan, dan umpan balik (Putridkk, 2022). Media pembelajaran interaktif terdapat banyak macamnya salah satunya yakni nearpod. Media pembelajaran nearpod ialah aplikasi pembelajaran perangkat lunak (software) yang dapat mendukung pembelajaran interaktif melalui fasilitas seperti papan interaktif, dinding diskusi, soal evaluasi, simulasi materi interaktif dan media berbentuk 3D, VR, video yang dapat diakses gratis tanpa terbatas ruang dan waktu.
Menurut (Munir, 2009), pembelajaran jarak jauh dapat efektif jika menggunakan pembelajaran berbasis web yang memfasilitasi pola interaksi yang aktif dan interaktif. Menunjukkan bahwa penerapanmultimedia interaktif meningkatkan partisipasi peserta didik dan kemampuan komunikasi matematis. Media memiliki fungsi psikomotorik dan kognitif dalam membantu peserta didik mengembangkan keterampilan dan karakter berfikir kognitif . Selain itu, penelitian dari Mckay & Ravenna (2016) dan Yunita (2020) menunjukkan bahwa peserta didik termotivasi melanjutkan pembelajaran meskipun di luar kelas disebabkan oleh penerapan Nearpod. Hal ini dimungkinkan karena fitur Nearpod dapat menarik perhatian dan membantu membangkitkan motivasi belajar peserta didik (Arsyad, 2018). Nearpod adalah sebuah aplikasi berbasis web dan mobile yang dapat digunakan pada berbagai platform dan menggunakan sistem teknologi berbasis cloud. Aplikasi ini dirancang untuk menyediakan perangkat lunak pendidikan yang dapat menarik minat peserta didikdan membantu memfasilitasi pembelajaran interaktif.
Nearpod memiliki kemampuan untuk mendukung berbagai aktivitas pembelajaran baik synchronousmaupun asynchronous, dan menyediakan berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan oleh guru untuk secara real-time memantau proses pembelajaran peserta didik (Burton, 2019; Sanmugam et al., 2019. Dalam pemanfaatan nearpod pada penelitian ini menggunakan fitur-fitur yang terdapat pada media tersebut berupa video, slide show, time to climbdan fill in the blank.Time to climbadalah permainan semacam kuis yang dimainkan bersama dan terdapat ranking mulai dari teratas hingga erbawah. Sedangkan fill in the blank adalah permainan mengisi bagian yang kosong pada bagian teks yang hilang. Penelitian lainnya oleh Oktafiani, dkk (2022) menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan Nearpod dengan peningkatan motivasi belajar pada mata pelajaran matematika. Keterbaharuan dari penelitian ini terletak pada pemanfaatan Nearpod dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila yang diintegrasikan dengan metode game-based learning. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan menantang, sehingga diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik secara signifikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan media interaktif Nearpod berbasis game-based learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila.
Kelebihan menggunakan Nearpod antara lain kemampuan menyajikan materi tanpa perlu perangkat tambahan seperti LCD dan proyektor, serta hemat kuota dan baterai. Aplikasi ini juga memungkinkan pembelajaran jarak jauh yang efektif, sehingga guru dan siswa tidak perlu berada di satu tempat yang sama. Hasil-hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa penggunaan Nearpod mampu meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa secara signifikan. Misalnya, penelitian oleh Rocmah et al. (2023) menunjukkan bahwa penggunaan Nearpod mampu meningkatkan minat belajar siswa sebesar 70,9%. Oleh karena itu, pemanfaatan media pembelajaran interaktif seperti Nearpod dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan abad 21 dan mengembangkan kompetensi dasar siswa. Media pembelajaran interaktif seperti Nearpod tidak hanya sekadar alat penyampaian informasi, melainkan juga fasilitator yang mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar. Fitur-fiturnya seperti video, slideshow, time to climb, dan fill in the blank memungkinkan pembelajaran yang lebih menarik dan dinamis.
Adapun langkah-langkah pemanfaatan media tersebut sebagai berikut 1) guru menentukan media pembelajaran, membuat modul ajar, dan mempersiapkan materi pembelajaran; 2) guru melakukan pendaftaran padaaplikasi nearpodatau login pada aplikasi menggunakan email yang aktif; 3) guru membuat materi pembelajaran pada nearpodmenggunakan fitur video, slide show, time to climb, dan fill in the blank; 4) guru mempersilahkan siswa untuk loginmenggunakan kode yang telah diberikan untuk mengikuti proses pembelajaran; 5) pada materi pertama guru akan menyajikan video yang terhubung langsung dengan youtube; 6) guru akan mulai pembelajaran dengan memanfaatkan konten slideyang dapat didesain langsung secara mandiri melalui aplikasi nearpod; dan 7) guru menggunakan permainan sebagai evaluasi, game yang digunakan yakni time to climbdan fill in the blank.
0 Comments