Ticker

6/recent/ticker-posts

PEMANFAATAN LIMBAH CANGKANG KERANG DARAH (Anadara granosa) SEBAGAI BAHAN ABRASIF DALAM PASTA GIGI

 

Oleh : Putri Afifah Mawadah mahasiswa universitas Andalas Padang 


Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian dari kesehatan tubuh secara keseluruhan dan tidak dapat dipisahkan dari kesehatan tubuh secara umum. Kesehatan gigi dan mulut dapat mempengaruhi kualitas kehidupan, termasuk fungsi bicara, pengunyahan, dan rasa percaya diri. Masalah kesehatan gigi dan mulut berdampak pada kinerja seseorang.

Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 menyatakan bahwa proporsi terbesar masalah gigi di Indonesia adalah gigi rusak/berlubang/sakit (45,3%). Sedangkan masalah kesehatan mulut yang mayoritas dialami penduduk Indonesia adalah gusi bengkak dan atau keluar bisul (abses) sebesar 14%.

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan gigi dan mulut adalah dengan menyikat gigi. Menyikat gigi menggunakan pasta gigi dapat membantu mencegah terjadinya penyakit gigi dan mulut serta membuat gigi tetap kuat.

Pasta gigi mengandung berbagai macam senyawa kimia, salah satu diantaranya adalah kalsium karbonat (CaCO3). Kalsium karbonat (CaCO3) yang terkandung dalam pasta gigi berfungsi sebagai bahan abrasive yang umumnya berbentuk bubuk yang dapat memolis dan menghilangkan stain dan plak, juga membantu untuk menambah kekentalan dalam pasta gigi.

Penggunaan kalsium karbonat (CaCO3) dalam jumlah besar selama kurun waktu tertentu dapat menimbulkan efek samping. Efek samping yang timbul adalah fluorosis email yaitu email gigi yang berbintik bintik. Enamel gigi menjadi rapuh dengan warna coklat kehitaman yang irreversible karena telah mengenai jaringan keras gigi.

Selama ini cangkang kerang hanya dimanfaatkan untuk hasil kerajinan seperti hiasan dinding, atau untuk campuran pakan ternak, limbah cangkang kerang mengandung kalsium karbonat yang tinggi yakni sebesar 98% yang berpotensi untuk dimanfaatkan.

Oleh karena itu dari kalsium karbonat yang terkandung pada cangkang kerang maka dilakukan isolasi kalsium oksida (CaO) dan kemudian senyawa ini dapat diolah lebih lanjut menjadi hidroksiapatit (Ca10(PO4)6(OH)2) yang merupakan komponen anorganik utama pada tulang dan gigi sehingga bahan ini merupakan salah satu bahan aktif yang dapat ditambahkan pada produk pasta gigi untuk perlindungan terhadap demineralisasi gigi.

Penulis

Nama : Putri Afifah Mawaddah

No bp : 2320422009

Mahasiswa Universitas Andalas

Dosen Pengampu : Dr. Resti Rahayu, M.Si

Daftar Pustaka

Ahmad, Ilham. 2017. Pemanfaatan Limbah Cangkang Kerang Darah (Anadara Granosa) Sebagai Bahan Abrasif Dalam Pasta Gigi. Urnal Galung Tropika, 6(1) April, Hlmn.49-59.

Awang Hazmi A.B.Z, Zuki M. M, Nurdin A,. Jalila, And Norimah Y .2005. Mineral Composition Of The Cokle (Anadara Granosa) Shells Of West Coast Of Peninsular Malaysia And It’s Potential As Biomaterial For Use In Bone Repair. J.Anm. Vet. Adv., 6(5), 591-594.

Riset Kesehatan Dasar Nasional (Riskesdas). 2024 .Pedoman Pewawancara Petugas Pengumpul Data. Jakarta Departemen Kesehatan Ri.

Standar Nasional Indonesia 12-3524-1995. Pasta Gigi Dewan Standarisasi Nasional. Jakarta. Hal 1-16.


Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS