Ticker

6/recent/ticker-posts

DAMPAK TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP AKTIVITAS PENDIDIKAN

 

 

 

 



Suci Fitria Nurin

2317020062

 

Kendala bidang pendidikan ini dapat diatasi dengan adanya internet yang bias diakses oleh peserta didik di perguruan tinggi. Berbagai macam informasi seperti: perpustakaan online, majalah, dan bahkan buku-buku teks yang dapat kita download gratis dari berbagai situs yang ada dalam dunia internet. Kita sebagai mahasiswa bisa mencari apapun yang berkaitan dengan materi perkuliahan kita yang disampaikan dosen di dalam kelas, untuk memperbandingkan  dan memperkaya pengetahuan kita serta mencari sesuatu yang memerlukan kejelasan dan pemahaman mendalam .

Permasalahan selalu dalam dunia pendidikan adalah kekurangan informasi dan referensi akibat terbatasnya jumlah sarana belajar. Ketersediaan buku-buku di perpustakaan terutama pada lembaga pendidikan swasta cukup memprihatinkan dan sangat jauh dari harapan kita, yang tujuannya adalah melahirkan sarjana-sarjana berkualitas dari universitas.

Namun pada praktiknya, sosialisasi internet bagi dunia pendidikan tidak semudah yang dibayangkan dan diharapkan banyak pihak, terbatasnya pemanfaatan teknologi informasi ini dipengaruhi oleh beberapa hal yang diantara kurangnya penguasaaan Bahasa Inggris, kurangnya sumber informasi dalam Bahasa Indonesia, mahalnya biaya akses internet dan ketidaksiapan tenaga pendidikan.

Faktor pertama, merupakan permasalahan utama dalam memanfaatkan segala teknologi hasil karya masyarakat barat. Produk-produk teknologi yang sampai ke tangan masyarakat dunia umumnya menggunakan komunikasi berbahasa Inggris sehingga menyulitkan bagi para pengguna seperti mahasiswa Indonesia yang jurnal ilimiah umumnya masih memiliki kemampuan rendah alam Bahasa Internasional tersebut.

Faktor kedua, keterbatasan informasi dan ilmu pengetahuan dalam Bahasa Indonesia, menjadi salah satu penyebab rendahnya penggunaan internet dalam negeri kita sendiri. Kesadaran masyarakat Indonesia untuk berbagi ilmu pengetahuan masih sangat rendah dibanding luar negeri. Informasi masih dianggap suatu hal yang pribadi dan berharga mahal yang tidak dapat di akses oleh seluruh orang, dan menjadikan pengetahuan hanya berkembang untuk diri pribadi dan komunikasi tertentu saja .

Teknologi komunikasi merupakan perluasan dari ilmu komunikai dengan basis teknologi seperti: wireless, internet, faximille, computer dan sebagainya. Teknologi Komunikasi (TIK) Informasi dan sebagai bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi secara umum adalah semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi dalam bidang pendidikan.

Teknologi informasi telah menjadi fasihan pengalihan buku, guru, dan sistem pengajaran yang sebelumnya konvesional. Penyebab teknologi informasi ilmu pengetahuan dalam tumbuh dan berkembang. TIK juga memiliki dampak positif dan negatif terhadap kehidupan yang salah satunya paling menonjol adalah pada bidang pendidikan.

Komunikasi sebagai media pendidikan yang dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti: telepon, computer, internet, e-mail, dan lain sebagainya, interaksi antar guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka dan juka dilkukan dengan menggunakan media – media tersebut. Guru dapat memberikan layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan siswa.

Sebagai sebuah proses, teknologi pendidikan bersifat abstrak dalam hal ini teknologi pendidikan bisa dipahami sebagai sesuatu proses yang kompleks dan terpadu yang melibatkan orang, prosedur, ide, peralatan, dan organisasi untuk menganalisis masalah, mencari jalan untuk mengatasi permasalahan, melaksanakan, menilai, dan mengelola pemecahan masalah tersebut yang mencakup semua aspek belajar manusia.

Internet merupakan salah satu alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh e-learning menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang maksimal .

Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari kita sering jumpai adanya pemanfaatan dari perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan.

Namun demikian, dalam kehidupan sehari-hari kita tidak boleh lupa bahwa teknologi itu hanya mendatangkan manfaat positif, melainkan juga akan dapat  dampak negatif, inilah yang harus tetap kita waspadai. Mengingat saat sekarang ini sering kita jumpai dimana – mana banyak para pelajar dan mahasiswa yang sering menggunakan fasilitas teknologi tidak sesuai dengan yang dengan yang diharapkan.

Indonesia pernah menggunakan istilah telematika. telematics untuk arti yang kurang lebih sama dengan TIK yang kita kenal saat ini. Encarta Dictionary mendeskripsikan telepatics sebagai telecommunication informatics (telekomunikasi + informatika ) meskipun sebelumnya kata itu bermakna science of data transmission .

Pengolahan informasi dan pendistribusiannya melalui jaringan telekomunikasi membuka banyak peluang untuk dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk salah satunya bidang Pendidikan. Melalui internet, seseorang dapat mengunjungi dan memilih perpustakaan sebanyak yang di kehendaki, mencari literatur untuk mengerjakan skripsi, tugas bahkan kita dapat mengikuti kuliah dari jepang atau tempat lain yang satu lokasi. Pembelajaran melalui internet ini lebih dikenal dengan nama e-learning.

Dari hasil penelitian yang membuktikan bahwa dampak positif TIK itu mempelajari lebih banyak inovatif yang meningkatkan pemahaman siswa. Memudahkan pembelajaran tanpa batasan waktu dan ruang, bisa juga memperkaya sumber belajar yang memfasilitasi pembelajaran berbasis online, dan dampak negatif  TIK yaitu perubahan nilai, norma, aturan, maupun moral kehidupan yang berlawanan dengan apa yang diyakini oleh masyarakat. Oleh karena itu kita dapat menyimpulkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi memberikan dampak positif dan negatif yang tergantung dari diri sendiri masing-masing.

 

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS