Ticker

6/recent/ticker-posts

Tarian Daerah Minangkabau

 


Tarian Daerah Minangkabau


Nama    : Hasanah Yolanda 

Prodi     : Sastra Minangkabau 

 

Tari tradisional merupakan tradisi dan peninggalan turun-temurun, berupa gerakan khas yang dimainkan oleh satu atau beberapa orang dengan iringan musik.

Tiap daerah di Indonesia memiliki jenis tarian tradisionalnya, termasuk Sumatera Barat.

 

1. Tari Pasambahan 

Tari Pasamabaha merupakan satu jenis tari di Minangkabau, tarian ini biasanya di bawan pada saat acara tertentu saja seperti acara formal untuk menyambut tamu sebagai bentuk rasa hormat terhadap tamu yang baru saja datang.

 

2. Tari Piring

Tari piring (bahasa Minang: tari piriang) adalah tarian tradisional Minangkabau yang menampilkan atraksi menggunakan piring. Para penari mengayunkan piring di tangan mengikuti gerakan-gerakan cepat yang teratur, tanpa satu pun piring terlepas dari tangan. Gerakannya diambil dari langkah dalam silat Minangkabau atau silek.

Tari ini dipopulerkan oleh Huriah Adam. Saat ini, tari piring dipertunjukkan untuk penyambutan tamu terhormat atau pembukaan upacara adat. Bersama dengan tari saman, pendet, dan jaipong, tari ini menjadi tarian populer Indonesia yang kerap ditampilkan di ajang promosi pariwisata dan kebudayaan Indonesia.

 

3. Tari Rantak

Tari Rantak ini merupakan jenis tari tradisional Minangkabau. Gerakan dari tari ini terinspirasi dari gerakan silat.

 

4. Galombang

Biasanya, tarian ini ditampilkan pada saat pesta pernikahan adat Minang, atau tepatnya untuk mengiringi kedua mempelai berjalan menuju pelaminan.

 

Gerakan-gerakan para penari tarian ini sangat lincah dan naik-turun layaknya gelombang di tengah laut. Selain itu, gerakan gelombang ini juga memiliki unsur silat Minang.

 

5. Tari Payung

Tari payung ini dimainkan secara berpasang-pasangan menggunakan payung. Gerakannya mencerminkan pergaulan muda-mudi dengan payung yang berfungsi sebagai pelindung mereka dari hal negatif.

 

Itulah tadi jenis-jenis tari tradisional Minangkabau, dan masih ada banyak lagi tari tradisional di Minangkabau.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS